BHIKKHU KASSAPA: Dia beristirahat dari Spiritualitas, lalu tertarik pada Buddhisme.

Bhante Kassapa Bhikkhu terlahir dengan nama Michael Schlosser. Ia menghabiskan massa mudanya bertugas di Angkatan Udara Amerika Serikat. Hingga pada awal tahun 1970an, ia kemudian pindah ke Houston untuk mengikuti pelatihan di Jesuit St. Joseph’s Parish guna memperdalam pemahaman akan agama Katoliknya. Setelah belajar selama lebih kurang delapan tahun, ia kemudian memutuskan bergabung dengan ordo Fransiskan menjadi seorang Pendeta.

Selama pelayanannya menjadi pemuka Katolik, ia lebih memilih untuk logis dan bersifat introspeksi diri dalam menghadapi masalah-masalah yang muncul, daripada doa permohonan kepada Tuhan. Hal inilah yang membuatnya menyenangi dan berlatih meditasi. Hingga akhirnya kegiatan meditasinya tersebut mendapatkan perhatian dari seorang Iman kepala, dan dinyatakan bahwa kegiatan tersebut bukanlah ciri dari ordo mereka.

Kemudian Bhante Kassapa memutuskan untuk keluar dari ordo Fransiskan, ia kemudian bekerja melatih komunikasi untuk para pekerja di Hillsborough County Aviation Authority di Tampa, Florida. Selama 16 tahun ia bekerja dan selama itu pula ia memperdalam dan mempelajari meditasi serta ajaran Buddha.

Dia ditahbiskan sebagai bhikkhu pemula (samanera) pada bulan Oktober 2006 di Phat Phap Buddhist Temple di St. Petersburg, Florida. Setelah satu tahun penuh, beliau menjadi bhikkhu yang ditahbiskan sepenuhnya di Kuil Bud Bu Bu Mon di Port Arthur, Texas.

Sampai saat ini beliau menetap di Vihara Bud Bu Bu Mon, sebuah Vihara Theravada Vietnam di Port Arthur, Texas. Dan setiap minggu aktif memberikan pelayanan meditasi di penjara federal di Beaumont.Awalnya hanya diikuti oleh 7 orang,namun terus berkembang hingga mencapai 40 orang setiap sesinya.

Menurut beliau, para tahanan memiliki banyak waktu untuk mengisi batin yang mendorong beberapa orang untuk menjelajah pemikiran-pemikiran dan keyakinan-keyakinan baru. Beliau mencatat, apapun keyakinannya sepertinya membuat penahanan lebih bermakna, tetapi beberapa orang telah menemukan bahwa tempat yang sunyi dapat mencerminkan sifat-sifat alami Buddhisme yang cocok bagi mereka.

“Kesunyian dan ketenangan ditemukan dalam Buddhisme,” kata beliau.

 

Salah satu alasan yang beliau pikirkan mengapa meditasi ini dapat berhasil bagi para narapidana adalah bahwa hal itu seperti kisah kehidupan Buddha, yang pada masa permulaan Sang Buddha menarik diriNya keluar dari masyarakat untuk beberapa tahun yang akhirnya Siddharta menemukan siapa diriNya, dan para narapidana di sini memiliki sebuah situasi yang sama.

Bhantte Kassapa juga setiap enam minggu berbicara di Unity Church of Beaumont kepada kelompok meditasi mingguan mereka. Dia memberikan salah satu dari dua pidato utama di Oklahoma City University untuk Konferensi Buddha Oklahoma Tahunan ke-10. Beliau juga menjadi pembicara di Perundingan Relasi Obor HAM tahun 2008 di Houston Texas, South East Texas World Peace Event pada tahun 2007, dan kursus Agama Dunia di Universitas Lamar. Beliau juga diminta untuk memberi kuliah di Universitas McNeese di Lake Charles LA.

Vinkmag ad
Apakah Anda Menyukai Artikel Ini ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid

Komentar Anda

Bagaimana Pendapat Anda

sugata

“Biarlah seseorang mengorbankan hartanya, demi menyelamatkan anggota tubuhnya; Biarlah ia mengorbankan anggota tubuhnya, demi menyelamatkan hidupnya; Tetapi biarlah ia mengorbankan hartanya, anggota tubuhnya dan segalanya, meskipun juga hidupnya, demi kebenaran Dhamma” (Khuddaka Nikaya, Jataka 28/147)

Read Previous

Mumi Bhiksu Buddha Berusia 1000 Tahun Memiliki Otak dan Tulang Yang Sehat

Read Next

MISTERI KEHIDUPAN LAMPAU

Leave a Reply

Your email address will not be published.