Menata Pikiran Perasaan dan Jasmani – Bhante Pannavaro Mahathera

Sangat penting buat kita untuk mampu menata pikiran perasaan dan jasmani kita baik dalam senang maupun dalam susah. Bagaimana hubungan antara pikiran, perasaan dan jasmani itu?

Pada saat kita bahagia maupun menderita, dimana letaknya kebahagiaan ataupun penderitaan itu?. Ambil contoh jika seorang teman dekat anda memberikan anda sebuah cincin berlian asli atau jam tangan Swiss yang mahal, anda tentu merasa senang bukan? Dimana rasa senang itu timbul? karena apa rasa senang itu timbul?

Jika seandainya suatu ketika hadiah cincin berlian atau jam tangan tersebut hilang atau rusak, anda tentu merasa menderita bukan? dimana rasa menderita itu muncul? karena apa rasa susah itu muncul?

Anda mungkin menjawab bahwa rasa senang dan menderita itu muncul di dalam diri kita. Senang karena adanya hadiah cincin berlian atau jam tangan mahal tersebut dan menderita karena cincin berlian atau jam tangan tersebut hilang. Betulkah itu?

Tidak sepenuhnya betul. Senang dan susah memang berada dalam diri kita tetapi bukan disebabkan oleh hadiah tersebut. Senang dan susah di karenakan karena adanya AKU dalam pikiran kita.

Apa buktinya jika senang dan susah tersebut bukan dari hadiah tersebut? Buktinya mudah sekali, walaupun hadiah cincin berlian dan jam tangan mahal itu ada dan tepat berada di depan anda namun bukan diberikan kepada anda tetapi diberikan kepada orang lain, apakah anda tetap merasa senang? Itu membuktikan bahwa rasa senang bukan dikarenakan adanya cincin berlian dan jam tangan tersebut tetapi dari pikiran tentang AKU.

Pikiran adanya AKU yang menimbulkan perasaan senang atau susah. Perasaan senang atau susah akan mengkondisikan jasmani. Anda mungkin tidak bisa tidur karena perasaan senang ketika mendapatkan cincin berlian tersebut. Pikiran mengkondisikan perasaan dan perasaan mengkondisikan jasmani.

Penting buat kita untuk mampu menata pikiran perasaan dan jasmani kita. Bhante Sri Pannavaro Mahathera dalam satu kesempatan ceramah Dhamma memberikan khotbah tentang hal tersebut.

Bagaimana caranya untuk bisa menata pikiran, perasaan dan jasmani kita? Silakan anda mendengarkan secara langsung ceramah Bhante Sri Pannavaro Mahathera yang memberikan panduan praktis untuk kita dalam menata pikiran, perasaan dan jasmani.

Sumber : ceramahdhamma.com

Apakah Anda Menyukai Artikel Ini ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid

Komentar Anda

Bagaimana Pendapat Anda

Read Previous

Magha Puja Ajaran Para Buddha

Read Next

Uudam – Bertemu Mama Dalam Mimpi

2 Comments

  • Maaf, kalau saya may download ceramahnya Bhante Panna bagaimana caranya ya? Yg saya bisa hanya dengarkan secara streaming saja, kadang saya mau coba dengar sambil mengendarai mobil, tapi ndak ada internet.
    Terima kasih.

    • terima kasih jimmy. Untuk saat ini yang ada diwebsite hanya dapat didengarkan secara streaming. Namun jika anda berminat dapat hubungi saya di pin bb 2273e919. Anda dapat mengirimkan flasdisk, nanti akan saya copykan semua ceramah yang saya punya. Mungkin kalau bisa yang 16 gb keatas….

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *