Mari Kita Dukung Penyelesaian Pembangunan Sarana Vihara Dhammasanti Desa Kandangan,Banyuwangi

UPDATE PERKEMBANGAN PENGERJAAN KUTI & RUANG SERBA GUNA

10168238_1083031985074187_867683937_n
Kondisi Vihara Dhamma Santi tanggal 15 Desember 2015. Memasuki tahap finishing pemasangan listrik dan keramik.
12380400_1083031981740854_197591813_n
Kondisi bagian belakang pembangunan Kuti dan Ruang serba guna per 15 Desember 2015.
12272979_1069360249774694_77540333_n
Pengerjaan Ruang Kuti dan serbaguna per 10 November 2015 sudah mulai memasuki tahap pemasangan atap.
image0
Mendapatkan Kunjungan dari YM. Bhikkhu Tejapunnyo pada tanggal 06 November 2015

Sebelumnya melalui media segenggamdaun.com, kami segenap pengurus  dan umat Vihara Dhammasanti, desa Kandangan, kec. Pesanggaran, Banyuwangi dengan rendah hati ingin  menyampaikan banyak terima kasih kepada semua donatur yang telah menyokong penuh, baik secara materiil maupun moril, pembangunan Vihara Dhammasanti. Terima kasih juga kepada semua pihak yang telah memfasilitasi dan terlibat dalam proses pembangunan vihara sejak dari masa perencanaan hinggga pada tahap sekarang mendekati finishing. (Untuk artikel penggalangan dana pembangunan Vihara Dhammasanti dapat dilihat dilink berikut: Link Pembangunan Tahap I)

Vihara Dhammasanti sebelum direnovasi
Vihara Dhammasanti sebelum direnovasi

 

Nampak Vihara Dhammasanti setelah renovasi, saat ini tengah dalam tahap finishing berupa plester dinding dan keramik lantai.
Nampak Vihara Dhammasanti setelah renovasi, saat ini tengah dalam tahap finishing berupa plester dinding dan keramik lantai.

Selanjutnya dengan pertimbangan kebutuhan dan didukung dengan adanya ketersediaan lahan vihara di belakang ruang Dhammasala, yaitu luas tanah panjang 24m, lebar 13m, pengurus vihara Dhammasanti berniat melakukan pembangunan lanjutan.

Adapun rencana yang dibuat adalah melengkapi vihara dengan fasilitas penunjang yang antara lain:

Yang pertama adalah pembangunan 2 (dua) kuti dan 2 (dua) kamar mandi khusus untuk bhikkhu. Pertimbangan ini diambil karena Vihara Dhammasanti secara regular mendapat kunjungan/pembinaan oleh anggota Sangha. Selama ini bhikkhu yang berkunjung ke vihara Dhammasanti selalu harus tinggal di rumah umat. Karena itu ruangan khusus tempat menginap untuk bhikkhu ini dibutuhkan.

Yang kedua adalah ruang kelas/kegiatan belajar sekolah Minggu. Ruangan ini akan digunakan untuk kegiatan belajar sekolah minggu Buddhis dan untuk kegiatan pembinaan generasi/umat vihara. Ruangan ini juga akan difungsikan sebagai ruang serba guna, yang dapat dipakai untuk memfasilitasi kegiatan kepemudaan antara lain berlatih musik dan belajar tari. Dan juga nantinya ruangan serba guna ini akan dipakai untuk kegiatan kemasyarakatan seperti pernikahan atau kematian.

Yang ketiga adalah fasilitas dapur.

 

maket vihara
Gambar desain untuk pembangunan Kuti & Ruang Serba guna Vihara Dhammasanti

Ketersedianya fasilitas pendukung ini diharapkan akan mendorong kegairahan umat setempat untuk terus berkembang dalam beribadah, praktik Dhamma dalam kehidupan sehari-hari dan kegiatan-kegiatan positive dan bermanfaat lainnya.

Pembiayaan Pengadaan fasilitas pendukung vihara Dhammasanti yang disepakati adalah sebesar Rp. 195.000.000,- (Seratus Sembilan Puluh Lima Juta Rupiah). Dalam pelaksanaan pembangunannya, dengan berbagai pertimbangan,  telah dipilih untuk menggunakan jasa pemborong.  Harga  yang telah disepakati  dengan pihak pemborong di atas adalah sudah termasuk untuk pembangunan dinding pagar, paving halaman, taman hijau dan listrik.

Saat ini telah dilakukan pengerjaan pondasi untuk ruang serbaguna.
Saat ini telah dilakukan pengerjaan pondasi untuk ruang serbaguna.
Foto pada tanggal 25 Oktober, Bagunan Kuti sudah mulai menyusun dinding batu.
Foto pada tanggal 25 Oktober, Bagunan Kuti sudah mulai menyusun dinding batu.

Kami berharap pembangunan fasilitas pendukung di vihara ini akan berjalan lancar. Semoga dukungan dan bantuan dari para donatur, umat, dan saudara se-Dhamma sekalian membawa manfaat tidak hanya untuk perkembangan umat Buddha di vihara Dhammasanti saja tetapi membawa kemajuan bagi perkembangan Buddha Dhamma di semua wilayah Indonesia.

Dukungan dan bantuan yang diberikan merupakan wujud nyata pemenuhan kesempatan berbuat baik (Akusala Kamma). Untuk itu kami sangat mengharapkan kemurahan hati dari segenap umat Buddhist dan dermawan untuk ikut membantu menggalang dana demi kesuksesan tujuan dan cita-cita luhur ini.Untuk turut serta memberikan dukungan dalam bentuk dana dapat disalurkan melalui rekening berikut ini

nomor rekening donatur bca

Konfirmasi dana & Informasi dapat menghubungi :

1. Jumani Nyana Kusalo ( HP: 081233058057 ; Pin BB : 2B945301)

2. Arya Dewi  (HP: 081330626852 ; Pin BB : 29EEECBC)

[box type=”tip” fontsize=”14″ radius=”10″]Nama para donatur, dan bukti penggunaan dana, akan dibuatkan Link tersendiri. Perkembangan kegiatan Renovasi  akan selalu diupdate di website. Untuk masukkan dan saran, dapat diberikan pada kolom komentar dibawah.[/box]

[button color=”red” link=”http://segenggamdaun.com/2015/03/laporan-penerimaan-dana-renovasi-vihara-dhamma-santi-banyuwangi/” size=”bigger”  align=”left”   font_weight=”bold” radius=”10″ outer_border=”true” outer_border_color=”#dd7171″ icon=”momizat-icon-thumbs-up”]Nama Donatur[/button] [button color=”green” link=”http://segenggamdaun.com/2015/06/laporan-perkembang-renovasi-vihara-dhamma-santi-desa-kandangan-banyuwangi/” size=”bigger” align=”right”  font_weight=”bold” radius=”10″ outer_border=”true” outer_border_color=”#a2d67e” icon=”momizat-icon-calculate”]Laporan Perkembangan[/button]

Mohon Kiranya sahabat se Dhamma dapat turut serta menyebarkan informasi ini, sehingga Buddha Dhamma dapat tersebar dengan baik. Begitu besar manfaat dari mendirikan sebuah vihara atau tempat meditasi. Semoga kesempatan baik ini yang merupakan ladang bagi kita semua untuk menanam benih-benih kebajikan, dapat dimanfaatkan oleh Bapak /Ibu /Saudara/ Saudari dan para dermawan.

Semoga rencana tersebut dapat berjalan lancar dan proses renovasi dapat terlaksana dengan baik. Mari kita satukan tekad dan pengabdian kepada kepada Buddha, Dhamma, dan Sangha demi pembabaran Buddha Sasana.

Semoga jasa baik yang dilakukan oleh Bapak /Ibu /Saudara/ Saudari dan para dermawan membawa kemajuan, kesejahteraan dan kebahagiaan lahir maupun batin.

Semoga Tiratana Selalu Melindungi Kita Semua

[box type=”note”]“Memberi makanan, seseorang memberikan kekuatan; memberi pakaian, seseorang memberikan keindahan; memberi penerangan, seseorang memberikan penglihatan; memberi angkutan, seseorang memberikan kesenangan; memberi perlindungan, seseorang memberikan semuanya; tetapi seseorang yang mengajarkan Dharma, ajaran Sang Buddha yang istimewa, orang seperti itu memberikan makanan surgawi.” (Samyutta Nikaya, I, 32)[/box]

Vinkmag ad
Apakah Anda Menyukai Artikel Ini ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid

Komentar Anda

Bagaimana Pendapat Anda

sugata

“Biarlah seseorang mengorbankan hartanya, demi menyelamatkan anggota tubuhnya; Biarlah ia mengorbankan anggota tubuhnya, demi menyelamatkan hidupnya; Tetapi biarlah ia mengorbankan hartanya, anggota tubuhnya dan segalanya, meskipun juga hidupnya, demi kebenaran Dhamma” (Khuddaka Nikaya, Jataka 28/147)

Read Previous

Laporan Penerimaan & Penggunaan Dana – Inaq Suhaili

Read Next

Artis Terkenal Taiwan Lin Ching Shia Menemukan Kebahagiaan dalam Ajaran Buddha

Leave a Reply

Your email address will not be published.