LOUIS KOO: Tanpa Publisitas Melakukan Banyak Hal Untuk Sesama

Louis Koo Tin-lok (古天樂; lahir pada tanggal 21 Oktober 1970) adalah seorang aktor dan produser film Hong Kong. Ia memulai karir profesionalnya sebagai aktor di serial televisi lokal, memenangkan penghargaan Aktor Terbaik TVB pada tahun 1999 dan 2001. Kemudian ia memfokuskan karir di dunia film. Sekarang Koo adalah salah satu brand ambassador industri film Hong Kong.  Koo telah menjadi duta Festival Film Internasional Hong Kong dari tahun 2014 sampai 2017. Koo mendirikan “One Cool Film Production Limited” pada tahun 2013. Pada tahun 2017, One Cool Film telah menghasilkan 14 film.

KEHIDUPAN AWAL

Ayah Koo adalah seorang aktor dan kemudian mengubah karir menjadi seorang pengusaha. Koo lahir dan menerima pendidikan di Hong Kong. Dia adalah alumnus Sekolah Tsado St Teresa dan Sekolah Menengah Carmel. Selama tahun 1991 sampai 1993, Koo adalah seorang agen permodelan, terkadang dia sendiri bekerja sebagai model untuk iklan dan video karaoke.

Louis Koo saat masih remaja dan awal-awal memasuki dunia hiburan.

Pada tahun 1993, Koo menandatangani kontrak sebagai artis kontrak dengan TVB (Television Broadcasts Limited).

Koo mulai mendapatkan pengakuan luas pada tahun 1995 dengan peran utamanya dalam drama serial  The Condor Heroes 95, sebuah serial populer berdasarkan novel wuxia klasik. Koo menerima banyak penghargaan dalam dunia film, baik sebagai artis paling terlpopuler ataupun terfavorit dalam kurun waktu tahun 1997 sampai dengan tahun 2001.

Karena popularitas drama TVB di akhir 1990an, Koo mengumpulkan basis penggemar yang cukup besar di Hong Kong, Taiwan, China dan Asia Tenggara.

Koo telah menerbitkan beberapa buku selama bertahun-tahun termasuk album fotonya berjudul Present (1999) dan Cool (2001), serta otobiografinya Find Happiness (2002). Dia juga merilis Toys Battle (2008), sebuah buku yang mencatat kecintaannya pada karakter buku komik dan pahlawan super film, dan menyumbangkan semua hasil penjualan ke UNICEF.  Koo telah menulis blog setiap hari di situsnya sendiri sejak Desember 2006.

Koo merekam beberapa lagu tema untuk drama TVB yang dibintangi dan beberapa lagu iklan TV yang telah dia dukung. Dia juga telah menghasilkan empat album: Boyfriend and Popular Louis pada tahun 2000, optimisme pada tahun 2001, dan Mr.Cool pada tahun 2003.

Dengan karir yang mencakup dua dekade, Koo telah mendukung sejumlah besar merek di Hong Kong dan China Daratan. Beberapa dukungan merek utama meliputi, Pepsi, Tag Heuer, Gillette, printer Epson, Hugo Boss Perfume, Clinique, Bally, Matisse, Johnnie Walker, Lipton, permen karet Lotte, Lay’s, Tropicana, kamera Pentax, OSIM, Yokohama Tire,  Toyota Corolla, Samsung Galaxy, Xbox 360 Kinect, dan DBS Black World MasterCard.

 

TERLIBAT KEGIATAN SOSIAL 

Pada tanggal 3 Juli 2012, seorang microblog Cina menemukan fakta tentang kegiatan sosial Koo di China. Ternyata banyak informasi yang diperoleh dari berbagai penduduk desa-desa terpencil di China yang menyatakan bahwa sekolah di daerah mereka dibangun dan merupakan sumbangan dari artis Louis Koo. Berita ini akhirnya menyebar dan menjadi trend pada saat itu yang mana publik tak pernah menyangka bahwa Koo terlibat dalam banyak kegiatan sosial tersebut.

Tidak ada media yang meliput maupun iklan, Louis Koo diam – diam mendirikan ini semua. Saat dikonfirmasi kepada dirinya, Koo enggan untuk mengomentarinya. Namun diketahui bahwa Koo mendirikan yayasan amal setelah menyaksikan kehancuran dari gempa bumi di Sichuan pada tahun 2008.  Menurut situs amal “Grace charity”, Koo membantu membangun 97 gedung sekolah dasar, 18 klinik dan 751 proyek penyediaan air bersih di daerah terpencil di pedesaan China melalui “Grace Charity Foundation Limited” dan pemerintah daerah sampai dengan  tahun 2017.

Koo juga merupakan duta besar UNICEF (United Nations International Children Emergency Fund) sejak tahun 2007.

Menurut media China, Koo termasuk salah satu artis dengan jumlah kekayaan yang sangat sedikit. Ia bahkan tak pernah tampil dengan kesan glamour ataupun memakai properti yang mewah. Pernah suatu saat Koo nampak dalam kondisi kesulitan keuangan. Semua orang menghina dia, dan meragukan dirinya karena semua uangnya hilang, bahkan ada yang mengatakan bahwa dirinya membeli obat – obatan, namun semua orang tidak tahu kalau dibalik itu semua, dia menolong banyak jutaan jiwa, menolong masa depan anak – anak.

Vinkmag ad
Apakah Anda Menyukai Artikel Ini ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid

Komentar Anda

Bagaimana Pendapat Anda

sugata

“Biarlah seseorang mengorbankan hartanya, demi menyelamatkan anggota tubuhnya; Biarlah ia mengorbankan anggota tubuhnya, demi menyelamatkan hidupnya; Tetapi biarlah ia mengorbankan hartanya, anggota tubuhnya dan segalanya, meskipun juga hidupnya, demi kebenaran Dhamma” (Khuddaka Nikaya, Jataka 28/147)

Read Previous

MISTERI KEHIDUPAN LAMPAU

Read Next

Pakistan Meresmikan Situs Buddha Berusia 1700 Tahun

Leave a Reply

Your email address will not be published.