AYO KITA DUKUNG PENYELESAIAN PEMBANGUNAN GEDUNG SMB VIHARA PARAMITTA DESA NGADAS

Ngadas adalah sebuah desa di wilayah Kecamatan Poncokusumo, Kabupaten Malang, Provinsi Jawa Timur. Terletak 48 km dari kabupaten Malang, Desa Ngadas merupakan desa yang didiami komunitas Suku Tengger.

Suku Tengger masih mempertahankan kepercayaan para leluhurnya dari Majapahit, sampai saat ini mayoritas masih menganut aliran kepercayaan Siwa-Budha. Di desa Ngadas sendiri terdapat sebuah Vihara bernama Vihara Paramitha yang menjadi pusat kegiatan spiritual umat, diperkirakan di desa Ngadas sendiri terdapat sekitar 235 Kepala keluarga beragama Buddha.

Vihara Paramitta yang menjadi satu-satunya Vihara di desa Ngadas. Desa Ngadas, Kecamatan Poncokusumo Kabupaten Malang dikenal sebagai satu-satunya desa masyarakat Suku Tengger yang mayoritas penduduknya adalah pemeluk Buddha Jawa.

Seiring dengan perkembangan umat Buddha di desa Ngadas, selain sebagai sarana ibadah, banyak kegiatan yang dilaksanakan di Vihara untuk pembinaan umat, diantaranya adalah kegiatan ibu-ibu, kegiatan kesenian muda-mudi, dan kegiatan belajar Dhamma bagi anak-anak. Dirasakan ruangan Vihara tidak lagi dapat menampung berbagai kegiatan karena keterbatasan kapasitasnya.

Para pengurus kemudian mempunyai pemikiran agar sekolah minggu bagi anak-anak dan kegiatan muda-mudi dapat memiliki tempat tersendiri, agar kegiatan ibadah di Vihara dapat berjalan lebih optimal.

Dokumentasi beberapa kegiatan di Vihara Paramitta, mereka dikenal sebagai aliran Buddha Jawa Sanyata. Salah satu filosofi utama mereka yaitu “Kudu welas asih marang sepada-pada ning urip, ojo teksio marang sepada-pada ning urip,” yang artinya adalah “harus saling mengasihi sesama makhluk hidup, jangan semena-mena terhadap makhluk hidup.”

Dan pada pertengahan tahun 2018 mendapatkan bantuan dana dari pemerintah sebesar 100 juta, juga sumbangan dari para umat di desa yang terkumpul sebesar 28 juta. Berangkat dari sini maka dibentuklah Panitia pembangunan gedung SMB, dan kegiatan pembangunan mulai dilaksanakan.

Courtesy of Denny Martin, Youtube

Ternyata dana sebesar 128 juta tersebut hanya dapat menyelesaikan bangunan pondasi dan sebagian dinding untuk lantai 1. Gedung sendiri direncanakan untuk dibangun 3 lantai. Perkiraan kekurangan dana adalah sebanyak 200 jutaan.Otomatis semenjak awal 2019, kondisi pembangunan gedung SMB menjadi terhenti dan terbengkalai.

Bangunan gedung Sekolah Minggu yang dibangun menggunakan dana bantuan pemerintah dan swadaya umat. Semenjak awal 2019, pembangunannya terhenti karena kehabisan dana.

Telah disepakati oleh panitia pembangunan SMB untuk mempercayakan sepenuhnya penggalangan dana pembangunan gedung SMB ini  kepada Segenggam Daun. Semoga jodoh baik ini dapat terlaksana dengan lancar.Kami berharap proses pembangunan gedung SMB dan fasilitas pendukungnya akan berjalan lancar. Semoga dukungan dan bantuan dari para donatur, umat, dan saudara se-Dhamma sekalian membawa manfaat tidak hanya untuk perkembangan umat Buddha di vihara Paramitta desa Ngadas saja tetapi membawa kemajuan bagi perkembangan Buddha Dhamma di semua wilayah Indonesia.

[box type=”info” fontsize=”14″ radius=”10″]Donasi selain dalam bentuk uang dapat juga diberikan dalam bentuk material seperti batu bata, semen, besi, dan lainnya. Harap dilakukan koordinasi dengan contact person dibawah untuk donasi dalam bentuk material, agar barang-barang yang disumbangkan dapat tepat kebutuhannya. [/box]

[quote font=”trebuchet” font_size=”16″ font_style=”italic” color=”#000000″ bgcolor=”#aed691″]Donasi dapat Disalurkan ke rekening Bank Central Asia (BCA) No. Rekening BCA No. 021 347 2523 atas nama Sumarah & Yun Angraini, dengan menambahkan akhiran 8, misal Rp. 300.008,- atau memberikan keterangan: SMB.[/quote]

[iconbox title=”KETERANGAN Lainnya dapat menghubungi Kontak berikut” title_align=”center” content_align=”center” layout=”boxed” bg=”#a9d689″ border=”#59d600″ content_color=”#0a0405″ align=”left” type=”vector” icon=”momizat-icon-phone” icon_align_to=”box” size=”32″ ] 

Bapak Mistono  – 0812 1736 7683

Pergianto – 0812 3022 9420

Tumari – 0822 3413 6829

[/iconbox]

Perkiraan umum kebutuhan biaya untuk penyelesaian gedung SMB.

[box type=”note” fontsize=”18″ radius=”10″]Nama para donatur, dan bukti penggunaan dana, akan  selalu diupdate di website ini selama penggalangan dana belum ditutup. Untuk masukkan dan saran, dapat diberikan pada kolom komentar dibawah. [/box]

Mohon Kiranya sahabat se Dhamma dapat turut serta menyebarkan informasi ini, sehingga Buddha Dhamma dapat tersebar dengan baik.  Semoga kesempatan baik ini yang merupakan ladang bagi kita semua untuk menanam benih-benih kebajikan, dapat dimanfaatkan oleh Bapak /Ibu /Saudara/ Saudari dan para dermawan.

Semoga rencana tersebut dapat berjalan lancar dan proses pembangunan dapat terlaksana dengan baik. Mari kita satukan tekad dan pengabdian kepada kepada Buddha, Dhamma, dan Sangha demi pembabaran Buddha Sasana.

Semoga jasa baik yang dilakukan oleh Bapak /Ibu /Saudara/ Saudari dan para dermawan membawa kemajuan, kesejahteraan dan kebahagiaan lahir maupun batin.

Semoga Tiratana Selalu Melindungi Kita Semua

[box type=”note”]“Memberi makanan, seseorang memberikan kekuatan; memberi pakaian, seseorang memberikan keindahan; memberi penerangan, seseorang memberikan penglihatan; memberi angkutan, seseorang memberikan kesenangan; memberi perlindungan, seseorang memberikan semuanya; tetapi seseorang yang mengajarkan Dharma, ajaran Sang Buddha yang istimewa, orang seperti itu memberikan makanan surgawi.” (Samyutta Nikaya, I, 32)[/box]

 

Apakah Anda Menyukai Artikel Ini ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid

Komentar Anda

Bagaimana Pendapat Anda

Read Previous

DOKUMENTASI Penyerahan Bantuan & Nama Donatur Berbagi Kebahagiaan WAISAK 2563

Read Next

[URGENT] AYO KITA DUKUNG BIAYA PENGOBATAN LEUKIMIA STEVEN

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *