Jangan Abaikan Sinyal Tubuh

Pada umumnya anda pasti pernah mengalami kedutan, cegukan, atau telinga berdenging. Sayangnya, sebagian besar dari kita sering kali mengabaikan tanda-tanda tubuh tersebut. Padahal menurut Dr. Karen Wolfe, penulis buku ‘Create The Body Your Soul Desires’Mengatakan bahwa tubuh yang mengalami kedutan atau ceegukan bisa menjadi pertanda bahwa tubuh anda sedang mengalami gangguan ringan. Namun, meskipun ganguan tersebut tergolong ringan, tidak berarti anda harus mengabaikannya. Sebab, dengan memahami sinyal yang diberikan oleh tubuh diharap kita lebih peduli pada tubuh sehingga tubuh menjadi lebih sehat.

1. Kedutan
Pada kelopak mata, gerakan tak sadar yang diberikan oleh bagian tubuh anda ini menandakan bahwa tubuh anda kurang beristiahat dan tidur.Bahkan para ahli kesehatan sepakat, 99% kekejangan pada mata disebabkan karena tubuh anda didera stress dan lelah yang amat sangat. Tidak ada cara lain yang bisa diperbuat untuk menghentikan kedutan oada mata ini selain membiarkan tubuh dan mata untuk beristirahat. Mengompres mata anda dengan air hangat untuk beberapa saat juga sangat membantu.

2. Sering Menguap
Menguap tidak selalu berarti mengantuk. Menguap juga berarti sinyal dari alam bawah sadar anda bahwa tubuh anda kurang bergerak. Misalnya, anda sering berkerja hingga menghabiskan lebih dari 5 jam duduk didepan komputer. Terlalu banyak menguap bisa berarti juga bahwa oksigen didalam otak anda sedang menurun jumlahnya. Hati-hati, sebab kondisi ini bisa menyebabkan menurunkan tingkat kewaspadaan serta konsentrasi anda terhadap perkerjaan dan lingkungan disekitar anda.

3. Cegukan
Jika anda cegukan padahal anda tidak sedang makan apapun, kondisi ini menjadi signal bahwa tubuh anda sedang mengalami stress. Hal ini karena cegukan melepaskan hormon stress kedalam aliran darah, kemudian merangsang serat saraf secara berlebihan. Akibatnya, terjadi kontraksi otot taksadar yang terletak didekat pita suara sehingga menimbulkan bunyi. Cara termudah untuk meredahlan cegukan adalah dengan menelan sedikit gula pasir. Butiran gula pasir akan menstimulir ujung saraf di balik kerongkongan sehingga menghambat inpuls saraf lainnya, sehingga cegukan pun dapat reda.

4. Kaki Kram
Apakah anda sering mengalami kaki kram secara intens pada malam hari? Kaki kram merupakan sinya tubuh yang mengisyaratkan bahwa tubuh anda sedang mengalami dehidrasi (kehausan/dahaga), kekurangan kalsium dan magnesium. Untuk mengatasinya, minumlah air putih lebih banyak dari biasanya. Susu yang berkalsium tinggi juga disarankan.

Vinkmag ad
Apakah Anda Menyukai Artikel Ini ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid

Komentar Anda

Bagaimana Pendapat Anda

sugata

“Biarlah seseorang mengorbankan hartanya, demi menyelamatkan anggota tubuhnya; Biarlah ia mengorbankan anggota tubuhnya, demi menyelamatkan hidupnya; Tetapi biarlah ia mengorbankan hartanya, anggota tubuhnya dan segalanya, meskipun juga hidupnya, demi kebenaran Dhamma” (Khuddaka Nikaya, Jataka 28/147)

Read Previous

Setelah Dibakar, Vihara di Bazar Cox Kembali Beroperasi

Read Next

TIPS Mengajarkan Buddha Dhamma Pada Anak

Leave a Reply

Your email address will not be published.