Buddha Bamiyan: Bukti Ajaran Buddha Pernah Berkembang Pesat di Afganistan

Monumen ini terdiri dari dua patung buddha yang diukir pada sebuah jurang di lembah Bamiyan di Afganistan tengah. Lembah ini sekitar 230km dari Kabul ibukota Afganistan modern pada ketinggian 2500m. Patung-patung ini dibangun pada abad ke-5 atau 6 M perpaduan dari gaya Yunani dan seni Buddha. Lembah ini diyakini termasuk dalam Jalur Sutra yang menghubungkan dunia perdagangan timur dan barat.

large-Bamiyan-Buddha

Para bhiksu di biara-biara tinggal sebagai pertapa di gua-gua kecil yang dibuat di tepi-tepi tebing sepanjang lembah Bamiyan. Banyak dari para biarawan ini menatah patung-patung di dalam gua-gua mereka. Banyak patung-patung Buddha dalam pose berdiri maupun duduk yang ukurannya bermacam-macam ditemukan menghadap jurang.. Dua patung utama adalah Buddha dalam pose berdiri yang berukuran 55 dan 37 meter.

large

Ada seorang peziarah dari negeri Cina bernama Hsüan-tsang (Xuanzang) sekitar tahun 630 menulis bahwa Bamiyan adalah sebuah pusat Buddha yang berkembang “dengan lebih dari sepuluh biara dan lebih dari seribu bhiksu”, ia juga menulis bahwa kedua patung Buddha ini “dihias dengan emas dan batu permata mulia” (Wriggins, 1996).

bamain-before-lost-worlds_45955_600x450
Patung Bamiyan Sebelum Dihancurkan Taliban

Mullah Mohammed Omar pada tahun 1999 menyerukan agar patung Buddha Bamiyan dilestarikan. Namun para pemuka agama Afgan melakukan kampanye untuk melarang semua hal yang dianggap bertentangan dengan Islam, termasuk patung berhala. Pemerintahan Taliban mengeluarkan fatwa bahwa patung-patung ini adalah berhala (disetujui oleh 400 pemuka agama Islam Taliban), dan kemudian dihancurkan dengan dinamit dan tembakan tank. Maret 2001, kedua patung terbesar Buddha berusia 1500 tahun ini hancur setelah usaha pengeboman secara intensif selama hampir satu bulan. Mainichi Shimbun, Wakil Ahmad Mutawakel, menteri luar negeri Afganistan, menegaskan bahwa penghancuran patung Buddha adalah sesuai dengan hukum Islam, dan murni merupakan masalah religius.

Bamyan-6

Penghancuran ini mendapat kecaman dari negara-negara mayoritas Buddha dan dari OKI dimana Iran dan Pakistan sampai mengirim delegasi tertinggi untuk merubah pikiran para Taliban tapi gagal. OKI mengutuk keras karena memperburuk citra Islam di mata dunia dan tidak mencerminkan pendapat sebagian besar kaum Muslim di dunia yang mendukung toleransi antar umat beragama.

t1larg.buddha.bamiyan.afp.gi
Kondisi setelah Patung Bamiyan dihancurkan


Bamian-Afghanistan

 

Vinkmag ad
Apakah Anda Menyukai Artikel Ini ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid

Komentar Anda

Bagaimana Pendapat Anda

sugata

“Biarlah seseorang mengorbankan hartanya, demi menyelamatkan anggota tubuhnya; Biarlah ia mengorbankan anggota tubuhnya, demi menyelamatkan hidupnya; Tetapi biarlah ia mengorbankan hartanya, anggota tubuhnya dan segalanya, meskipun juga hidupnya, demi kebenaran Dhamma” (Khuddaka Nikaya, Jataka 28/147)

Read Previous

Anak Ini Mampu Mengingat Kehidupan Lampau

Read Next

Suhu Xue Hua : Jangan Tunda Esok, Apa yang Bisa Dilakukan Sekarang

Leave a Reply

Your email address will not be published.