Artis Cantik Bollywood ini Memutuskan Menjadi Bhikkuni

Barkha Madan atau yang sekarang dikenal sebagai Gyalten Samsen, dahulunya adalah seorang artis Bollywood yang memulai karirnya sebagai finalis Miss India 1994 (tahun yang sama dimana Sushmita Sen dan Aishwarya Rai menang di kontes tersebut dan melanjutkan kemenangan mereka di ajang Miss Universe dan Miss World).

[box type=”note” fontsize=”16″ radius=”10″]Pada tgl 4 Nov 2012, aktris Barkha Madan meninggalkan keduniawian. Keputusannya bukanlah karena masalah keuangan, kesedihan karena pekerjaan ataupun patah hati.[/box]

Setelah sukses sebagai model, Barkha mulai berakting di Bollywood pada tahun 1996. Barkha mempunyai banyak kesempatan bertemu dengan artis-artis senior Bollywood. Salah satu keberuntungannya adalah pernah bekerja sama dengan salah satu sutradara paling terkenal yaitu Akshay Kumar ,yang menghasilkan banyak Film Box Office Bollywood.

barkha-5
Lahir pada tahun 1974 di sebuah keluarga tentara dari Punjab, Barkha Madan merupakan sarjana Sastra Inggris. Dia menjadi finalis di Miss India 1994 dengan Aishwarya Rai, Sushmita Sen & Swetha Menon.Beralih dari model yang sukses, dia memulai debutnya di layar lebar pada tahun 1996 .

Ditahun yang sama, dia membintangi film produksi kerjasama  India-Belanda, berjudul “Driving Miss Palmen”, sebelum menghilang dari layar lebar selama 7 tahun. Kemudian dia kembali untuk bermain dibeberapa film serial televisi. Lebih dari 20 judul serial televisi dibintanginya, yang selalu mendapat sambutan luar biasa dari penggemarnya.

[images type=”carousel” cols=”three” auto_slide=”true” lightbox=”true”]
[image link=”6230″ image=”6230″]
[image link=”6233″ image=”6233″]
[image link=”6234″ image=”6234″]
[image link=”6235″ image=”6235″]
[image link=”6236″ image=”6236″]
[image link=”6237″ image=”6237″]
[image link=”6238″ image=”6238″]
[image link=”6239″ image=”6239″]
[image link=”6240″ image=”6240″]
[image link=”6241″ image=”6241″]
[image link=”6242″ image=”6242″]
[/images]

Ditengah ketenarannya  ada kegelisahan yang senantiasa menghantui pikiranya. Ia senentiasa berpikir apakah semua ketenaran, kesuksesan dan gaya hidup saat ini yang menjadi tujuan hidupnya.

Suatu saat, dalam menjalankan tugasnya sebagai peringkat keenam Miss India, ia diharuskan melakukan kunjungan ke vihara di Sikkim. Saat berada di tempat tersebut, ia merasakan perasaan yang sungguh tak asing, seperti berada di rumah sendiri ujarnya.

574957_10150880624316861_1809419951_n
Barkha sangat terkesan dengan ideologi ajaran Buddha dan merupakan pengikut setia Dalai Lama. Pada bulan November 2012, ia memantapkan pikiran untuk menjadi seorang biarawati Budha. Dia ditahbiskan di Sera Monastery Je pada 4 November di bawah pengawasan Lama Zopa Rinpoche dan mengganti namanya menjadi Ven. Gyalten Samten. Ia kemudian berkomentar bahwa itu adalah keputusan yang paling penting dan tepat pernah ia buat dalam hidupnya.

Pada thn 2002, perasaan ingin kembali ke rumah hadir ketika dia sedang mendengarkan Dalai Lama di Dharamsala. Melihat wajah kebahagiaan Dalai Lama, dia bertanya kepada Lama Zopa Rinpoche apakah dia bisa menjadi seorang bikkhuni. Rinpoche tertawa,” Kenapa ? Engkau bertengkar dengan pacarmu ? Menjalani kehidupan di vihara bukanlah sebuah pelarian. Kamu perlu mempelajari filosofi Buddha dan melihat ke dalam dirimu mengapa kau ingin memilih Jalan seperti yang Buddha ajarkan.

Setelah lebih dari sepuluh tahun kemudian, Barkha mendirikan rumah produksi dan membuat dua film layar lebar yang menjadi box office Bollywood ,Soch Lo (2010) dan Surkhaab (2012). “Semuanya berjalan dengan baik tetapi saya merasa ada sesuatu yang hilang”, ia mengenang, menjelaskan mengapa ia pergi ke vihara di Kathmandu dan bertanya  bagaimana caranya menjalani kehidupan Kebikkhuan Buddhist.

Lama Zopa Rimpoche yang saat itu ditemuinya kemudian meminta waktu sebentar untuk hening, dan  kemudian kembali untuk memberitahukan kepadanya bahwa dia akan ditahbiskan pada jam 9 pagi besok. Suatu keputusan yang sangat mengejutkan sekaligus menggembirakan, lantas Barkha  menelepon orang tua nya. Mereka memberikan dukungan. Dan dengan meminjam sebuah jubah, ia mulai memasuki kehidupan barunya.

Sekarang, pakaian wanita 41 tahun itu hanya terdiri dari 2 set jubah, sebagian bahan wool untuk menghangatkan dan sepasang sandal jepit. “Barang dunia milikku hanya hp dan laptop. Saya meninggalkan semua tabungan saya tetapi saya sangat bahagia,” kata Barkha yang menjadi seorang bikkhuni India pertama dari daerah non Himalaya.

Saat ini, dia sedang melakukan doa untuk korban gempa bumi Nepal. Kalau tidak, dia akan ditemukan sedang bermeditasi di Dharmasala atau sedang merawat anak” penderita HIV di Proyek “Tara Children” di Bodh Gaya.

Ven. Gyalten bercerita bahwa dulu saat ia mengikuti lomba kecantikan, ia pernah ditanya seorang juri apakah yang akan dilakukannya jika ia memenangi kontes tersebut. Ia mengatakan bahwa ia akan bekerja untuk anak-anak kurang mampu ……. ” dan Saya melakukannya sekarang'” katanya.

Ketika Ven. Gyalten ditanya apakah ia akan memproduksi film lagi, “Tidak, kecuali film tentang kehidupan bikkhuni,” dia menjawab. Bagaimana jika mengangkat kisah hidupnya sendiri ?  Ven. Gyalten menyatakan  bahwa banyak bikkhu/bikkhuni lain punya kisah yang lebih menarik untuk diceritakan, sambil menunjuk guru mentornya Ven. Robina Courtin, ahli bela diri dari Inggris, yang dikenal sebagai pengawal Dalai Lama.

1464611_10151762341286861_1934544857_n
Ia tetap cantik,kuat, bersahaja dan lembut. Ia merasa memiliki keterkaitan karma yang kuat dengan Lama Zopa Rinpoche. Ia merasa dibawa dan dipandu oleh alam semesta untuk menjadi dirinya saat ini.  Ia merasa menjadi seorang Bhikkuni adalah pilihan terbaik bagi dirinya sendiri dan untuk semua mahluk.

Ven. Gyalten  sendiri ingin mendirikan rumah biarawati nya di India. “Jika kamu ingin membuat film, kamu akan pergi ke sekolah film. Jika kamu ingin menjadi seorang dokter, maka kamu akan pergi ke sekolah kedokteran. Tetapi kemana seorang bikkhu/bikkhuni yang bercita-cita tinggi akan pergi belajar ?”tanyanya.

Sumber : http://m.indiatimes.com/entertainment/heres-a-bollywood-actress-who-gave-up-cinema-dreams-to-become-a-nun-232316.html

Vinkmag ad
Apakah Anda Menyukai Artikel Ini ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid

Komentar Anda

Bagaimana Pendapat Anda

sugata

“Biarlah seseorang mengorbankan hartanya, demi menyelamatkan anggota tubuhnya; Biarlah ia mengorbankan anggota tubuhnya, demi menyelamatkan hidupnya; Tetapi biarlah ia mengorbankan hartanya, anggota tubuhnya dan segalanya, meskipun juga hidupnya, demi kebenaran Dhamma” (Khuddaka Nikaya, Jataka 28/147)

Read Previous

Miliarder China Memberikan Seluruh Kekayaannya Untuk Amal, Tanpa Menyisakan Sedikit Pun Untuk Keluarganya

Read Next

Para Bhiksuni di Vihara ini, Menjalankan Vinaya Dengan Sangat Ketat

Leave a Reply

Your email address will not be published.