Suhu Xue Hua : Jangan Tunda Esok, Apa yang Bisa Dilakukan Sekarang

Ceramah dhamma yang disampaikan oleh Suhu Xue Hua (Bhiksu Nirmana Sasana Sthavira) di Cetiya Avalokitesvara Bandung. Disampaikan dengan gaya khas Suhu yang penuh dengan lelucon dan kisah-kisah contoh dalam kehidupan sehari-hari. Suhu menyampaikannya dalam bahasa sederhana yang membuat kita mudah memahami setiap ucapannya.

Suhu Xue Hua menguraikan mengenai pentingnya untuk melakukan perbuatan baik saat ini juga. Ada sebagian orang yang menunggu waktu tertentu untuk melakukan perbuatan baik. Tentu hal ini dilakukan atas beberapa dasar, pertimbangan atau alasan. Namun, kita harus sadar bahwa pikiran kita setiap saat bisa berubah. Sekarang kita punya rencana untuk berbuat baik pada esok hari, tetapi belum tentu besok kita masih bisa melakukan perbuatan tersebut.

Banyak sekali perbuatan baik yang dapat kita lakukan agar kehidupan kita sekarang ini menjadi lebih baik. Jangan menunda kesempatan yang telah ada saat ini untuk melakukan kebajikan karena kesempatan itu tidak akan datang lagi. Kalau kita mengatakan belum waktunya, belum waktunya untuk berbuat baik, artinya waktu tersebut telah kita sia-siakan dan berlalu begitu saja. Bergegaslah melakukan perbuatan baik, dan bersihkan batin dari kejahatan. Seseorang yang lambat dalam melakukan perbuatan baik, batinnya akan bergembira di dalam kejahatan (Dhammapada, IX : 1).

Mari kita gunakan kehidupan yang singkat sebagai manusia ini untuk menambah kebajikan setiap saat karena waktu akan terus berlalu tanpa kita sadari dan waktu yang baik adalah apabila kita bisa menggunakan waktu tersebut untuk melakukan perbuatan yang bermanfaat bagi kita maupun makhluk lain.

Untuk lengkapnya silahkan klik PLAY pada tombol dibagian atas. Semoga ceramah dari Suhu Xue Hua ini dapat membawa manfaat bagi kita semua.

[box type=”tip” fontsize=”14″ radius=”10″]Abhittaretha kalyāṇe, pāpā cittaṁ nivāraye.

Dandhaṁ hi karoto puññaṁ, pāpasmiṁ ramati mano.

Bergegaslah melakukan perbuatan baik, dan bersihkan batin dari kejahatan.

Seseorang yang lambat dalam melakukan perbuatan baik, batinnya akan bergembira di dalam kejahatan. (Dhammapada, IX:1)[/box]
Vinkmag ad
Apakah Anda Menyukai Artikel Ini ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid

Komentar Anda

Bagaimana Pendapat Anda

sugata

“Biarlah seseorang mengorbankan hartanya, demi menyelamatkan anggota tubuhnya; Biarlah ia mengorbankan anggota tubuhnya, demi menyelamatkan hidupnya; Tetapi biarlah ia mengorbankan hartanya, anggota tubuhnya dan segalanya, meskipun juga hidupnya, demi kebenaran Dhamma” (Khuddaka Nikaya, Jataka 28/147)

Read Previous

Buddha Bamiyan: Bukti Ajaran Buddha Pernah Berkembang Pesat di Afganistan

Read Next

Tolak Makan Daging, Artis-Artis Ini Pilih Hidup Sebagai Vegan

Leave a Reply

Your email address will not be published.