AYO KITA DUKUNG PEMBELIAN KAPAL MOTOR & PEMBANGUNAN SEKOLAH MINGGU DI DESA TERENTANG HULU

Vihara Dhammasakkacca yang berlokasi di Jalan Sungai Terusan KM 23 Dusun Karya Jaya, Desa Terentang Hulu, Kecamatan Terentang, Kabupaten Kubu Raya, Provinsi Kalimantan Barat, didirikan padah tahun 2015 yang dipelopori oleh anggota masyarakat bernama ibu Wiharti. Saat itu dana pembangunan diperoleh melalui Pembimas Buddha Kementrian Agama. Untuk mencapai dusun ini harus ditempuh dengan perjalanan lebih kurang 6 jam menggunakan motor air menyusuri sungai Kapuas.

Sebelum Vihara dibangun, kegiatan pembinaan umat dan anak-anak dilakukan di rumah ibu Wiharti.

Nampak depan Vihara Dhammasakkacca yang sangat sederhana, disampingnya adalah bangunan sekolah minggu yang saat ini terhenti pengerjaannya karena terkendala dana. Vihara Dhammasakkacca berdiri di atas tanah yang di hibahkan oleh salah satu umat.

Pada awalnya umat yang datang ke Vihara masih sangat sedikit dan didominasi oleh anak-anak. Namun seiring perjalanan waktu, atas kegigihan ibu Wiharti dan para pengurus, Vihara yang hanya dapat menampung maksimal 50 orang ini, setiap kegiatan selalu penuh hingga terpaksa duduk di halaman Vihara. Sehingga dengan dana bantuan dari pembimas Buddha dan swadaya umat diputuskan untuk membangun sebuah gedung baru yang akan juga difungsikan sebagai sekolah minggu Buddhist.

Pembangunan gedung sekolah minggu ini telah memasuki tahap finishing, namun terhenti karena terkendala dana. Dibutuhkan paling tidak sebanyak 30 juta lagi untuk pemasangan keramik, plafon dan atap.

Kebutuhan lainnya yang saat ini sangat penting adalah pembelian sebuah kapal motor yang difungsikan untuk jemput antar anak-anak sekolah minggu dan para umat. Perlu diketahui bahwa dusun ini transportasi yang utama adalah melalui air, tranportasi daratnya masih sangat terbatas, sehingga akan lebih cepat serta efektif  jika menggunakan transportasi air. Jalur darat ( sepeda/sepeda motor) dapat di lalui tetapi seringkali mengalami kesulitan di karenakan medan jalan yang belum memadai dan hanya beberapa bagian yang sudah mendapat perhatian dari negara, dan selebihnya di perbaiki manual oleh para warga masyarakat.Saat ini Vihara hanya mempunyai sebuah kapal kecil milik ibu Wiharti. Kapal inilah yang selama ini digunakan untuk transportasi mendukung kegiatan Vihara. Kapal ini sendiri hanya mampu menampung maksimal 10 orang, selain itu mesin yang dimiliki juga dengan kapasitas kecil sehingga hanya dapat berjalan pelan dan membutuhkan waktu lama untuk sampai ke tujuan. Kapal ini juga sudah mulai lapuk dimakan usia, dan telah berkali-kali diperbaiki.

Untuk itu direncanakan pembelian satu unit kapal motor yang dapat memuat sekitar 20 orang dan dilengkapi dengan peralatan keamanan yang cukup. Perkiraan untuk membeli sebuah kapal dengan panjang 6 meter dengan motor  mesin Yamaha 15 PK dan bodi yang terbuat dari fiber adalah sekitar 40 juta rupiah.

Nampak gedung bangunan sekolah minggu yang saat ini terhenti pengerjaannya dikarenakan terkendala dana. Diperlukan paling tidak sebanyak 30 juta rupiah untuk pengerjaan finishing berupa pemasangan plafon pemasangan keramik serta pembuatan pagar.

Telah disepakati oleh Pengurus Vihara untuk mempercayakan sepenuhnya penggalangan dana  kepada Segenggam Daun. Semoga jodoh baik ini dapat terlaksana dengan lancar.

Kami berharap proses penyelesaian pembangunan gedung sekolah minggu serta pembelian satu unit kapal motor dapat segera terealisasi. Semoga dukungan dan bantuan dari para donatur, umat, dan saudara se-Dhamma sekalian membawa manfaat tidak hanya untuk perkembangan umat Buddha di  desa Terentang Hulu saja tetapi membawa kemajuan bagi perkembangan Buddha Dhamma di semua wilayah Indonesia. Jumlah penggalangan dana yang ingin dicapai adalah sebesar 70 juta rupiah.

[quote font=”trebuchet” font_size=”16″ font_style=”italic” color=”#000000″ bgcolor=”#aed691″]Donasi dapat Disalurkan ke Rekening BCA Nomor 8555 071 899 atas nama Harly J & Yudianto, dengan menambahkan akhiran 6, misal Rp. 200.006,- atau memberikan keterangan: KAPAL.[/quote]

bca1

[iconbox title=”KETERANGAN Lainnya dapat menghubungi Kontak berikut” title_align=”center” content_align=”center” layout=”boxed” bg=”#a9d689″ border=”#59d600″ content_color=”#0a0405″ align=”left” type=”vector” icon=”momizat-icon-phone” icon_align_to=”box” size=”32″ ] 

  • Ibu Wiharti – 0858 222 75567
  • Ko Abun – 0813 4573 2131
  • Yun Anggraini – 0891 9507 9269

[/iconbox]

[box type=”note” fontsize=”18″ radius=”10″]Nama para donatur, dan bukti penggunaan dana, akan  selalu diupdate di website ini selama penggalangan dana belum ditutup. Untuk masukkan dan saran, dapat diberikan pada kolom komentar dibawah. [/box]

Mohon Kiranya sahabat se Dhamma dapat turut serta menyebarkan informasi ini, sehingga Buddha Dhamma dapat tersebar dengan baik.  Semoga kesempatan baik ini yang merupakan ladang bagi kita semua untuk menanam benih-benih kebajikan, dapat dimanfaatkan oleh Bapak /Ibu /Saudara/ Saudari dan para dermawan.

Semoga rencana tersebut dapat berjalan lancar dan proses ini dapat terlaksana dengan baik. Mari kita satukan tekad dan pengabdian kepada kepada Buddha, Dhamma, dan Sangha demi pembabaran Buddha Sasana.

Semoga jasa baik yang dilakukan oleh Bapak /Ibu /Saudara/ Saudari dan para dermawan membawa kemajuan, kesejahteraan dan kebahagiaan lahir maupun batin.

Semoga Tiratana Selalu Melindungi Kita Semua

[box type=”note”]“Memberi makanan, seseorang memberikan kekuatan; memberi pakaian, seseorang memberikan keindahan; memberi penerangan, seseorang memberikan penglihatan; memberi angkutan, seseorang memberikan kesenangan; memberi perlindungan, seseorang memberikan semuanya; tetapi seseorang yang mengajarkan Dharma, ajaran Sang Buddha yang istimewa, orang seperti itu memberikan makanan surgawi.” (Samyutta Nikaya, I, 32)[/box]

Berikut ini adalah nama harum para dermawan yang telah ikut serta berdana demi pembelian kapal motor dan penyelesaian pembangunan sekolah minggu di desa Terentang Hulu.

[box type=”Note” fontsize=”20″]Total Dana Terkumpul per 12 Desember  Pukul 15.00 wib: Rp. 25.523.825,- [/box]

Vinkmag ad
Apakah Anda Menyukai Artikel Ini ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid

Komentar Anda

Bagaimana Pendapat Anda

sugata

“Biarlah seseorang mengorbankan hartanya, demi menyelamatkan anggota tubuhnya; Biarlah ia mengorbankan anggota tubuhnya, demi menyelamatkan hidupnya; Tetapi biarlah ia mengorbankan hartanya, anggota tubuhnya dan segalanya, meskipun juga hidupnya, demi kebenaran Dhamma” (Khuddaka Nikaya, Jataka 28/147)

Read Previous

[CLOSED] AYO KITA DUKUNG PENGOBATAN PAK KIRWANTO SEORANG GURU AGAMA BUDDHA

Read Next

[KODE 9] : DANA RUTIN BULANAN UNTUK ORANG SAKIT & PENDIDIKAN

Leave a Reply

Your email address will not be published.