Vihara London Siapkan Perayaan HUT Ke-150 Anagarika Dharmapala

London, Inggris Raya – Vihara London di Inggris telah merencanakan program-program acara untuk seminggu dalam rangka memperingati hari kelahiran pendirinya, mendiang Anagarika Dharmapala.

Anagarika Dharmapala merupakan seorang pelopor dalam kebangkitan agama Buddha di India yang setelah hampir punah di sana selama beberapa abad, dan beliau merupakan Buddhis pertama di zaman modern yang mengabarkan Dharma di tiga benua, Asia, Amerika Utara, dan Eropa.

Pada tahun 1926 Anagarika Dharmapala membuka Vihara London yang merupakan Vihara Theravada pertama yang didirikan di luar benua Asia. Anagarika Dharmapala lahir di Colombo, Sri Lanka pada 17 September 1864.

Anagarika-d-10

Perayaan ulang tahun ke-150 tahun tokoh kebangkitan Buddhis yang dihormati ini rencananya akan diselenggarakan dari tanggal 13 sampai 20 September tahun ini.

Pada sebuah pertemuan panitia yang diadakan di Vihara London, diketuai oleh Kepala Vihara dan Kepala Sangha Nayaka dari Inggris, Y.M. Bogoda Seelawimala Nayaka Thera, telah memutuskan untuk menyelenggarakan upacara pelantunan Paritta untuk pelimpahan jasa, menggelar pameran sepanjang seminggu yang menggambarkan kehidupan dan karya mendiang Anagarika Dharmapala dan Perayaan di Balai Kota Hammersmith dengan pembicara utama oleh Dr. Ananda Guruge. Demikian yang dilansir Sriexpress, Senin (24/3/2014).

Memproduksi sebuah film dokumenter yang membahas niat Anagarika Dharmapala mendirikan Vihara Theravada di dunia Barat dan berdampak pada memperkenalkan Dhamma ke Masyarakat Barat serta sejarah Vihara London juga direncanakan dalam pertemuan tersebut.

Commemorating-Anagarika-Dharmapala-2014

Sebagai bagian dari perayaan ini persiapan telah dibuat untuk mengungkap potret-potret Anagarika Dharmapala di Vihara London dan di Buddhist Society di Eccleston Square 58, London SW1V 1PH.

Sebuah publikasi memorial yang berisi esai yang ditulis oleh para cendekiawan terkemuka tentang pentingnya dedikasi seumur hidup yang diberikan oleh Anagarika Dharmapala untuk kebangkitan Buddha Dhamma di zaman modern dan perannya dalam menyelamatkan semua situs Arkeologi Buddhis di India, juga akan dipublikasikan.

Anagarika Dharmapala akan menjadi tema dalam upacara pemberian penghargaan Sekolah Dhamma Vihara London yang akan diselenggarakan pada Minggu, 30 Maret 2014.

Selama program tersebut, anak-anak dari sekolah Dhamma akan menampilkan pidato, drama dan presentasi tentang kehidupan dan karya dari patriot besar Sinhala tersebut yang mendedikasikan hidupnya untuk melindungi dan memajukan Buddhisme

Vinkmag ad
Apakah Anda Menyukai Artikel Ini ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid

Komentar Anda

Bagaimana Pendapat Anda

sugata

“Biarlah seseorang mengorbankan hartanya, demi menyelamatkan anggota tubuhnya; Biarlah ia mengorbankan anggota tubuhnya, demi menyelamatkan hidupnya; Tetapi biarlah ia mengorbankan hartanya, anggota tubuhnya dan segalanya, meskipun juga hidupnya, demi kebenaran Dhamma” (Khuddaka Nikaya, Jataka 28/147)

Read Previous

Anak Pohon Bodhi Tiba di Korea Selatan dari India

Read Next

Ada Buddha di Hollywood

Leave a Reply

Your email address will not be published.