Bagaimana Bertindak Agar Bahagia

Suhu Xianxing membabarkan bagaimana bertindak agar bahagia berdasarkan cara beliau. Setiap orang mendefinisikan bahagia secara berbeda-beda. Tingkat kebahagiaan setiap orang juga berbeda. Kondisi yang sama bisa menimbulkan rasa bahagia pada seseorang, sementara buat orang lain kondisi itu belum dapat membahagiakannya.

Buddhism pada dasarnya tidak melihat sumber kebahagiaan berada dari luar diri kita. Itulah yang bisa menjelaskan mengapa kondisi yang sama menimbulkan tingkat kebahagiaan yang berbeda, karena salah dalam mengasumsikan sumber kebahagiaan.

Suhu Xian Xing memberikan beberapa tip bagaimana kita diharapkan bertindak agar bahagia. Kebahagiaan bermula pada tindakan kita sendiri bukan pada kondisi luar. Jika kita bisa mengkelola pikiran, perbuatan serta ucapan kita, apapun kondisi yang kita hadapi tetap akan membawa kebahagiaan untuk diri kita. Mudah untuk mengatakannya namun seumur hidup belum tentu berhasil melakukannya.

Suhu Xian Xing memberikan tip-tip sederhana yang dapat kita laksanakan dalam kehidupan sehari-hari kita. dalam ceramahnya ini juga suhu Xian Xing membabarkan pendapatnya mengenai melakukan pembunuhan terhadap nyamuk. Pertanyaan klasik dari umat awam. Di satu sisi melakukan perbuatan membunuh namun disisi lain kita menghindari penyakit demam berdarah. Jawaban yang diberikan suhu Xian Xing cukup bijaksana.

Dalam Buddhism bisa saja suatu perbuatan mempunyai dua sifat, perbuatan yang buruk dan perbuatan bermanfaat sekaligus terjadi. Kedanya akan membawa akibat masing-masing. Jika prinsip dasar ini bisa kita pahami tidak akan ada lagi kebingungan menghadapi persoalan seperti ini.

Contoh yang lain adalah cerita klasik mengenai Robin Hood yang merampok orang-orang kaya dan membagikan hasil rampokannya kepada orang miskin. Buddhism tidak bisa semata-mata menyimpulkan perbuatan itu sebagai baik atau buruk namun Buddhism akan mengatakan perbuatan merampok yang dilakukannya akan membawa akibat buruk untuknya dan perbuatan berdana kepada orang miskin akan membawa akibat baik buat dirinya. Itu pasti.

Suhu Xian Xing juga menjawab dengan pragmatis mengenai pertanyaan apakah ada paritta yang bisa dibacakan agar kehidupan rumah tangga menjadi harmonis dan langgeng. Jawaban Suhu Xian Xing juga dapat diterapkan untuk pertanyaan-pertanyaan serupa.

happiest

Sumber : ceramahdhamma.com

Vinkmag ad
Apakah Anda Menyukai Artikel Ini ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid

Komentar Anda

Bagaimana Pendapat Anda

sugata

“Biarlah seseorang mengorbankan hartanya, demi menyelamatkan anggota tubuhnya; Biarlah ia mengorbankan anggota tubuhnya, demi menyelamatkan hidupnya; Tetapi biarlah ia mengorbankan hartanya, anggota tubuhnya dan segalanya, meskipun juga hidupnya, demi kebenaran Dhamma” (Khuddaka Nikaya, Jataka 28/147)

Read Previous

DHAMMACAKKA PAVATTANA SUTTA

Read Next

Banyak Jalan Menuju Dhamma

Leave a Reply

Your email address will not be published.