Arca Buddha Bamiyan Bersinar Lagi Dengan Proyeksi 3D

Patung  Buddha raksasa di Afghanistan khususnya di kota Bamiyan telah dibangun kembali – kali ini dengan teknologi cahaya. Pada bulan Juni tahun 2015, empat belas tahun setelah patung bersejarah ini dihancurkan oleh militan Taliban, para seniman membuat bentuk animasi Buddha dengan teknologi proyeksi cahaya 3D, mengisi rongga-rongga kosong di mana Patung Buddha berada.

Salah satu Media international The Atlantic melaporkan bahwa proyektor senilai US$ 120.000 digunakan untuk instalasi proyek tersebut,  yang disumbangkan oleh sepasang warga Cina, Janson Yu dan Liyan Hu. Yu dan Hu merasa sedih melihat penghancuran patung-patung  Buddha  Bamiyan di tahun 2001. Didasari penghormatan dan penghargaan yang tinggi kepada Sang Buddha , mereka meminta izin dari UNESCO dan pemerintah Afghanistan untuk melakukan proyek ini. Lebih kurang sebanyak 150 orang penduduk lokal datang berkumpul untuk melihat acara pembukaan dari patung  hologram pada hari Minggu, mengamati dan bermain musik sepanjang malam.

tuongphat

Kedua patung Buddha tersebut, dibangun pada abad keenam, yang pertama setinggi 115 kaki dan yang kedua mempunyai ketinggian 174 kaki. Sebelum kehancuran mereka, patung-patung itu merupakan harta yang sangat berharga bagi budaya lokal disana. Pada awal tahun 2015 , BBC mewawancarai Mirza Hussain, salah satu orang yang dipaksa oleh Taliban untuk menghancurkan patung tersebut. “Saya menyesal pada waktu itu, saya menyesal sekarang dan saya akan selalu menyesal,” katanya. “Tapi aku tidak bisa menolaknya, saya tidak punya pilihan karena mereka akan membunuh saya.”

Pada bulan Februari 2015, UNESCO meluncurkan desain untuk pusat warisan budaya baru di Bamiyan, dengan menampilkan tidak hanya monumen yang hilang pada tahun 2001, tetapi juga budaya hidup yang masih tumbuh subur di wilayah ini. Wilayah itu bernama Pusat Kebudayaan Asia Selatan.

Untuk lebih lanjut tentang Peninggalan Buddhist  di kota Bamiyan dan melihat gambar-gambar pusat budaya yang  dibangun di Bamiyan, baca artikel kami di :

http://segenggamdaun.com/2016/02/mes-aynak-melacak-jejak-buddha-di-afganistan/

http://segenggamdaun.com/2014/12/buddha-bamiyan-bukti-ajaran-buddha-pernah-berkembang-pesat-di-afganistan/

http://segenggamdaun.com/2016/03/hari-dimana-aku-meledakkan-arca-buddha-di-kota-bamiyan-afghanistan/

Sumber: http://www.lionsroar.com/afghanistans-giant-buddhas-rise-again-with-3d-light-projection/

Vinkmag ad
Apakah Anda Menyukai Artikel Ini ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid

Komentar Anda

Bagaimana Pendapat Anda

sugata

“Biarlah seseorang mengorbankan hartanya, demi menyelamatkan anggota tubuhnya; Biarlah ia mengorbankan anggota tubuhnya, demi menyelamatkan hidupnya; Tetapi biarlah ia mengorbankan hartanya, anggota tubuhnya dan segalanya, meskipun juga hidupnya, demi kebenaran Dhamma” (Khuddaka Nikaya, Jataka 28/147)

Read Previous

DESY MARLINA: GADIS BERHIJAB PENYANTUN PARA ANJING KELAPARAN

Read Next

Gadis Cantik Ini Menyelamatkan 6.387 Ekor Domba Dari Pembunuhan

Leave a Reply

Your email address will not be published.