Banyak Jalan Menuju Dhamma

Bagaimana cara anda menemukan Dhamma? Pengertian menemukan Dhamma bukan berarti sekedar menjadi beragama Buddha. Menemukan Dhamma yang saya maksud adalah mengalami, merasakan manfaat Dhamma dalam kehidupan ini sehingga Dhamma menjadi sebuah keyakinan yang tidak tergoyahkan.

Sebelum menemukan Dhamma, anda harus berjalan terlebih dahulu untuk menuju Dhamma. Banyak jalan menuju Dhamma. Jalan Dhamma itu bisa sengaja diciptakan, bisa  secara tidak sengaja, bisa juga sudah disediakan. Yang terakhir itu umumnya adalah jika orang tua kita memang beragama Buddha dan mereka mengarahkan kita untuk mengikuti mereka.

Tidak semua orangtua Buddhis mau mengarahkan anaknya untuk menjadi Buddhis. Mungkin karena mereka adalah orangtua Buddhis yang belum menemukan Dhamma. Mereka jalan menuju Dhamma tapi belum menemukan Dhamma. Jumlah orang tua Buddhis seperti ini di Indonesia cukup banyak.

footprint-6-3

Bhiksuni Xian Xing berjalan menuju Dhamma melalui jalan yang tidak disengaja, tidak disiapkan apalagi diarahkan orang tua. Karena tanpa beliau sadari jalan yang dilaluinya adalah jalan menuju Dhamma dan akhirnya beliau menemukan Dhamma. Siapa yang akan menyangka hanya dengan sering bermain basket dilapangan depan sebuah Vihara, dengan alasan bisa bermain gratis, bisa membawa beliau menjadi Bhiksuni?

Bhiksuni Xian Xing menceritakan bagaimana beliau bisa berjalan menuju Dhamma dan akhirnya menemukan Dhamma dalam ceramah dhamma pada kebaktian Minggu pagi di Vihara Pluit Dharma Sukha. Banyak hal kejadian keseharian lain yang dibabarkan Bhiksuni Xian Xing lewat ceramah maupun lewat jawaban pertanyaan yang diajukan.

Jika seseorang menanyakan kepada kita, siapakah Buddha, bagaimana Buddha itu? bagaimana kita menjawabnya? Jika kita merasa Buddha adalah sebagai guru yang kita hormati yang mengajarkan kebenaran, Apakah kita bisa menerangkannya sama seperti kita menerangkan sosok guru sekolah kita yang juga kita hormati? Jika kita merasa Buddha adalah sosok yang kita sayangi dan cintai, apakah kita juga bisa menggambarkannya  sama seperti kita menggambarkan sosok orangtua kita yang kita sayangi dan cintai? Rasanya sulit yah, karena kita tidak hidup dijaman Buddha sehingga belum pernah bertemu langsung dengan Buddha. Tapi benarkah karena belum bertemu maka menjadi sulit? Dia yang melihat Dhamma melihat Buddha, Dia yang melihat Buddha melihat Dhamma (Samyutta Nikaya).

Walaupun banyak jalan menuju Dhamma , namun bisa sampai menemukan dhamma adalah suatu kebahagiaan. Silakan anda mendengarkan ceramah dhamma Bhiksuni Xian Xing, yang meski bertema waisak tetapi banyak hal yang bisa kita petik sebagai bahan renungan dan pelajaran.

Sumber : ceramahdhamma.com

Vinkmag ad
Apakah Anda Menyukai Artikel Ini ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid

Komentar Anda

Bagaimana Pendapat Anda

sugata

“Biarlah seseorang mengorbankan hartanya, demi menyelamatkan anggota tubuhnya; Biarlah ia mengorbankan anggota tubuhnya, demi menyelamatkan hidupnya; Tetapi biarlah ia mengorbankan hartanya, anggota tubuhnya dan segalanya, meskipun juga hidupnya, demi kebenaran Dhamma” (Khuddaka Nikaya, Jataka 28/147)

Read Previous

Bagaimana Bertindak Agar Bahagia

Read Next

Berlindung pada Buddha Dhamma Sangha

Leave a Reply

Your email address will not be published.