Video Profil AJAHN BRAHMAVAMSO

Ajahn Brahmavamso lahir di London tahun 1951. Beliau memandang dirinya sebagai seorang Buddhis saat berusia 17 tahun lewat buku Agama Buddha yang dibacanya saat masih sekolah. Beliau tertarik pada Agama Buddha dan meditasi yang telah berkembang ketika belajar Teori Fisika di Universitas Cambridge. Setelah menyelesaikan tingkatannya dan belajar selama 1 tahun, Beliau melakukan perjalanan ke Thailand untuk menjadi bhikkhu. Beliau ditahbiskan di Bangkok saat berusia 23 tahun oleh kepala biara Wat Saket dan selanjutnya menghabiskan 9 tahun untuk belajar serta berlatih Tradisi Meditasi Hutan dari Y.M. Ajahn Chah. Pada tahun 1983, beliau diminta untuk membantu mendirikan Biara Hutan dekat Perth, Australia Barat. Ajahn Brahm sekarang adalah kepala biara Bodhinyana dan direktur kerohanian pada Perkumpulan Buddhis Australia Barat.

ajahn brahm indonesia

Yang Mulia Ajahn Brahmavamso Mahathera ( yang lebih dikenal dengan sebutan Ajahn Brahm ) dilahirkan dari pasangan Peter Betts di London, Inggris pada tanggal 7 Agustus 1951. Beliau berlatarbelakang dari masyarakat pekerja, dan mendapatkan beasiswa untuk belajar Teori Fisika di Universitas Cambridge pada akhir tahun 1960-an.

Setelah tamat dari Cambridge, beliau mengajar selama setahun di SMA, sebelum melakukan perjalanan ke Thailand untuk menjadi Bhikkhu dan berlatih dengan Y.M. Ajahn Chah Bodhinyana Mahathera. Ketika masih dalam tahun-tahun pertama sebagai bhikkhu junior, beliau diminta untuk menerjemahkan aturan-aturan kebhikkhuan (Vinaya) ke dalam bahasa Inggris yang kemudian menjadi dasar disiplin biara di dalam banyak biara Theravada di negara-negara barat.

Mengunjungi Australia

Yang Mulia Ajahn Brahm kemudian di undang ke Perth, Australia oleh komunitas Buddhis Australia Barat untuk membantu Ajahn Jagaro dalam tugas-tugas mengajar. Pada mulanya mereka berdua tinggal di dalam sebuah rumah tua di pinggiran kota, Perth Utara. Tetapi pada akhir tahun 1983 membeli 97 akre (393.000 m2) tanah di pedalaman perhutanan perbukitan Serpentine, Perth Selatan. Tanah tersebut kemudian menjadi biara Bodhinyana (mengambil nama guru mereka, Ajahn Chah Bodhinyana). Bodhinyana menjadi biara Buddhis pertama yang diresmikan di Hemisphere Selatan dan sekarang menjadi komunitas Bhikkhu Buddhis terbesar di Australia.

Yang Mulia Ajahn Brahmavamso merupakan kepala biara Bodhinyana saat ini dan pemimpin kerohanian perkumpulan Buddhis di Australia Barat. Biara Bodhinyana menyediakan sebuah lingkungan ideal yang sunyi dan sederhana yang sangat baik sekali untuk Sangha yang mempersembahkan hidup mereka terhadap praktek menanam kebajikan, meditasi dan kebijaksanaan.

Menjadi Seorang Pemimpin

Pada tahun 1994, Ajahn Jagaro mengambil sebuah cuti panjang dari Australia Barat dan melepas jubah setahun kemudian, secara tiba-tiba meninggalkan Ajahn Brahm untuk mengambil alih. Meskipun ada reservasi awal, Ajahn Brahm mengambil bagian dengan semangat dan dengan segera diundang untuk memberi pengajarannya yang humoris dan menyemangati di bagian lain di Australia dan di Asia Tenggara.

Beliau telah menjadi seorang pembicara pada konferensi Buddhis Internasional di Phnom Penh pada tahun 2002, dan pada Konferensi Global Buddhis. Beliau merupakan pemimpin konferensi keempat dari Konferensi Global Buddhis yang diadakan di Perth bulan Juni 2006. Tetapi penghargaan seperti ini tidak membuat Beliau berhenti mendedikasikan waktu dan perhatiannya terhadap orang yang sakit dan sekarat, yang di penjara atau menderita penyakit kanker, orang-orang yang berkeinginan mempelajari meditasi, dan tentu saja perkumpulan Sangha Bhikkhu di Bodhinyana.

Ajahn Brahm juga telah berpengaruh dalam membangun Biara Wanita Dhammasara di Gidgegannup di sebuah perbukitan Perth bagian timur laut untuk menjadi biara wanita yang independen secara keseluruhan, di mana orang-orang Sri Lanka berlatih. Biarawati Australia Ajahn Sr. Vayama saat ini menjadi kepala biara.

ajahn-brahm 2013 3

Pencapaian

Saat ini Ajahn Brahm adalah Kepala Biara Bodhinyana di Serpentine, Australia Barat. Direktur Kerohanian Perkumpulan Buddhis Australia Barat, Penasehat Kerohanian Perkumpulan Buddhis Victoria, Penasehat Kerohanian Perkumpulan Buddhis Australia Selatan, Pelindung kerohanian dari Persahabatan Buddhis di Singapura dan saat ini bekerjasama dengan bhikkhu dan biarawati dari seluruh tradisi Buddhis untuk memdirikan Perkumpulan Sangha Australia.

Pada Oktober 2004, Ajahn Brahm diberi penghargaan John Curtin Medal untuk visi, kepemimpinan dan pelayanannya terhadap komunitas Australia oleh Universitas Curtin. Ajahn Brahm juga menulis dua buku di antaranya Membuka Pintu Hati (Opening the Door of Your Heart) yang sebelumnya diterbitkan dengan judul ”Who Ordered This Truckload of Dung?” dan Mindfulness, Bliss and Beyond : A meditator’s Handbook.

Ratusan ceramah dari Ajahn Brahm saat ini telah tersedia secara akses gratis baik dalam format digital audio maupun video. Format ini telah diakses jutaan kali dalam setahun dan sekarang benar dikatakan bahwa hampir tidak ada orang, di manapun di dunia ini yang kelewatan sedetikpun, yang tidak mengakses dan mendengarkan ceramah dari Ajahn Brahm.

Vinkmag ad
Apakah Anda Menyukai Artikel Ini ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid

Komentar Anda

Bagaimana Pendapat Anda

sugata

“Biarlah seseorang mengorbankan hartanya, demi menyelamatkan anggota tubuhnya; Biarlah ia mengorbankan anggota tubuhnya, demi menyelamatkan hidupnya; Tetapi biarlah ia mengorbankan hartanya, anggota tubuhnya dan segalanya, meskipun juga hidupnya, demi kebenaran Dhamma” (Khuddaka Nikaya, Jataka 28/147)

Read Previous

Bocah 9 tahun, Menjadi Dosen Sejarah di Universitas

Read Next

Konsep Ketuhanan Agama Buddha

Leave a Reply

Your email address will not be published.