AYO KITA DUKUNG PEMBANGUNAN GEDUNG SERBA GUNA VIHARA BUDDHA DIPA – LAMPUNG TIMUR

[box type=”info” fontsize=”14″ radius=”12″]

UPDATE

Foto terakhir diambal awan September 2018. Pekerjaan yang masih harus dilaksanakan adalah pemasangan plafon, keramik lantai dan plester dinding. Diperkirakan masih dibutuhkan dana sebesar 100 juta lagi untuk melaksanakan pekerjaan tersebut.
Kondisi bangunan tanggal 22 Juli 2018. Telah dilakukan pemasangan atap dan pembuatan rangka baja untuk plafon. Mendapatkan dana bantuan sebesar 100 juta dari Pembimas Buddha Kementrian Agama. Total dana yang telah dihabiskan untuk pembangunan ini adalah sebesar 200 juta. Lagi dihitung kekurangan dana untuk sampai selesai semuanya.

Foto diambil tanggal 20 Febuari 2018. Pengerjaan gedung saat ini terpaksa terhenti karena kehabisan dana.
Situasi pembangunan Gedung Serbaguna Vihara Buddha Dipa, Foto diambil tanggal 1 Desember 2017
Pada tanggal 01 November 2017 telah dilakukan upacara dan peletakan batu pertama yang dihadiri oleh Bhikkhu Sangha antara lain YM Bhante Indaguno, YM Bhante Guttadhammo dan YM Bhante Vira Satiko. Semoga proses pembangunan ini dapat berjalan lancar dan tepat waktu seperti yang diharapkan bersama.
Bahan-bahan yang telah dibeli untuk proses pondasi.

Per tanggal 25 Oktober 2017 telah dilakukan pembelian beberapa bahan untuk pengerjaan pondasi. Pengerjaan pondasi telah mulai dilaksanakan oleh para umat secara bergotong royong.

Pada tanggal 1 November nanti akan dilaksanakan peletakan batu pertama dan pemberkahan oleh Bhante Indaguno.

[/box]

Vihara Buddha Dipa yang terletak di desa Gantimulyo kabupaten Lampung timur, di bangun pada tahun 1973 dengan ukuran  7m x 11 m. Pada awalnya Vihara ini dibangun karena adanya kebutuhan umat didesa tersebut yang mayoritas adalah transmigran yang berasal dari Jawa Tengah. Dan kebanyakan penduduk disana adalah pemeluk ajaran Buddha. Vihara Buddha Dipa sendiri termasuk salah satu Vihara pertama yang dibangun di daerah Lampung Timur. Pada waktu itu merupakan Vihara termegah dan terbesar se kabupaten Lampung Timur.

Seiring waktu perkembangan umat Buddha di Vihara Buddha Dipa desa Gantimulyo cukup pesat, dan pada tahun 1985 bangunan dhammasala di perbesar dengan menambah panjang kebelakang sebanyak 4 meter, sehingga bangunan dhammasala menjadi 7 m x 15 m. Saat ini pembinaan umat berada dibawah naungan Sangha Theravada Indonesia.

Ditahun 2017 ini muncul keinginan dari umat untuk dapat menambah luas bangunan, hal ini dikarenakan semakin bertambahnya jumlah umat Buddha disana. Jumlah umat Buddha aktif yang berkegiatan di Vihara Buddha Dipa lebih kurang sebanyak 50 kepala keluarga. Namun bangunan Vihara secara struktur tak mungkin dapat dilakukan renovasi lagi. Karena dulu saat awal pembangunannya, struktur pondasi nya tidak menggunakan semen dan behel, namun hanya menggunakan tanah liat saja.

Memang jika dilihat dari foto, kondisi bangunan Vihara nampaknya masih bagus dan kokoh. Namun bagian atas atapnya sendiri terutama tulang-tulang utama nya telah rapuh dan keropos.

Keadaan Vihara Buddha Dipa Ganti Mulyo saat ini. Jika dilihat sekilas nampaknya bangunan ini masih berdiri kokoh, namun tulang-tulang penyangga atapnya sudah lapuk dan keropos.

Vihara Buddha Dipa sendiri setiap harinya selalu ramai dengan aktivitas umat. Mulai dari kegiatan kepemudaan, kegiatan ibu-ibu , dan kursus serta pelatihan penduduk disana. Maka umat akhirnya sepakat untuk membangun dulu sebuah gedung serba guna di tanah samping Vihara. Setelah gedung tersebut rampung, baru dilaksanakan tahap selanjutnya yaitu perbaikan bangunan Vihara.

Lokasi Vihara Buddha Dipa nampak dari jalan. Tanah disamping yang masih kosong yang direncanakan akan dibangun gedung serba guna.

Gedung serba guna tersebut juga sangat dibutuhkan saat ini, karena selama ini semua kegiatan selalu menggunakan ruangan dhammasala. Mungkin dengan gedung serbaguna nantinya, anak sekolah minggu, kegiatan pemuda dan ibu-ibu dapat lebih rapi dan berkualitas. Diharapkan juga gedung tersebut dapat digunakan untuk umat terutama dalam upacara pernikahan dan kematian.

Umat vihara Buddha Dipa juga telah berusaha untuk berswadaya mengumpulkan dana guna mewujudkan keinginan membangun gedung serba guna tersebut, namun dana yang terkumpul baru sebesar 10 juta, dan masih sangat jauh dari kebutuhan sebanyak 350 juta. Keterbatasan dana dari Umat Buddha Buddha Dipa yang mayoritas berprofesi sebagai petani dan buruh penyadap karet menjadi kendala utama.

Tahun 2017 ini jumlah umat di Vihara Buddha Dipa makin bertambah. Hal ini dapat dilihat dalam setiap kali kegiatan puja bakti, para umat terpaksa duduk dihalaman dan samping Vihara karena kapasitas ruangan sudah tak mencukupi lagi.
Beberapa kegiatan yang dilaksanakan oleh umat Vihara Buddha Dipa.
Bentuk bangunan gedung serba guna yang direncanakan. Hanya gambar sederhana, karena tenaga pembangun nantinya memakai umat dan tukang setempat.
Berikut ini adalah anggaran biaya pembangunan gedung serba guna. Perhitungan diatas adalah hitungan kasar yang dilakukan oleh tukang setempat. Dan diambil perkiraan harga maksimal, diharapkan biaya akan dibawah anggaran tersebut.

Telah disepakati oleh para pengurus dan umat Vihara Buddha Dipa untuk mempercayakan sepenuhnya penggalangan dana pembangunan gedung serba guna ini   kepada Segenggam Daun. Semoga jodoh baik ini dapat terlaksana dengan lancar.

Kami berharap proses pembangunan gedung serba guna dan fasilitas pendukungnya akan berjalan lancar. Semoga dukungan dan bantuan dari para donatur, umat, dan saudara se-Dhamma sekalian membawa manfaat tidak hanya untuk perkembangan umat Buddha di vihara Buddah Dipa Lampung Timur  saja tetapi membawa kemajuan bagi perkembangan Buddha Dhamma di semua wilayah Indonesia.

[quote font=”trebuchet” font_size=”16″ font_style=”italic” color=”#000000″ bgcolor=”#aed691″]Donasi dapat Disalurkan ke Rekening BCA Nomor 8555 071 899 atas nama Harly J & Yudianto, dengan menambahkan akhiran 8, misal Rp. 300.008,- atau memberikan keterangan.[/quote]

bca1

[iconbox title=”KETERANGAN Lainnya dapat menghubungi Kontak berikut” title_align=”center” content_align=”center” layout=”boxed” bg=”#a9d689″ border=”#59d600″ content_color=”#0a0405″ align=”left” type=”vector” icon=”momizat-icon-phone” icon_align_to=”box” size=”32″ ] 

Tri Rahayu  – 0821 3123 2012

Romo Mardi – 0821 7918 9309

King Tony – 0877 8887 3879 Pin BB: 5526FAA1 

[/iconbox]

[box type=”note” fontsize=”18″ radius=”10″]Nama para donatur, dan bukti penggunaan dana, akan  selalu diupdate di website ini selama penggalangan dana belum ditutup. Untuk masukkan dan saran, dapat diberikan pada kolom komentar dibawah. [/box]

Mohon Kiranya sahabat se Dhamma dapat turut serta menyebarkan informasi ini, sehingga Buddha Dhamma dapat tersebar dengan baik. Begitu besar manfaat dari mendirikan sebuah vihara atau tempat meditasi. Semoga kesempatan baik ini yang merupakan ladang bagi kita semua untuk menanam benih-benih kebajikan, dapat dimanfaatkan oleh Bapak /Ibu /Saudara/ Saudari dan para dermawan.

Semoga rencana tersebut dapat berjalan lancar dan proses pembangunan dapat terlaksana dengan baik. Mari kita satukan tekad dan pengabdian kepada kepada Buddha, Dhamma, dan Sangha demi pembabaran Buddha Sasana.

Semoga jasa baik yang dilakukan oleh Bapak /Ibu /Saudara/ Saudari dan para dermawan membawa kemajuan, kesejahteraan dan kebahagiaan lahir maupun batin.

Semoga Tiratana Selalu Melindungi Kita Semua

[box type=”note”]“Memberi makanan, seseorang memberikan kekuatan; memberi pakaian, seseorang memberikan keindahan; memberi penerangan, seseorang memberikan penglihatan; memberi angkutan, seseorang memberikan kesenangan; memberi perlindungan, seseorang memberikan semuanya; tetapi seseorang yang mengajarkan Dharma, ajaran Sang Buddha yang istimewa, orang seperti itu memberikan makanan surgawi.” (Samyutta Nikaya, I, 32)[/box]

Berikut ini adalah nama harum para dermawan yang telah ikut serta berdana demi pembangunan gedung serba guna Vihara Buddha Dipa Lampung Timur

[box type=”Note” fontsize=”20″]Total Dana Terkumpul per 07 November  2018  Pukul 11.00 wib: Rp. 105.872.019,- [/box]

Apakah Anda Menyukai Artikel Ini ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid

Komentar Anda

Bagaimana Pendapat Anda

Read Previous

FIlm Dokumenter  Kisah Nyata  Melafal Nama Buddha (Nien Fo)  Mengobati Kanker

Read Next

Mumi Bhiksu Buddha Berusia 1000 Tahun Memiliki Otak dan Tulang Yang Sehat

One Comment

  • Mohon maaf, sepertinya update bukan per tanggal 22 Juli 2018, tapi 26 Mei 2018 karena pada tanggal 04 Juni 2018 saya ada transfer sebesar Rp 105.248,- Terima kasih sebelumnya…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *