SHEN YUN Performing Art: Kekuatan Penyembuhan Melalui Pertunjukkan Seni

Sejarah pertunjukkan seni telah berjalan seiringan dengan sejarah peradaban manusia. Hal ini hanya dikarenakan aktivitas pertunjukkan seni, seperti menyanyi, menari, melukis, bermain alat musik dan menciptakan lagu, merupakan bagian intergral dari kehidupan manusia.

Anda mungkin pernah mendengar cerita seseorang bagaimana gembiranya ia saat menonton sebuah pagelaran seni, dan banyak pula yang merasakan telah bertambah enerjik (sehat) setelah mereka dapat bernyanyi menari melukis atau bermain alat musik.

Pengobatan Tiongkok memiliki teori yang dapat menjelaskan kepada kita, bagaimana sebuah pertunjukkan seni dapat memiliki efek penyembuhan dan memelihara kesehatan tubuh manusia.

1402260959212384

Sistem Lima Organ

Pengobatan Tradisional Tiongkok (PTT) memandang tubuh manusia di luar tingkat struktural. Hal ini merupakan kemampuan memvisualisasikan dan memetakan tubuh manusia pada suatu tingkat energi. Tenaga ahli PTT akan dapat melihat adanya hubungan antara organ tubuh dan bagaimana kita berpikir, merasakan, serta bereaksi pada hal-hal di luar pengenalan pengobatan modern

Pengobatan Tiongkok melihat sistem organ sebagai pusat jaringan energi dari lima organ utama, yakni liver (hati), jantung, limpa, paru-paru dan ginjal.

Tiap-tiap organ terhubung secara fisik dan mental. Misalnya, kita mengetahui dari pengobatan modern bahwa liver berperan dalam metabolisme, detoksifikasi makanan dan pengobatan. Namun menurut pengobatan Tiongkok, juga berperan pada daya lihat dan mood (perasaan). Liver bertanggungjawab pada perencanaan, pembuat keputusan dan pertimbangan.

Kita semua mengetahui bahwa ginjal memproduksi urin dan membersihkan cairan tubuh, namun berdasarkan pengobatan Tiongkok, ia juga berperan pada fungsi otak, pendengaran, kesehatan tulang, kesuburan, fungsi seksual, kontrol terhadap usus besar dan kandung kemih, kekuatan tekad dan motivasi.

Limpa merupakan organ utama yang berperan dalam proses pencernaan dan metabolisme. Dan berkat PTT, kita dapat mengetahui bahwa limpa berperan dalam kemampuan menganalisa, memberi alasan dan memproses informasi.

Menurut pandangan pada tingkat energi, tubuh manusia merupakan sistem terbuka yang memiliki interaksi konstan dengan energi yang ada di lingkungan. Oleh karena itu, segala sesuatu yang kita lihat, dengar dan rasakan akan memiliki efek pada kesehatan organ, seperti bagaimana kita berpikir dan berfungsi dalam kehidupan.

Than-Van1

Suara Mempengaruhi Kesehatan

Pengobatan Tiongkok telah menggolongkan lima suara utama. Tiap-tiap suara memiliki pengaruh yang berbeda terhadap organ tubuh dan fungsinya. Kelima suara ini disebut Gong, Jiao, Shang, Zheng dan Yu.

Ketika lima suara ini dikomposisikan dalam ketenangan dan seimbang, mereka dapat memengaruhi secara positif kelima sistem organ utama. Sebagai hasilnya, komposisi suara yang tenang dan seimbang ini membantu menyeimbangkan energi tubuh dan pikiran.

Wajar jika kekuatan penyembuhan dari musik telah lama diakui sepanjang sejarah karena orang dapat merasakan efeknya.

Hari ini, banyak rumah sakit, pusat kebugaran dan terapi kesehatan menggunakan musik sebagai bagian terapi mereka. Ilmuwan dari Stanford University menemukan bahwa pasien lanjut usia yang menderita depresi memperoleh kepercayaan diri dan perubahan suasana hati setelah menjalani terapi musik.

Penelitian juga menunjukkan bahwa mendengarkan musik yang baik dapat menurunkan tekanan darah, menstabilkan detak jantung, meredakan depresi, mengurangi kecemasan masa pra terapi, meningkatkan konsentrasi dan kreativitas, mengurangi kebutuhan obat penenang dan penghilang rasa sakit (selama dan setelah operasi), mengurangi mual setelah kemoterapi, dan juga meningkatkan stabilitas penderita penyakit parkinson.

Tidak mengherankan bahwa di dalam aksara Tiongkok yang bermakna musik, pada bagian tengahnya terdapat aksara yang bermakna obat. Bahkan dalam legenda mengatakan bahwa aksara Tiongkok untuk pengobatan berdasarkan pada peristiwa bersejarah yang melibatkan musik. Kaisar Kuning atau Huangdi, mengalahkan dewa perang bernama Chi You, dengan memukul genderang perang pasukan tempurnya.

tickets-sy-2016-thumb-800

Pada saat itu, genderang sering kali dimainkan untuk membangkitkan keberanian dan memperoleh semangat dalam pertempuran. Dalam medan tempur, pasukan genderang mengalahkan musuh mereka hingga tak sadarkan diri.

Kaisar Kuning yang bermurah hati, telah menciptakan sebuah alat musik petik untuk menyembuhkan kembali penaklukan jiwa pasukan musuh, kemudian menghidupkan kembali. Oleh karena itu musik digunakan untuk penyembuhan. Selanjutnya tanaman herbal juga digunakan sebagai obat, sehingga aksara untuk musik dan obat herbal dipadukan.

[box type=”note” fontsize=”12″ radius=”12″]

Shen Yun Performing Arts adalah sebuah perusahaan seni pertunjukan yang berbasis di New York yang memiliki misi bersama menghidupkan kembali kebudayaan tradisional Tiongkok. Shen Yun dibentuk pada tahun 2006 dan kini telah merayakan tahun ke-10 dengan pertunjukan keliling dunia, lebih dari 400 kali show di lebih dari 100 kota di dunia.

Hampir setiap aspek dari perusahaan seni pertunjukan ini adalah unik: bentuk seni yang disajikan, misinya, dan produksinya. Hal ini dikarenakan kebudayaan tradisional Tiongkok usianya telah mendekati 5.000 tahun, yang pernah hampir mengalami kepunahan.

backdrop-300x222

Seperti yang dijelaskan oleh situs resmi Shen Yun, jantung dan jiwa dari kebudayaan ini adalah seperangkat nilai-nilai spiritual dan prinsip-prinsip yang berasal dari aliran Buddhisme, Taoisme, dan Konghucu. Kepercayaan dan nilai-nilai inilah yang memainkan peran sebagai landasan dalam sejarah 5.000 tahun Tiongkok yang nyaris musnah dalam satu dekade di bawah kepemimpinan komunisme.

Namun demikian, nilai-nilai ini telah dihidupkan kembali di dalam tarian klasik Tiongkok Shen Yun hari ini.

Kini telah menginjak tahun ke- 10 pertunjukkan Shen Yun Performing Arts, para penonton membicarakan tentang harapan dan sukacita yang bersumber dari pertunjukan tersebut.

Hal pertama yang diperhatikan oleh penonton adalah warna. Saat tirai pertunjukan diangkat, panggung dipenuhi oleh sinar terang dan cahaya keemasan. Aliran lengan sutra dari kostum penari yang panjang dan berwarna-warni berputar-putar dan melayang di udara. Kostum penari selalu diselaraskan dalam kombinasi menarik yang menjadi fokus pandangan mata setiap penonton yang tak pernah menduga sebelumnya. Inilah seputar hal-hal yang dibicarakan penonton saat usai menyaksikan performa Shen Yun Performing Arts.

Selain itu, mereka juga mengingat bagaimana menyejukan dan menenangkan musiknya, juga menarik, tidak seperti yang pernah mereka dengar sebelumnya. Tarian, gerakan, pemain, teknis yang mengagumkan, serta alat musik yang memesona adalah aspek yang diingat oleh penonton di seluruh dunia ketika mencoba menjelaskan apa itu Shen Yun yang sangat memesona hati mereka. Mereka juga berbicara tentang harapan, sukacita, kekuatan, dan pengalaman yang tidak dapat diringkas dalam kata-kata.

“Ada kekuatan di dalam ruangan itu,” kata Sundura Norton, seorang koreografer yang berbasis di Houston dan mantan guru tari yang kini mendirikan sekolah tarinya sendiri. Sundura Norton dan suaminya, David, menyaksikan pertunjukan ini saat dimulainya pertunjukan keliling dunia tahun 2016, pada tanggal 29 Desember 2015. Dia mengatakan cara penari Shen Yun dalam membawakan tarian memukau hatinya.

“Anda takkan bisa menutup mata, bahkan Anda tidak ingin menutup mata. Semuanya begitu ajaib. Tariannya, keanggunannya, setiap gerakan adalah kesempurnaan,” tutur Mrs. Sundura. “Sungguh begitu kuat … Kekuatan seluruh pertunjukan membuat saya bergetar.”[/box]

Vinkmag ad
Apakah Anda Menyukai Artikel Ini ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid

Komentar Anda

Bagaimana Pendapat Anda

sugata

“Biarlah seseorang mengorbankan hartanya, demi menyelamatkan anggota tubuhnya; Biarlah ia mengorbankan anggota tubuhnya, demi menyelamatkan hidupnya; Tetapi biarlah ia mengorbankan hartanya, anggota tubuhnya dan segalanya, meskipun juga hidupnya, demi kebenaran Dhamma” (Khuddaka Nikaya, Jataka 28/147)

Read Previous

Bukti-Bukti Penerimaan & Pengeluaran Dana

Read Next

Sila Mendatangkan Kekayaan

Leave a Reply

Your email address will not be published.