Dato Sri Tahir: Tidak Pernah Ada Orang Dermawan Jatuh Miskin

Barangkali banyak orang menimbang-nimbang kalau ingin menyumbang. Namun, pemilik Grup Mayapada Dato Seri Tahir malah bersikap sebaliknya. Dia berderma tanpa beban.

Dia sangat percaya tidak ada orang jadi miskin atau pengusaha bangkrut lantaran rajin beramal. “Belum pernah saya dengar orang berbuat sosial lalu bangkrut,” kata Tahir saat ditemui Selasa siang lalu di kantornya, lantai 1 Bank Mayapada, Menara Mayapada.

Dengan jas hitam dibiarkan terbuka, Tahir menjawab semua pertanyaan soal kegiatannya sebagai filantropis. Berikut penjelasannya kepada Faisal Assegaf dari merdeka.com.

102059_620

Sebagai orang serba berkecukupan, beramal itu sebuah kewajiban atau kebutuhan?

Bagi saya keharusan sebagai bagian dari ibadah saya.

Apa yang membuat Anda termotivasi untuk terus berderma?

Saya lahir di sebuah keluarga boleh dikatakan miskin karena orang tua saya pembuat becak dan menyewakan becak. Jadi kita terima setoran tiap hari dari penarik becak. Satu hari ada penarik becak tidak bayar setoran. Ibu saya mengomel. Penarik becak itu lalu melempar ibu saya pakai batu dan kepalanya bocor.

Waktu saya kecil, saya menyaksikan bagaimana orang nggak mampu itu tertindas. Saya merasa orang tua saya, termasuk keluarganya, diremehkan. Itu menjadi sebuah perasaan sangat mendalam. Satu hari kalau saya mampu, saya akan bela yang lemah. Sampai hari ini prinsip itu saya pegang teguh. Karena itu, saya berbuat sosial tidak ada beban.

Dua tahun lalu saya rapat di Medan. Besok pagi-pagi saya ke Singapura, putra saya balik ke Jakarta. Kita naik Alphard dan di setopan terakhir saya lihat anak perempuan jual koran, tapi tidak menuju mobil saya. Saya suruh sopir klakson supaya menarik perhatian dan dia datang. Pikiran saya sederhana. Saya keluar uang Rp 20 ribu supaya pagi itu dia dapat sarapan lumayan.

Masalahnya, dalam penerbangan saya ke Singapura, anak kecil itu terus mengganggu pikiran saya. Sampai Singapura saya segera telepon pemimpin cabang saya minta cari sopir tadi mengantar saya ke bandara. Lalu minta sopir tadi cari anak perempuan penjual koran itu. Saya pesan tolong kasihkan Rp 200 ribu supaya dia bisa beli satu pakaian layak.

Tiga jam kemudian pemimpin banag bernama Julianan telepon saya. Kita sudah ketemu anak kecil dan ibunya. Ternyata ayahnya baru meninggal sebulan lalu karena sakit. Sehingga dia terpaksa berjualan koran. Kalau begini, mulai sekarang tiap bulan kasih Rp 500 ribu. Anak itu jangan jual koran lagi dan mulai hari ini (dua tahun lalu) sampai lulus SMA saya bayarin.

Artinya, berbuat sosial itu tidak mengenal waktu dan tempat. Senin sampai Minggu, Januari hingga Desember, sampai Tuhan bilang setop. Itu prinsip hidup saya.

1392171683102383-122027-0-8683-95c1c9eee8d56b11aabd75398c42a132
Apa pengalaman pertama paling berkesan membikin Anda berkomitmen akan terus berderma sampai akhir hidup saya?

Kita mengalami dua krisis, 1997 konglomerat di negara kita rontok dan 2008, konglomerat di Amerika jatuh. Artinya, Anda usaha 200 tahun bisa bangkrut. Tapi pernah nggak lihat ada orang berbuat baik bangkrut. Nggak pernah. Belum pernah saya dengar orang berbuat sosial lalu bangkrut.

Bill Gates tinggalkan Microsoft dan dia sudah keluarkan US$ 30 miliar, masih jadi orang terkaya. Artinya, pengusaha bisa bangkrut, sukses bisa jatuh, tapi orang berbuat amal tidak pernah bisa bangkrut.

Saya tidak percaya orang beramal Rp 100 ribu nanti bisa dapat Rp 500 ribu. Karmanya adalah bisa saya diberi kesehatan, keluarga kita harmonis, anak saya lebih mudah cari makan, anak-anak jadi orang baik semua.

Saya belum pernah dengar orang banyak beramal bisa bangkrut.

Apakah Anda punya kegiatan amal harian?

Saya takut nanti dianggap pamer. Artinya, beramal itu tidak henti-henti sampai Tuhan bilang setop. Selama Tuhan masih kasih kita napas, kita kerjakan terus semampu kita.

Sebagai filantropis, apa mimpi terbesar sudah Anda capai dan yang belum Anda raih?

Waktu saya bekerja sama dengan Bill Gates, duta besar Indonesia untuk UEA tanya saya hari ini Anda kehilangan uang, apa perasaan Anda? Saya bilang mimpi saya dari kecil ingin berbuat sesuatu dan hari ini tercapai. Itu karena begitu besarnya Tuhan sayang sama saya. Saya dikasih kesempatan untuk berbuat baik, kalau nggak saya akan berbuat jahat.

Kalau saya meninggal, saya ingin melihat anak-anak saya adalah orang baik, bermartabat, dan berkarakter. Kedua, saya mau melihat hidup rakyat Indonesia baik sedikit.

tahir
Apakah pernah ada tawaran masuk pemerintahan?

Nggak pernah. Saya bukan ahli birokrasi. Saya ini orang Surabaya pasaran, bukan keturunan keluarga ningrat elegan, saya mungkin nggak cocok di birokrasi. Saya adalah staf khusus di Kementerian Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat.

Bagaimana ceritanya Anda bisa ikut menyumbang hingga US$ 100 juta?

Setahun lalu ada tamu datang dan dia bilang dia dari Bill Gates Foundation. Dia bilang ingin cari rekan dari Indonesia. Dia bersedia 70 persen untuk Indonesia dan sisanya untuk seluruh dunia. Setelah ngobrol-ngobrol saya setuju.

Dia kaget saya bilang bakal menyumbang US$ 100 juta dalam lima tahun. Sebulan kemudian Bill Gates menyurati saya dan setuju. Lalu April lalu kita tanda tangan kerja sama di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab, disaksikan duta besar kita.

Dengan harta US$ 1,7 miliar dan menjadi orang terkaya nomor 12 di Indonesia dan 1.068 di dunia, apakah Anda puas dengan pencapaian ini?

Menurut saya, kekayaan itu tidak hanya tertuju pada deposito atau uang Anda pegang. Saya selalu percaya kekayaan itu ialah juga integritas, intelektualitas, kepribadian mulia, karakter baik, keluarga harmonis, kesehatan. Itu adalah satu kesatuan.

Kekayaan itu seperti sebuah senjata. Senjata di tangan orang baik untuk bela negara. Di tangan orang tidak baik buat merampok. Bukan pula soal jumlah kekayaan tapi bagaimana Anda memanfaatkan kekayaan itu dengan baik. Itulah seninya.

Apa kelebihan Anda miliki sehingga Anda bisa menjadi pengusaha sukses?

Saya orangnya super disiplin. Tiap hari saya bangun jam 5.30. Saya selesai baca 7-8 koran internasional dan domestik, Indonesia, Inggris, dan Mandarin, pukul 6.30. Selama 6.30-7.30 saya mulai merenungkan apa yang saya lakukan kemarin dan apa akan saya kerjakan hari ini. Jam 8 saya sudah keluar dari rumah.

Malam saya tidak keluar. Saya tidak ke klub malam, makan di restoran. Saya pulang dan makan bareng keluarga. Lalu jam 8 saya tonton televisi selama dua jam kemudian tidur. Hidup saya datar, saya super disiplin.

Kedua, waktu saya menang Enterpreneur of the Year 2011 dari Ernst and Young, saya bilang dalam pidato saya adalah pendaki gunung. Tidak ada gunung tidak berani saya daki. Saya mendaki dari satu pun cak ke puncak lainnya hingga Tuhan mengatakan saya harus berhenti.

Artinya tiap hari saya memperbaiki diri dengan membaca, bergaul, kerja sosial, dan beribadah. Saya ingin terus mencapai puncak lebih tinggi. Saya tidak pernah lengah.

p05-bWelcome-relief.img_assist_custom-500x333
Kalau waktu bisa diulang, Apa ingin Anda lakukan?

Saya akan berbuat lebih banyak untuk orang tua saya. Ada masa-masa kita bodoh dan terlewatkan, tapi Allah cipta manusia memang tidak ada yang sempurna. Di dalam ketidaksempurnaan itulah kita beribadah. Supaya kita sadar kesempurnaan itu milik Tuhan.Kalau saya sempurna, saya akan sombong, saya akan tidak tahu diri.

Waktu ke Sinabung, saya mau menangnis. Ternyata hidup saya di Jakarta sudah wah. Ternyata ada sebagian kelompok manusia di belahan pulau lain hidup mereka belum jelas,
tergantung bantuan.

Saya harus jadi orang tahu diri, tidak rakus, bersyukur. Kalau kita hidup dalam kemewahan, kita bisa lupa diri. Kita perlu kejadian mengingatkan kita.

Kalau dihidupkan kembali, saya tetap mau dilahirkan dari anak tukang becak. Saya bangga punya orang tua benar meski dia miskin. Saya tetap akan menikahi istri sekarang karena bagi saya dia adalah paling sempurna. Saya akan tetap menjalani hidup sama.

Ketika krisis 1998, banyak perusahaan bangkrut, namun Grup Mayapada berhasil bertahan dan sukses sampai sekarang. Apa resep khususnya?

Tidak ada resep khusus. Bukan karena kepintaran saya. Bank Mayapada waktu itu konservatif, kita tidak main valuta asing. Kita tidak kena imbas. Karena saya bodoh, saya diselamatkan.

Sumber: merdeka.com

Vinkmag ad
Apakah Anda Menyukai Artikel Ini ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid

Komentar Anda

Bagaimana Pendapat Anda

sugata

“Biarlah seseorang mengorbankan hartanya, demi menyelamatkan anggota tubuhnya; Biarlah ia mengorbankan anggota tubuhnya, demi menyelamatkan hidupnya; Tetapi biarlah ia mengorbankan hartanya, anggota tubuhnya dan segalanya, meskipun juga hidupnya, demi kebenaran Dhamma” (Khuddaka Nikaya, Jataka 28/147)

Read Previous

Para Ilmuwan Jerman Buktikan Ada Kehidupan Setelah Kematian

Read Next

Stephen Hawking: Sains Lebih Meyakinkan dari Tuhan

21 Comments

  • bolehkah saya minta kontak bpk. dato sri tahir?? atau alamat e-mail nya… karena saya butuh bantuannya untuk pengobatan anak saya.trims

  • Boleh kah saya minta alamat email bapak. ? Saya benar-benar dalam kesusahan, kakak saya sakit parah dan orang tua saya sudah melakukan pengobatan kemana-mana hingga di landa hutang bnyak.. Dan saya tidak bisa melanjutkan pengobatan lagi..

  • Pak tahir saya mau jual rumah untuk bayat hutang, bisa kah bapak bantu

  • Comment…karena hutang riba, hidupku dan keluarga jadi hancur, sudikah bpk Tahir yg dermawan mau membantu saya

  • Pak dato, sy terlilit utang bisnis dan nyawa saya di ujung tanduk, bs saya kasih pinjaman dana 218 jt dan saya siap bekerja apa saja tanpa di bayar sampai lunas 218 jt tersebut, domisili saya di lubuklinggau, hp 085374453136, mohon pak dato, terima kasih

  • Pak tahir yang disayangi Allah bolehkah sya mnt tlg,sudi kiranya bpk membeli tanah kami agar bisa membyar hutang dibank kami berada dikepulauan riau

  • Saya iburumahtangga singel parent sdh hmpr 1 tahun ini mencari dermawan kaya yg bisa membantu saya utk pinjamanin modal buat buka usaha , saya mohon kiranya sy bs mendapatkan no telp dari Dato Sri Tahir , agar saya bisa mohon bantuan dari beliau , ini no tlp sy 0819670821 ; trims

  • Pak Tahir , dalam perjalanan hidup ini saya tidak pernah berjumpa orang yang telah berhasil dalam usaha menjadi kaya lalu mau mendermakan kekayaannya.
    Berbeda dengan yang saya alami dengan teman terdekat saya semenjak SMP , kami usaha bersama-sama karena dia punya modal dan saya menjalankan uangnya. Akhir cerita kenyataan pahit saya terima , setelah usaha berhasil dan teman menjadi kaya terpaksa saya tinggalkan karena awalnya manis tetapi berakhir kepahitan karena saya hanya dijadikan mesin penghasil uang saja .
    Saat ini saya jatuh bangun didalam usaha karena memerlukan bantuan untuk modal usaha.

    Setelah membaca artikel mengenai Bapak , ternyata masih ada orang kaya yang mau membagikan sebagian kekayaannya untuk orang lain.

  • Bapak dato sri tahir yang terhomat danbaik hati…saya mohon bantuannya pak..
    Saya benar2 membutuhkan bantuan dana untuk anak saya pak.
    Saya benar2 bingung.dan ingin mengobati anak saya.anak saya menderita cerebal palsy(kelumpuhan otak).Mulai umur 5bulan.dan sekarang usianya sudah 4thn.berbagai macam pengobatan sudah saya lakukan..dr tradisional.medis.fisioterapi.tapi hasilnya tdk signifikan.hingga saya mencari2 pengobatan untuk anak saya di internet.dan ada pengobatan steamcell.hasilnya jugasudah ada.namun biaya mahal 150jt.saya yakin dengan pengobatan itu..dan yakin anak saya bisasembuh.lebihbaik lagi.jadi saya mohon pak…sudi kiranya bapak membantu saya.karna saya sudah tidak punya apa2 lagi .harta yang saya punya sudah untuk pengobatan anak saya.saya juga masih terlilit hutang tapi yang terpenting kesembuhan anak saya.saya sangat berharap bantuan dari bapak.terimakasih

  • Kondisi seperti yg saudara2 alami saat ini pernah menimpa saya, Alhamdulillah atas ijin Allah SWT saya di bantu oleh seseorang, dan atas ijin Allah, saya bs keluar dr jeratan ekonomi tsb, benar adanya bahwa seorang dermawan tidak pernah jatuh miskin, dan jika banyak beramal, malah akan menambah rejeki kita agar kita selalu bs menambah shodaqoh kita.
    Setelah mendapat bantuan atas ijin Allah, akhirnya saya bs melepaskan diri dr himpitan tsb, dan hingga kini saya telah memiliki usaha kuliner.
    Jika Anda berkenan saya jg ingin membagi makalah tsb, dan saya berikan GRATIS, karena saya dulu memperolehnya jg secara gratis.
    Ini alamat email saya ananagus@gmail.com

    Terimakasih..
    Indahnya berbagi.. Tingkatkan amal sholeh

  • asalamu alikum, wr wb. perkenalkan nama saya cepi, saya sebenarnya malu membicarakan ini dan saya sangat bersedih sekali atas ke tidak mampuan saya ini, saya sangat bingung mencari uang kemana lagi , saya sangat membutuhkan bantuan pinjaman uang untuk biaya melahirkan istri saya sebesar 3 atau 4 juta, disaat saya menggangur allah menitipkan calon bayi terhadap saya, saya sangat bingung mencari biaya untuk melahirkan yang usia kandungan ya sudah 9 bulan, jika memang ada hamba allah yang mempercayai dan hendak membantu saya akan sangat berterima kasih, jika allah nanti memberikan pekerjan atau jalan rejeki kepada saya maka saya akan mengembalikan uang yang saya pinjam itu,ini no hp saya, 081 809 877 382. semoga allah swt meridoi saya

  • Assalammu’alaikum wr.wb..Bismillah…mohon maaf pak,keluarga saya terjerat hutang riba,saya bekerja dengan bayaran yg pas pasan dan tidak cukup untuk membayar hutang,saya berharap bapak berkenan membantu saya,saya tidak akan meminta secara cuma cuma,saya berharap bapak bersedia meminjamkan saya uang untuk melunasi hutang dan untuk modal usaha kami,sebagai jaminan saya hanya bisa menjaminkan ijazah yang saya punya,karena memang tinggal itu barang berharga saya….saya ingin sekali membayar hutang saya di bank dan di tempat lainya dan mengembalikan sertifikat kepunyaan orang tua yg dulu saya pinjam sebagai jaminan…saya berjanji,saya akan mengembalikan uang bapak. Kalau bapak berkenan,mohon bantu saya. Terimakasih…Wassalammu’alaikum wr.wb

  • mohon maaf sebelumnya.. berhubung sekarang masih lebaran saya ucapkan minal aidin wal faidzin mohon maaf lahir dan bathin.. disini bisakah saya mendapatkan info pekerjaan dlm bidang apa saja.. maaf sebelumnya pendidikan saya tidak tinggi hanya smp saya berharap ada yang mau membantu saya supaya saya bisa trs membiayai istriku dan ke tiga anakku dan buat mencicil utang direntenir dan bank.. mohon bpk tahir kalau ada pekerjaan buat saya bila ada dermawan yang mau membantu saya bisa menghubungi saya di nmr tlpn 085701213955

  • Ass.Yth BAPAK TOHIR (SANGAT MENDESAK)
    Mohon keiklasan nya membantu saya&keluarga krn kondisi ekonomi terpuruk,terlilit hutang hampir 60jt .dengan segala kerendahan hati mohon bantuan seiklasnya…semoga panjenengan selalu diberikan kesehatan selalu..amin..dari:Bp.kristionoagung-semarang BCA 009.029.2706 HP .0857.2754.0749
    Balas

  • Assalamualaikum Dato’ Sri Tahir Semoga bapak dan keluarga Selalu dalam Lindungan Allah…
    Saya Hanya Ingin di Bantu Untuk Pembangunan Islamic Center yg ada di Kampung Saya tepatnya di Kabupaten Boalemo Provinsi Gorontalo…
    Rahmad Sadapu 085394695758

  • asalamualaikum wr wb… pa tahir saya minta tolong saya seorang buruh pabrik… saya lagi terlilit utang riba… gaji saya setiap bulan habis buat bayar bunga ke renternir… sya minta bantuan pa tahir… utang saya mencapai 70 juta.. mohon kesedian nya bpk tahir untuk menolong saya pa.. semoga bapak selalu dalm lindungan allah swt… besar harapan saya pa bisa keluar dari keterpurukan lilitan utang bjb 0096421321101 no hp. 08118010488

  • Sy sepandapat dg bp utk bs membantu semua org yg membutuhkan sy juga mau minta tlg sm bp karna sepeninggal suami rmh,kendaraan dan tempat usaha kami diambil pihak keluarga mertua sekarang sy krj sedapatnya utk menghidupi anak2 sy sekuranya bp berrkenan bantu pinjamkan sy modal brp pun sangat membantu ms dpn anak2 sy, ini no rek sy 1620003474578 bank mandiri sultra dan kirimkan no rek nya bp utk pembayarannya trima ksh banyak smoga rezeki bp tambah berkah dan berlimpah…Amien yrabb

  • No hp sy 082150443253

  • Saya sangat memohon bantuan nya Bapak Datok Sri Tahir untuk mmbayar hutang2 saya,dengan segala kerendahan hati dan besar harapan saya pada Bapak Datok
    Saya sangat berterima kasih sekali atas bantuan nya pak🙏🙏

  • Save n caht me saya pak dato Tahir…kumohon baget085755220344

  • Assalamualaikum pak tahir, saya sedang kena musibah, saya hilang uang krn kena copet sebanyak 45jt, mohon bantu saya pak agar uang saya kembali karna uang itu buat biaya kuliah saya pak, ini rek saya 603607953 Bni atas nama zulaiha. Terima kasih sebelumnya pak

Leave a Reply

Your email address will not be published.