DOKUMENTASI Penyerahan Bantuan & Nama Donatur Berbagi Kasih Imlek 2018

137. Bong Bui Hiong – Sambas

Diserahkan dana donatur sebesar 1 juta kepada ai Bong Bui Hiong tinggal di teluk kalong sekura. Mempunyai 2 orang anak yang mengalami gangguan mental dan bisu. Pekerjaan ai Bui Hiong tidaklah tetap, kadang bekerja apa saja yang disuruh orang sekedar untuk makan. Biaya hidup kadang mendapat belas kasih dari kerabat.

136. BONG MUI FA – SEKURA- KALIMANTAN

Diserahkan dana donatur sebear 2 juta kepada Ai Bong Moi Fa yang tinggal di sekura dengan anak dan menantunya yang merawatnya selama 5 tahun ini karena stroke. Saat ini hanya bisa berbaring di ranjang saja. Anaknya juga kondisi ekonomi tak begitu baik, hanya mengandalkan hasil tanaman sayur, dan kadang menantunya berjualan kue keliling.

135. 3 Orang di Kecamatan Sekura – Kalimantan Barat

Diserahkan dana masing-masing sebesar 1 juta kepada, 1.) Bong Khun Djun tinggal di sekura. Ia tinggal menumpang dirumah kerabat yang bekas gudang. Sudah 18 tahun ia tidak punya pekerjaan tetap, sekitar 2 tahun ini ia menderita sakit maag kronis dan pinggang.Untuk biaya hidupnya, istrinya mencari daun pakis untuk dijual. 2.) Koh Liong yang tinggal berdua dengan istrinya, tak mempunyai anak. Istrinya sendiri sakit-sakitan dan matanya sudah susah untuk melihat. Untuk kebutuhan sehari-hari Koh Liong bekerja mengambil getah karet. 3.) Tjang Kwang Tek tinggal di sekura. Ia bekerja mendorong gerobak untuk mengangkut barang, penghasilannya juga tak menentu. Hidup seorang diri dan tak bekeluarga.

134. FAM SE FUNG – Desa Bekut – Kalimantan

Diserahkan dana sebesar 1 juta kepada Fam Se Fung yang tinggal di desa Bekut Tebas. Dulunya ia bekerja sebagai tukang cat, namun akibat kecelakaan ditabrak lari saat pulang bekerja, ia mengalami kelumpuhan dan hanya bisa berbaring saja. Ia sendiri harus merawat papanya yang menderita sakit tua.

133.Chai Tet Fuk – Desa Durian, Kalimantan Barat

Diserahkan dana sebesar 1 juta kepada Chai Tet Fuk yang tinggal didesa Durian, Sambas. Pekerjaan Tet Fuk hanya sebagai pengurus kuburan kadang bila ada yang sembayang atau untuk membersihkan kubur. Memiliki 4 orang anak yang masih kecil-kecil.

132. Ai Then Miau Fung, Dusun Kubu- Kalimantan Barat

Diserahkan dana donatur sebesar 1 juta kepada Ai Then Miau Fung tinggal di dusun Kubu desa Durian, Sambas. Pekerjaan ai sebagai tukang cuci baju yang penghasilannya tidak seberapa. Ai memiliki 3 orang anak yang mengalami gangguan mental.

131. 3 Keluarga di Paloh, Kalimantan Barat

Diserahkan dana masing-masing 1 juta kepada 1.) Ng Sui Kim tinggal di lubuk dagang. Sui kim untuk biaya hidup dengan berkebun dan kadang ada kerja serabutan utk nambah biaya kebutuhan hidup. Memiliki anak yg mengalami sakit mental. 2.) Tjhai Tjan Djung tinggal di sabung subah sekarang ini kho adjung tidak bisa bekerja karena menderita sakit liver. Untuk biaya hidup istrinya membantu dengan menoreh karet yang penghasilannya juga tak menentu. 3.) Djap Bui Kian tinggal dusun purun desa malek paloh. Ai harus merawat 1 anaknya yang menderita sakit autis sejak kecil. Anak ai ada 2 yang sudah menikah penghasilan keluarga ai hanya dari kerja kebun .

130. Po Kiong, dusun Subah- Kalimantan Barat

Diserahkan dana sebesar 1 juta kepada Po Khiong yang tinggal di dusun Sabung Subah. Po Khiong tinggal seorang diri dan tidak bekeluarga, untuk biaya hidup ia menjual hasil kebunnya yang pendapatannya tak seberapa. Rumah tempat tinggalpun sudah banyak yang rusak, atapnya banyak yang bocor.

129. 3 Keluarga di Desa Paloh, Kalimantan Barat

Diserahkan dana masing-masing sebesar 1 juta kepada, 1.) Misrun tinggal dusun Purun desa malek paloh. Misrun tidak punya pekerjaan tetap, untuk membantu biaya hidup istri membantu dengan bekerja sebagai pembantu rumah tangga. 2.) Ai Jun tinggal dusun Purun desa Malek Paloh, ai saat ini tinggal sendiri suami ada baru meninggal dalam setahun ini kerja ai hanya berkebun sayur. 3.) Kho Djap Li Hong tinggal dusun purun ds malek paloh. kho li hong tdk punya keluarga hidup sendiri biaya hidup tergantung hasil laut yg tidak tetap dan saat ini tdk bisa kerja berat karna ada sakit.

128. 3 Keluarga di Dusun Purun, Kalimantan Barat

Diserahkan dana donatur masing-masing sebesar 1 juta kepada 1.) Ai Pung Siu Cu tinggal di dusun purun desa malek. Ai tinggal dengan anak dan mantu. Pekerjaan ai ini sebagai petani yg mengarap lahan milik sendiri yang tidak luas pekerjaan anak tidak punya kerja tetap kadang menangkap ikan. 2.) Sie Chung Hin, pekerjaan sebagai nelayan, penghasilan juga tidak tetap. Memiliki 4 anak yang masih kecil-kecil. 3.) Ng Ku Ku, bekerja sebagai nelayan, saat ini harus membiayai anak-anak dan orang tuanya yang menderita sakit tua.

127.

126.

125.

124.

123.

122. TIEN HUA (52 tahun) – JAMBI

Diserahkan dana donatur sebesar 1 juta kepada Tien Hua yang sehari-harinya berprofesi sebagai penjaga Kelenteng. Ia memiliki 5 anak yang masih bersekolah, dan saat ini harus membiayai mama mertuanya yang sakit-sakitan.

121. 3 orang di PANGKAL PINANG

Diserahkan dana masing-masing sebesar 1 juta kepada: 1.) Ibu Alian (36 tahun). Tinggal berdua dengan 1 anak, Suaminya sudah meninggal 2 tahun lalu karena sakit. Untuk kebutuhan hidup, berjualan empek-empek yang dititip di kantin sekolah. 2.) Ibu Ayun umur 37 tahun, menderita penyakit diabetes sejak umur 16 thn, dan penyakit ginjal. Belum bekeluarga dan tinggal bersama saudaranya. 3.) Bong Achun (70 tahun), hidup sebatang kara, tidak punya tempat tinggal, saat ini menumpang di bekas bangunan kosong.

120. Ii Asmawati / Asuan (65 tahun) – PALEMBANG

Diserahkan dana sebesar 1 juta kepada ii Asuan, yang sehari-harinya bekerja mengumpulkan barang bekas. Ia tinggal menumpang di rumah saudaranya. Sampai saat ini ia tidak berkeluarga.

119. LIAN HOA (62 tahun) – PALEMBANG

Diserahkan dana sebesar 1 juta kepada ii Lian Hoa, yang berprofesi sebagai tukang cuci baju. Namun semenjak 2 bulan ini ia tak bisa lagi bekerja karena setelah menjalani operasi katarak, penglihatannya menjadi kabur. Mempunyai 3 orang anak yang semuanya telah bekeluarga, namun juga dengan kondisi ekonomi pas-pasan saja. Hidup dibiayai oleh anak-anaknya.

118. 3 Orang di PALEMBANG

Diserahkan dana donatur masing masing sebesar 1 juta kepada: 1.) Ama Chu Bi, saat ini tinggal bersama seorang anaknya yang bekerja dengan penghasilan pas-pasan. Ama menderita sakit pada kakinya sehingga sulit untuk berdiri. 2.) Akong Siong Nga, hidup seorang diri disebuah rumah tumpangan kerabatnya. Sudah tidak bekerja lagi, untuk hidup mengharapkan pemberian kerabatnya. 3.) Cai Guan, belum menikah dan bekerja serabutan jika ada permintaan dari penduduk sekitarnya.

117. Ci Lindrawati, Ko Suparman & Ko Rendy – JAKARTA

Diserahkan dana masing-masing sebesar 1 juta kepada: 1.) Lindrawati (62 tahun), pekerjaan bikin kue. Hidup susah. Pesanan kue tdk menentu. Orderan biasanya hanya di imlek saja. Selebihnya andalkan dr anak. Sementara Anak gaji juga pas-pasan. Tanggungan anak juga banyak. 2.) Ko Suparman (53 tahun), hidup seorang diri disebuah kost dan tidak bekeluarga, untuk membiayai hidupnya ia berdagang asongan didekat sebuah sekolah. 3.) Ko Rendy (50 tahun), hidup seorang diri dan belum bekeluarga, kegiatan sehari-hari berdagang mainan anak anak di depan sekolahan SD.

116. Ko Rudy (Tan Kim Liong, 50 tahun) – JAKARTA

Diserahkan dana kepada Ko Rudy sebesar 3 juta yang berprofesi sebagai tukang tambal ban. Dana akan dibelikan sebuah motor second yang akan digunakan untuk mencari penghasilan tambahan dengan mengojek.

115. Ko Abun & Ci Ajun – JAKARTA

Diserahkan dana donatur sebesar 1 juta kepada 1.) Ko Abun, usia 75 tahun dan saat ini bekerja sebagai tenaga bantu-bantu di sebuah kost. Jika ada yang meminta bantuannya misalkan membeli sesuatu, ko Abun baru akan mendapat upah. 2. Ci Ajun (45 tahun), pekerjaan sebagai tenaga bersih-bersih pada sebuah tempat kost. Mempunyai seorang anak yang masih bersekolah.

114. 4 Keluarga – CILACAP

DIserahkan dana donatur kepada 4 keluarga di Cilacap, yaitu : 1.) Boentoro, kerja serabutan dan saat ini masih mempunyai 2 anak yang sekolah SD. 2.) Tjun Hai, dulunya bekerja membantu disebuah bengkel sepeda. Istri dan anaknya sudah meninggal dunia, saat ini hidup sendirian disebuah kontrakan sederhana dan tengah terbaring sakit. 3.) Dirman, pekerjaan sehari-hari mengumpulkan daun pisang untuk dijual. Memiliki beberapa anak yang belum bekerja semua. 4.) Ny. Liang, tinggal menumpang disebuah gudang mebel bersama seorang anaknya yang menderita autis. Saat ini ia tak bisa keman-mana karena menderita sakit pada kakinya. Hidup dari belas kasihan warga sekitarnya.

113. 5 Orang Manula – LOMBOK

Diserahkan dana donatur masing-masing sebesar 1 juta kepada: 1.) Ny. Tjiang Tjoen Liang (93 tahun), karena usia lanjutnya membuat ia menderita keropos tulang dan sulit untuk berdiri. Tinggal bersama anaknya yang juga menderita kanker payudara. 2.) Ny. Cong Ming Ngo (83 tahun) kondisi saat ini sakit-sakitan dan sulit untuk bangun dari tempat tidur. Biaya hidupnya berasal dari anak laki-lakinya yang telah bekeluarga dan dengan latar ekonomi yang juga terbatas. 3.) Ny. Asiu (94 tahun) menderita sakit-sakitan karena faktor usia, dirawat oleh anak-anaknya. Namun anak-anaknya juga dengan kondisi ekonomi terbatas. 4. Ny. Go Min Lie, hidup sebatang kara dan saat ini sudah sedikit pikun. Sempat beberapa kali hilang karena tak tau arah jalan pulang. 5.) Oma Elly, tinggal hanya berdua bersama suami yang berprofesi sebagai tukang ojek yang pendapatannya tak enentu.

112. TAN LAI ING (64 tahun) – Buleleng

Dilakukan perbaikan kepada rumah ama Tan Lai Ing (64 tahun) yang berdomisili Buleleng, Bali. Plafon yang sudah lapuk dan atap yang bocor dilakukan penggantian. Dinding yang mengelupas dilakukan perbaikan dan pengecatan ulang. Dibelikan juga satu unit parabola, karena ditempat ama ini siaran TV hanya dapat ditangkap jika memiliki parabola. Diberikan juga sembako dan obat-obatan. Total yang dikeluarkan untuk renovasi, parabola, sembako dan obat-obatan adalah sebesar 3,5 juta. Dan diberikan juga uang tunai sebesar 1,5 juta sebagai pegangan Ama yang saat ini hidup sendirian dan hanya sebagai pengumpul botol bekas air mineral Total yang disalurkan adalah sebesar 5 juta.

111. Acek GI SENG (67 tahun) & A Pung (65 tahun) – Palembang

Diserahkan dana sebear 2 juta kepada acek GI SENG (67 tahun) dan istrinya Apung (65 tahun), memiliki 5 orang anak dan sudah bekeluarga namun semua dengan kondisi ekonomi pas-pasan, kadang saja untuk mereka sendiri lagi tak cukup. Cek Giseng tinggal berdua bersama istrinya, dulu untuk memenuhi kebutuhan hidup,mereka membuat sapu lidi yang dibawa berkeliling dijual kerumah-rumah. Namun saat ini usaha tersebut tak lagi dilanjutkan, karena peminatnya benar-benar sedikit. Semoga dana ini dapat membantu kehidupan mereka berdua.

110. 3 Keluarga di Palembang

Diserahkan dana masing-masing sebesar 1 juta kepada 1.) Berry, tinggal menumpang dirumah kerabatnya. Untuk makan sehari-hari ia membuat layangan. Namun saat ini sangat jarang orang bermain layangan, sedangkan keahlian lain ia tak ada. 2.) The Kiong Nga, saat ini bekerja sebagai sopir dengan penghasilan minim. Saat ini harus membayar kontrakakn rumah yang jatuh tempo. 3.) Lin Na, memiliki 2 anak yang masih balita, suami bekerja serabutan dengan penghasilan tak tentu. Dana ini akan digunakan untuk keperluan susu anak-anaknya.

109. 5 Keluarga di JAKARTA

Diserahkan dana masing-masing sebesar 1 juta kepada : 1.) Asuk Ayung (75 tahun), saat ini tidak bekerja lagi karena kondisi kesehatannya. Menumpang tinggal dirumah saudaranya. Saudaranya juga bekerja pas-pasan. 2.) Tan Mei Cen, memiliki 3 orang anak yang sudah bekerja, namun dengan penghasilan pas-pasan, juga memiliki banyak tanggungan. Untuk jajan ai mengharapkan batuan dari gereja sebesar 100 ribu setiap bulannya. 3.) Ko A An, berusia 44 tahun. Memiliki 5 orang anak yang semuanya masih bersekolah. Ko Aan sendiri berprofesi sebagai tukang ojek pangkalan. Keluarganya tinggal di Bekasi, dan ia tinggal di Jakarta. 4.) Tan Lina, mempunyai seorang anak yang masih kecil. Sudah berpisah dengan suaminya. Sehari-hari ia bekerja menjaga anak orang. Saat ini membutuhkan dana untuk membayar kontrak rumah yang sudah jatuh tempo. 5.) Maria, mempunyai seorang anak yang masih bersekolah, namun saat ini terhenti karena ketiadaan biaya. Suaminya sendiri bekerja tak tentu, dan malah lebih banyak diam dirumah saja.

108. Ce TASYA ( 48 tahun) – JAKARTA

Diserahkan dana sebesar 2 juta kepada ce Tasya, iw sendiri memiliki sebuah toko sederhana didaerah pedemangan. Namun saat ini usahanya juga sangat sepi, kadang untuk biaya makan sehari-hari saja sudah sulit. Belum lagi ce Tasya ini semenjak muda sangat menyenangi Kucing. Ditokonya setiap hari ia menyiapkan makan untuk puluhan kucing liar. Dirumahnya juga ada belasan kucing yang ditampung. Biaya makan tersebut cukup menjadi pikiran ce Tasya saat ini. Demi memberi makan kucingnya, ia rela setiap hari menyambi jadi tukang ojek. Apa lagi jika ada kucingnya yang sakit, atau mengalami kecelakaan. Ce tasya tak segan untuk segera membawanya ke dokter hewan. Semoga bantuan ini dapat bermanfaat untuk ce Tasya dan para kucing liar tersebut.

107. Ama LIE SIEN CIU (77 tahun) – Palembang

Diserahkan dana sebesar 1 juta kepada ama Lie Sien Ciu, saat ini ama tinggal dengan anak perempuannya yang mencari nafkah dengan menerima upah menjahit. Ama dulunya membantu dengan cara mengumpulkan plastik bekas air mineral. Cuma saat ini tak dapat dilakukannya lagi karena kondisi kesehatan yang sudah kurang baik.

106. KHO ON NUEK (63 tahun) – Palembang

Diserahkan dana sebesar 1 juta kepada ai On Nuek yang sehari-harinya bekerja sebagai buruh cuci baju. Ia telah berpisah lama dengan suaminya. Memiliki 5 anak yang semuanya juga dengan kondisi ekonomi sederhana. Rumah saat ini yang ditinggali adalah tumpangan dari seorang kerabatnya.

105. KHO BIEN NA (83 tahun) – Palembang

Diserahkan dana sebesar 1 juta kepada ama Bien Na yang saat ini tengah sakit. Awalnya ama menderita benjolan didekat lehernya. Setelah diperiksakan ke dokter dan dilakukan berbagai pemeriksaan lab, dinyatakan ama menderita kanker kulit. Mengingat usianya, anak-anaknya memutuskan untuk diobati secara tradisional. Semua anak-anaknya juga dengan tingkat ekonomi yang sederhana.

104. Theng A Mui (54 tahun)

Diserahkan dana sebesar 1 juta kepada ai A mui, ia dulunya bekerja mencuci baju. Namun sekarang menjadi penjaja cakkwe keliling. Cakkwe tidak dibuat sendiri,namun menjualkan punya tetangganya. Penghasilan tak menentu berkisar 20 sampai 30 ribu perhari. Mengumnpulkan uang untuk dapat membayar sewa rumah sebesar 5.5 juta setiap tahunnya. Suami tak bekerja karena masalah penglihatan yang rabun, sudah pernah menjalani operasi katarak namun tetap tidak ada perubahan. Mempunyai anak laki-laki yang membantu ekonomi keluarga dengan bekerja sebagai buruh di pasar.

103. A GUT (72 tahun) – Palembang

Diserahkan dana sebesar 1 juta kepada ama A GUT, yang tinggal menumpang dirumah saudaranya yang juga dengan ekonomi pas-pasan. Ama tidak menikah, dan saat ini bekerja mencuci baju dengan bayaran 150 ribu per bulan.

102. CIA MEI HOU (55 tahun) – Palembang

Diserahkan dana sebesar 1 juta kepada ai Mei Hou yang sehari harinya bekerja sebagai pencuci baju. Memiliki 5 anak, 2 sudah bekeluarga dengan ekonomi pas-pasan. 3 anak yang lain masih menjadi tanggungan ai,karena belum bekerja. Ia mempunyai suami yang saat ini tak bisa bekerja karena kondisi tubuh yang lemah setelah mengalami musibah ditusuk perutnya dengan pisau oleh orang tak dikenal.

101. KHO BUN SAN (60 tahun) – Palembang

Diserahkan dana sebesar 1 juta kepada acek Bun San, ia sehari-hari bekerja membantu bersih bersih dikelenteng. Belum setahun ini, istrinya meninggal dunia karena kanker. Lalu disusul juga oleh anak laki-lakinya yang meninggal karena sakit. Saat ini satu putranya yang lain dijebloskan ke penjara karena tertangkap mengkonsumsi narkoba. Acek sangat terpukul dengan rentetan peristiwa duka ini. Saat ini ia tinggal bversama putranya yang lain, yang menderita gangguan mental.

100. Asuk LIONG LE (55 tahun) – Palembang

Diserahkan dana donatur sebesar 1 juta kepada asuk Liong Le. Saat ini ia mencari nafkah sebagai penjaja kopi bubuk keliling. Mengontrak sebuah kamar kost sempit dengan bayaran 150 ribu per minggu. Dulunya ia adalah seorang pengusaha yang cukup sukses, namun semuanya itu lenyap dalam waktu singkat. Ia saat ini hidup seorang diri, sempat bekeluarga namun istri dan anaknya telah pergi entah kemana.

99. Jue Lei Kuan (63 tahun) – Palembang

Diserahkan dana sebesar 1 juta kepada ai Akuan, ia tinggal bersama suaminya dan seorang anaknya. Untuk biaya hidup si ai berjualan es bungkus didepan rumahnya. Suami sendiri tak bekerja lagi karena kondisi kesehatan yang buruk, anaknya juga saat ini belum bekerja. Setiap bulan harus membayar sewa rumah bsebesar 400 ribu. Semoga dana bantuan ini dapat sedikit membantu ai kuan, terutama menghadapi moment imlek kali ini.

98. Cong Hua Cie (66 tahun) – Surabaya

Diserahkan dana sebesar 1 juta kepada asuk Cong yang tinggal seorang diri karena telah berpisah dengan istri. Asuk tinggal disebuah kontrakkan, dan untuk mencari nafkah ia berjualan kopi di pinggir jalan. Kondisi kesehatannya saat ini juga sering sakit-sakitan.

97. Tiga Saudara Marga Lim – Palembang

Diserahkan dana sebesar 2 juta kepada 3 bersaudara yaitu Lim Acu, Lim Cin Heng dan Lim A Cui, yang tinggal bersama dalam satu rumah. Saudara perempuan bekerja sebagai pencuci baju dengan penghasilan 300 ribuan perbulan. Sedangkan yang laki-laki bekerja serabutan jika disuruh tetangga melakukan sesuatu. Kondisi kesehatan mereka juga kurang baik. Difoto yang tengah adalah Lim Cin Heng yang baru saja sembuh dan keluar dari rumah sakit karena sakit paru-paru.

96. Yap So Kui (45 tahun) – Palembang

Diserahkan dana sebesar 1 juta kepada Yap Sokui, yang merupakan seorang single parent yang harus membiayai 2 anaknya yang masih bersekolah di SMP. Sehari-hari ia bekerja semenjak fajar hingga malam hari. Pagi hari dimulai menjajakan tahu berkeliling, siang hari ia menjajakan roti, dan malam hari ia membuat dagangan seperti pop corn yang dikemas untuk dititipkan di kantin.

95. Liauw Men Kwet (82 tahun) – Palembang

Diserahkan dana sebesar 1 juta kepada asuk Men Kiet yang tinggal bersama istri dan seorang putrinya. Asuk sendiri memiliki 4 orang anak, namun beberapa merantau kekota lain dan jarang memberi kabar. Untuk biaya hidup, asuk mengambil keripik dari produsen untuk dititpkan di warung-warung sekitar rumahnya.

94. Yu Kim Hok (46 tahun) – Palembang

Diserahkan dana sebesar 1 juta kepada Yu Kim Hok, ia belum bekeluarga dan tinggal seorang diri disebuah rumah kontrakkan. Untuk memenuhi biaya hidup, ia bekerja serabutan sebagai tukang. Namun penghasilan tak menentu, seperti yang ia ceritakan kadang ia bekerja dan dibayar hanya 50 ribu untuk satu minggu.

93. Ng Ken Li (45 tahun) – Palembang

Diserahkan dana sebesar 1 juta kepada Ken Li. Ia tidak menikah dan tak mempunyai sanak saudara. Dulu ia tinggal berdua dengan mamanya, namun baru 2 bulan yang lalu mamanya meninggal dunia karena sakit. Saat ini ia tinggal menumpang dihalaman rumah orang karena belum mampu menyewa sebuah rumah. Ia juga tak punya pekerjaan tetap. Semoga dana ini bisa bermanfaat bagi dirinya, dan segera menemukan langkah kedepannya.

92. Tan Bi Eng (66 tahun) – Singaraja

Dibelikan sebuah TV ukuran 24 inchi dan satu unit parabola untuk ama Tan Bi Eng (66 tahun) seharga 2,4 juta. Didaerah ama yaitu Singaraja siaran TV harus menggunakan parabola. Ama sendiri tidak menikah dan tinggal seorang diri. Untuk membiayai hidup ama bekerja serabutan seperti membantu membuat kue atau menjahit baju. Diharapkan televisi ini dapat menjadi teman ama mengisi hari-harinya.

91. Ama Tjung Ngiat Ngo (79 tahun) – Palembang

elah dilakukan perbaikan untuk rumah Ama Tjung Ngiat Ngo (79 tahun) yang tinggal berdua bersama anak perempuannya yang bernama Enny (55 tahun) didaerah Bukit, Palembang. Perbaikan meliputi penggantian atap genting yang pecah, penggantian plafon yang jebol karena basah dan pengecatan bagian dalam rumah. Foto-foto sebelum dilakukan perbaikan dapat dilihat padad link berikut: https://www.facebook.com/segenggamdaun/posts/1579475932144124 .  Untuk pembelian bahan dan upah tukang dan transport sebesar 4 juta. Dibelikan juga sebuah TV LED 24 inchi bagi ama seharga 1,4 juta, agar ama sehari-hari ada hiburan mengisi waktunya. Dibelikan juga 2 buah kasur busa dan sebuah kipas angin, berikut ongkos kirim sebesar 1 juta. DIberikan juga dana donatur sebesar 1 juta kepada ama. Ama sangat senang sekali dengan situasi rumahnya paska perbaikan. Ama menitipkan salam untuk semua donatur semoga panjang umur dan murah rejekinya.

90. Bapak Poo Than & Lang Ming – SURABAYA

Diserahkan dana donatur masing-masing sebesar 1 juta kepada: 1.) Bapak Rudi Budi (Tan Poo Than, 61 tahun), ia tidak menikah dan tinggal sendirian. Saat ini ia tidak bekerja, hanya membantu bersih-bersih di sebuah Vihara. 2.) Lang Ming (52 tahun), berprofesi sebagai penarik becak. Namun saat ini penghasilan sudah jauh menurun, sehari kadang-kadang cuma mendapat 10 ribu saja. Ia sudah berpisah dengan istrinya 8 tahun yang lalu.

89. KHO TIA SENG – Jambi

Diserahkan dana donatur sebesar 1 juta kepada Kho Tia Seng, ia sehari-hari bekerja membantu bersih-bersih dikelenteng. Istrinya sudah meninggal dunia, memiliki sepasang anak kembar, namun satunya menderita gangguan mental. Saat ini ia menderita diabetes, bagian kakinya juga nampak borok.

88. TAN LIEN HWA (61 tahun) – BULELENG

Diserahkan bantuan donatur sebesar 1juta kepada ama Tan Lien Hwa, ia tinggal seorang diri disebuah rumah sederhana yang dipinjamkan oleh kerabatnya. Tidak menikah, dan saat ini untuk mencukupi kebutuhan hidup ia bekerja membantu disebuah warung kopi.

87. 3 Keluarga di PANGKAL PINANG

Diserahkan dana bantuan masing-masing sebesar 1 juta kepada: 1.) Chin Jian Tet (61 tahun) tinggal di sigambir, beliau hidup seorang diri dan tak bekeluarga. Saat ini kondisi kesehatan juga kurang baik, biasanya bekerja serabutan jika dimintai tolong apa saja oleh kerabatnya. 2.) Yowen (38 tahun) tinggal di merawang. Menderita asam lambung dan vertigo kronik, inilah yang menyebabkan ia tak dapat bekerja berat. Vertigonya menyebabkan ia seperti dalam kondisi mabuk dan mau pingsan, ditambah maagnya yang sering kumat. Memiliki 2 anak yg masih bersekolah, untuk biaya hidup saat ini usaha rumahan bikin keripik singkong, namun penjualannya juga tak terlalu banyak. 3.) Bong Tet Cin (67 tahun) dan istrinya Yenny (60 tahun), menderita sakit radang sendi sudah beberapa tahun, kalau berjalan harus pelan dan berpegangan dan kakinya saat ini agak bengkok. Istrinya terkena stroke 3 tahun lalu, dan sampai saat ini kondisi juga belum pulih. Tinggal bersama anak tunggalnya yang berjualan sayur keliling untuk membiayai kebutuhan sehari-hari.

86. MEMEY (55 tahun) – JAKARTA

Diserahkan dana donatur sebesar 1 juta kepada cik Memey, ia sehari-haribekerja membantu orang berjualan asongan di Ancol. Ia memiliki 2 anak yang masih bersekolah, suaminya sendiri telah meninggal dunia. Dana yang diberikan akan digunakan sebagai modal untuk berjualan mainan seperti balon gas yang akan dijual didaerah Ancol. Semoga sukses cik Memey..

85. Ong Jih (50 tahun) – Tanggerang

Bp. Ongjih (50th) tinggal disebuah rumah berdinding gedek yang berukuran sangat kecil dan sangat tidak layak huni, dan akibat cuaca yang kurang bersahabat rumahnya sekarang sudah roboh akibat tiupan angin kencang. Saat ini bp. Ongjih mengungsi menumpang tinggal ditempat pengepul barang bekas dekat rumahnya. Bp.Ongjih sudah tidak memiliki orangtua, ia juga tidak menikah. Biaya hidup sehari-hari ia bekerja serabutan dengan penghasilan tidak tetap,hanya jika ada yang meminta bantuannya. Pendidikan Bp.ongjih hanya sekolah sampai kelas 2 SD.

84. Oey Un Jih (81 tahun) – Tanggerang

Bp. Oey un jih (81th) tidak ada penghasilan,istrinya telah meninggal dunia sekitar 5 tahun lalu karena sakit maag kronis. Bp.Unjih memiliki 8 orang anak terdiri dari 5 anak perempuan dan 3 anak laki-laki, 2 anak perempuannya pun sudah meninggal dunia, yang satu di gigit ular belang saat menimba air disumur dan satunya meninggal karena sakit paru-paru (anak ke 4 dan ke 5). Saat ini biaya hidup sehari-hari Bp. Un Jih diperoleh dari penghasilan anaknya yang bekerja sebagai asisten rumah tangga.

83. Liem Pungut (60 tahun) – Tanggerang

Bp.Liem Pungut (60 tahun) sudah tidak bekerja,tinggal dirumah bersama istrinya bernama ibu The bin nio (57th) yang berjualan kecil-kecilan (minuman ringan dan snack) dengan penghasilan tidak menentu. Mereka memiliki 7 orang anak, 6anak perempuan dan 1 anak laki-laki yang sudah berumah tangga semua dan sudah tidak tinggal bersama mereka lagi. Bapak Pungut mengalami sakit stroke yang mengakibatkan saraf matanya tidak bisa melihat sekitar 1 tahun lalu dan saat ini hanya berobat ala kadarnya saja jika ada uang ke klinik terdekat dari rumahnya. Semua anak-anaknya juga dengan latar ekonomi susah.

82. Ibu E Wah (50 tahun) – Tanggerang

Diserahkan dana donatur sebesar 1 juta kepada Ibu Ewah (50 tahun) yang berdomisili di kampung Barengkok. Ibu Ewah sudah ditinggal suaminya 2 tahun lalu (meninggal dunia) dan ibu ewah memiliki 4 orang anak, yg berusia: 25thn,23thn,18thn,15thn. Yang satu sudah menikah dan yang 1 lagi memiliki keterbelakngan mental, 2 anak lagi hanya di rumah itu pun yang 2 anak tidak sampai lulus smp karena tidak memiliki biaya untuk melanjutkan sekolah. Ibu Ewah tidak bekerja,hanya sebagai ibu rumah tangga, untuk biaya sehari-hari dibantu dari penghasilan anaknya yang bekerja di bengkel dengan upah 50 ribu/perhari. Saat ini ibu Ewah tinggal di rumah peninggalan suaminya. Uang dana akan digunakan untuk kebutuhan sehari-hari dan berobat anaknya yang memiliki ke terbelakangan mental.

81. Ai ACIN (58 tahun) – BANGKA

Diserahkan dana donatur sebesar 1 juta kepada Ai Acin berumur 58 tahun, suaminya sudah meninggal 3 tahun yang lalu karena sakit. Ai saat ini tinggal bersama putra tunggal mereka disebuah rumah yang boleh dikatakan sebuah gubuk reyot menumpang tanah seorang kerabatnya, tanpa listrik dan air. Untung putra ai tersebut bekerja sebagai kuli bangunan, sehingga masih bisa membeli makan sehari-hari.

80. APO (48 tahun) – MEDAN

Diserahkan dana donatur sebesar 1 juta kepada APO yang menderita kanker Rahim, dulunya ia bekerja mengambil upahan cuci baju. Semenjak didiagnosa kanker, ia tak dapat bekerja lagi karena kondisi tubuh yang lemah. Suaminya juga saat ini tidak bekerja, karena waktunya habis untuk mengurus istrinya yang bolak balik ke rumah sakit. Memiliki 2 anak, satu sudah bekerja dan satunya masih sekolah SMA.

79. BUN LIAN KONG (77 tahun) – SUNGAI LIAT

Diserahkan dana donatur sebesar 2 juta kepada Bun Lian Kong berusia 77 tahun, sedangkan disebelahnya adalah istrinya yang bernama Hiong Nie berusia 77 tahun. Mereka berdua tinggal di kampung Lubuk Kelik, Sungai Liat. Mereka berdua tidak memiliki anak dan tinggal berdua saja. Asuk Bun sudah 9 tahun ini terkena stroke, sehingga otomatis ia hanya dapat terbaring saja dirumahnya. Dulunya asuk Bun mencari nafkah dengan menjual sayuran di pasar pagi dari hasil kebunnya, namun itu terhenti semenjak ia terkena stroke. Semenjak itu untuk makan mereka mengharapkan bantuan beras Raskin dari pemerintah dan pemberian dari warga sekitar.

78. SIM KHIE KONG – Palembang

Diserahkan dana donatur sebesar 1 juta kepada Sim Khie Kong alias Kosim Abu. Lahir tahun 1939. Istri nya bernama Lie Khiun Phien lahir thn 1942. Mempunyai 4 orang anak. Saat ini karena usianya hanya berdiam dirumah saja bersama istrinya. Anak-anaknya bekerja dengan penghasilan yang minim, belum lagi telah mempunyai beberapa anak. Tiap bulan mereka juga dapat dana bantuan beras dari gereja. Juga bila ada baju baju bekas dari sesama umat yang masih layak di pakai

77. 13 Keluarga di SAMBAS- KALIMANTAN BARAT

Diserahkan dana donatur masing-masing sebesar 1 juta kepada 13 keluarga Tionghoa yang hidup kekurangan di Sambas yaitu sebuah kabupaten di Kalimantan Barat. Dari kiri atas ke kanan bawah: 1.) Iwan, tinggal dengan saudara nya yang sudah tak memiliki orang tua. Untuk biaya hidup, menanam sayur diperkarangan rumah dan dijual jika panen. 2.) Ai Go Pek KI, dulu berjualan sayur masak keliling, sekarang tidak bisa lagi karena sakit pada kakinya. Ai tidak menikah dan tinggal seorang diri dirumah warisan. 3.) Ama, masih berusia belasan tahun, namun menjadi tulang punggung keluarga dengan bekerja mencuci baju tetangga. Merawat dan membiayai orang tuanya yang sakit-sakitan. 4.) Djon Tjun Lin, tidak bekerja karena sakit-sakitan. Tinggal disebuah rumah pinjaman kerabatnya. Biaya makan dari menantu yang bekerja membantu orang berjualan bakmi. 5.) Lie Moy, lansia yang tinggal dengan anak menantu yang juga ekonominya susah. 6.) Lie Mei Kian, asuk tinggal bersama anak menantu, saat ini hanya dirumah saja karena kondisi kesehatan. Ekonomi anaknya juga kurang baik. 7.) Ama Tjong Djiu Hong, lansia yang berasal dari keluarga ekonomi susah. 8.) Ai Tjhong Tjiu Ngo, tinggal menumpang di rumah kerabat. Tidak bekerja karena mengalami gangguan pendengaran dan penglihatan. 9.) Ai Phang Nyong Moi, menderita sakit pada kakinya, sehinggasusah untuk berdiri. Dirawat anaknya yang bekerja dengan ekonomi minim. 10.) Ai Djap Miau Lan, tinggal seorang diri dan tidak bekeluarga disebuah lahan milik kerabatnya. Sehari-hari bekerja mengolah kelapa untuk dijadikan minyak kelapa. 11.) Wati, memili 4 anak yang masih kecil-kecil. Suaminya sendiri saat ini tengah menganggur. 12.) Tjai Kim Fat, tinggal menumpang dan dibiayai oleh saudaranya yang berprofesi sebagai nelayan. Tidak bekerja karena kondisi kesehatan. 13.) Ai Tjhin Djiu Moi, ai tinggal seorang diri, untuk biaya hidup menjual sayuran masak yang dibawa berkeliling kerumah-rumah.

76. Ai AKUN & Asuk Apauw – SUNGAI LIAT

Diserahkan dana sebesar 1 juta kepada 1.) Ai Akun, ai tinggal di kampung jelitik, berumur 62 th. Suami ai sendiri sudah meninggal 8 tahun yang lalu. Saat ini ai tinggal bersama anak perempuannya yang belum menikah dan tak bekerja. Untuk keperluan makan sehari-hari, ai mendapatkan bantuan beras dari pemerintah. Selain itu untuk mencukupi kebutuhan mereka, ai kadang menerima pekerjaan serabutan seperti memberi makan ternak atau memotong rumput dari tetangganya. 2.) Pit Cun Paw (60 tahun) . Suk Apaw tinggal di kampung Air Kenanga. Ia tidak menikah, dan tinggal bersama kakak laki-lakinya yang juga tidak menikah di rumah peninggalan orang tua mereka. Tidak mempunyai pekerjaan tetap, hanya bekerja serabutan jika diminta para tetangga melakukan sesuatu.

75. 5 Keluarga – JAKARTA

Diserahkan dana sebesar 1 juta kepada 1.) Akong (56 tahun), pekerjaan sehari-hari bantu-bantu sebagai pesuruh disebuah kost bersama istrinya. Misal disuruh beli rokok, disuruh nyuci, dan sejenisnya. Penghasilannya tak menentu tergantung keiklasan yang menyuruh saja. 2.) Yap Susi (52 tahun), bekerja menjaga toko. Tak bekeluarga, dan dengan penghasilannya yang pas-pasan, ia harus membiayai orang tua dan adiknya. 3.) Ko Atet (56 tahun), tak punya pekerjaan tetap, menumpang tinggal bersama cicinya yang membuka toko sembako kecil-kecilan. 4.) Cu Kim Hok (56 tahun), pekerjaan sehari-hari sebagai tukang ojek pangkalan. Barusan ini mengalami kecelakaan sehinga harus beristirahat lama. Memiliki 4 anak yang masih kecil-kecil. 5.) Ko A Sen (59 tahun), hidup sendirian. Istrinya sudah pergi meninggalkan dirinya karena masalah ekonomi. Saat ini berjualan kopi di pinggir jalan. Semoga dana dapat membantu ko Asen menambah modal dagangannya.

74. Lai Djan Cu (48 tahun) – Palembang

Diserahkan dana sebesar 1 juta kepada Lai Djan Cu (48 tahun), adalah seorang janda dengan 2 orang anak. Selain membiayai anaknya ia juga harus merawat mamanya yang sudah tua. Sehari-hari ia bekerja mencuci piring disebuah rumah makan dengan pendapatan berkisar 20 ribu perharinya.

73. 5 Keluarga  di MEDAN

Diserahkan dana masing-masing sebesar 1 juta kepada beberapa keluarga di Medan, ada yang tak berfoto dengan kertas karena teman kami begitu sampai di lokasi kertas untuk berfotonya tertinggal dan lokasinya sangat jauh. 1.) Li Cien (35 tahun) memiliki 4 anak yang saat ini semuanya lagi sakit bergilir. Dulunya tinggal di Jakarta, namun baru beberapa bulan ini kembali ke Medan karena usaha suaminya jatuh. 2.) Abun (70 tahun) , memiliki seorang istri yang menderita gangguan jiwa. Tidak mempunyai anak. Saat ini pekerjaan hanya meminta-minta kepada yang iba. 3.) Wili Salim (59 thn) tidak menikah. Dulunya ia tinggal bersama kedua kakaknya yang juga tidak menikah, tapi semenjak kedua kakak nya itu meninggal karena sakit, Wili Salim sekarang tinggal sendiri di rumah warisan orang tua mereka. Sekarang Wili Salim bertahan hidup dengan uang 500 ribu / bulan bantuan dari Tzu Chi. Wili Salim tidak pernah memasak di rumah karena dia tidak berani pakai kompor gas. Dia takut gas bocor & rumahnya terbakar, jadi setiap hari dia hanya makan biscuit dan roti saja. 4.) Ciak Lo (62 tahun), dulunya acek ini berjualan es krim keliling sekarang udah tidak lagi karena sering sakit-sakitan. 5.) Goh Bi Cuh (81 tahun) tinggal di sebuah rumah sewa bersama anak laki-lakinya yang tidak bekerja. Ai ini untuk berjalan pun susah dan harus berpegangan pada kursi. Untuk makan nasi pun menunggu tetangga yang memberi.

72. Acek Lim Men Cai (70 tahun) – Palembang

DIserahkan dana kepada Asuk Lim Man Cui yang berumur 70 tahun, mempunyai 2 anak yang sudah bekeluarga dengan beberapa cucu. Ekonomi anak-anak juga tak terlalu baik. Untuk menopang biaya hidup,istri asuk yang bernama A lai bekerja membungkus tahu dengan penghasilan sekitar 20 ribu per harinya. Asuk juga tak dapat bekerja lagi karena kondisi fisiknya yang sering sakit. Kondisi rumah juga memprihatinkan karena selalu banjir disebabkan air tanah yang merembes di lantai rumahnya.

71. Asuk Theng Cien Kiet (67 tahun) – Palembang

Diserahkan dana sebesar 1 juta kepada asuk Cen Kiet yang sehari-harinya bekerja membangtu serabutan di kelenteng. Memiliki 5 orang anak, 3 sudah bekeluarga dan 2 orang masih tinggal dengannya. Ekonomi keluarga anak-anaknya juga pas-pasan. Semoga bantuan ini dapat sedikit membantu asuk merayakan imlek tahun ini.

70. HENDRY (38 tahun) – Palembang

Hendri dulunya adalah seorang karyawan di bagian gudang pada sebuah perusahaan distributor. Namun suatu hari ia tak sengaja tertimpa besi yang jatuh mengenai belakang kepalanya. Semenjak itu ia mengalami masalah pada syaraf geraknya. Namun ia berusaha untuk tetap bekerja dan berangkat menggunakan motor. Namun suatu hari ia mengalami kecelakaan. Dan saat kondisinya mulai membaik, ia kembali terserang stroke. Hendry pernah menikah dan memiliki seorang putri yang saat ini mungkin berusia 7 tahunan. Namun semenjak Hendry terkena stroke, istrinya tak pernah pulang dan Hendry sendiri diantarkan kerumah mamanya. Dengan anaknya pun Hendry tak pernah berjumpa beberapa tahun ini karena putus kontak. Hendry saat ini dirawat mamanya, untuk biaya hidup untungnya ada adiknya yang bekerja sebagai tenaga kebersihan di sebuah sekolah.

69. CHANG KING SAN (55 tahun) – Palembang

Tinggal di sebuah gubuk reyot yang sudah bocor dimana-mana ditengah sebuah kebun. Tanpa air dan listrik, jika malam ia hanya menggunakan sebuah lampu teplok. Untuk mandi ia menuju sebuah sungai kecil didekat sana. Gubuknya juga bocor dihampir seluruh bagian. Makan juga katanya ia hanya mengambil tanaman yang tumbuh didekat tinggalnya, kadang juga menunggu pemberian orang yang kasihan padanya. Saat ditanya mengapa tak bekerja, sedangkan kondisi fisik nampaknya masih memungkinkan, ia menjawab bahwa ia merasa mudah lelah dan tak kuat untuk bekerja. Sehinggah sebagian besar waktunya hanya dihabiskan dengan tidur saja.

68. YAP A LIEN (67 tahun) – Palembang

Berdomisili di jalan Sekip Madang Palembang. Ia tinggal bersama seorang anak laki-lakinya yang sudah berusia 30 tahun lebih, namun tak bekerja. Ai ini sudah ditinggal suaminya dua tahun yang lalu. Untuk makan sehari-harinya mengharapkan pemberian dari para tetangga yang merasa kasihan pada mereka. Listrik dan air juga diberi oleh para tetangga.

67. FAN BOK (73 tahun) – Palembang

Asuk ini tinggal bersama seorang putrinya, ia saat ini sudah tak bisa berdiri dan terpaksa menghabiskan waktunya di kursi saja. Untuk biaya hidup anaknya menjadi pemulung mengumpulkan botol dan plastik bekas yang nantinya dijual jika sudah banyak. Asuk juga membutuhkan biaya untuk membeli obat darah tinggi dan kolestrolnya.

66. THENG GIOK SUI (76 tahun) – Palembang

Mungkin karena usia, ama A sui agak sulit untuk berjalan. Ia memiliki beberapa anak yang bekerja, namun semua sudah memiliki banyak tanggungan. Semoga dana Imlek ini dapat bermanfaat bagi ama.

65. AGUSCIK (48 tahun) – Palembang

Aguscik memiliki seorang istri yang saat ini menderita lumpuh, dan 2 anak yang masih sekolah. Ia juga harus merawat mamanya yang sudah berusia lanjut. Sehari-hari ia bekerja sebagai buruh di tempat isi ulang air gallon.

64. A MEN ( 42 tahun) – Palembang

Amen sehari-hari berjualan tahu keliling. Ia tinggal berdua dengan istrinya, mereka sudah menikah belasan tahun namun belum dikaruniai anak. Aemen seorang yang ulet, mau bekerja apa saja. Ia juga mempunyai seorang mama yang sakit dan dirawat dirumah kakaknya.

63. Ai Anyuk (72 tahun) – Palembang

Ai Anyuk tinggal bersama anaknya yang bekerja menjaga toko dengan pendapatan yang pas-pasan. Apalagi dengan 2 anak yang masih bersekolah. Ai sendiri tak bekerja, untuk menisi waktu ia sering membantu kegiatan di sebuah Vihara didekat tempat tinggalnya.

62. LIM A KIM (67 tahun) – Palembang 

Acek A Kim adalah penjual pempek sagu dengan menggunakan keranjang di Palembang. Setiap hari ini berkeliling mulai pukul 7 pagi sampai malam hari. Sebiji pempek ia mendapat keuntungan 500 rupiah. Dalam sehari ia bisa menjual sekitar 50 buah pempek. Tinggal bersama anak laki-lakinya yang bekerja sebagai kuli bangunan.

61. CHEN FAN CIEH / TAMSIR HENDRA (81 tahun) – Palembang

Dulu asuk bekerja berjualan kue Jongkong berkeliling dengan menggunakan sepeda. Namun sudah beberapa tahun ini tidak bisa dilakukan lagi karena kondisi kesehatan dan kakinya yang tak kuat berjalan jauh. Ia tinggal bersama dengan istri dan anak perempuannya yang telah menjanda dan 2 cucunya yang masih bersekolah.

60. Ama NG LIAN (80 tahun) – Palembang

Ama Ng Lian yang tinggal berdua dengan cucunya yang mengalami gangguan mental. Dulunya ama ini berjualan pempek keliling, namun sekarang tak bisa dilakukan lagi karena kondisi kesehatannya. Ia memiliki 3 orang anak yang merantau, namun jarang memberi kabar. Biaya hidup menunggu kiriman dari anaknya yang tak pasti.

59. CHU GUN HUA (59 tahun) – Palembang

Ai AHua tinggal menyewa sebuah kamar di sebuah tempat pembuatan tahu. Setiap hari berjualan sayur petai keliling. Anak 2 orang masih sekolah. Pendapatan digunakan untuk biaya hidup dan membiayai anak sekolah. Suami pengangguran dan tidak bekerja.

58. Asuk CANG CHIN SUI (70 tahun) – Palembang

Asuk ini berprofesi sebagai tukang urut panggilan, pendapatannya tak menentu. Jika ada yang menggunakan jasanya, ia akan mendapat bayaran. Dia sendiri tak memasang tarif, orang membayarnya sukarela saja. Tinggal bersama anak perempuannya yang menjanda dengan 3 cucu.

57. Asuk A ON (83 tahun) – Palembang

Tinggal disebuah rumah kontrakan bersama seorang anaknya yang belum menikah. Asuk punya seorang anak perempuan lagi, namun saat ini menderita depresi dan diharuskan tinggal di RS Jiwa. Untuk biaya hidupnya, anak asuk membuat kue Gethuk dan dijual berkeliling. Kondisi kesehatan asuk juga sudah kurang baik, asuk tak bisa berdiri atau berjalan jauh. Dan kondisi penglihatan juga sudah rabun.

56. LIM TJHUN TJU (51 tahun) – Palembang

Tidak mempunyai pekerjaan dan tidak bekeluarga. Ia tinggal bersama seorang kakaknya yang juga tidak bekeluarga. Kakaknya bekerja dipasar serabutan.

55. AUW BIE LING (75 tahun) – Palembang

Ai ini sudah berpuluh tahun mengidap penyakit diabetes. Harus merawat seorang suami yang terkena stroke, dan juga merawat kakaknya yang menderita penyakit TBC. Biaya hidup berasal dari menantunya yang bekerja di sebuah bengkel.

54. YANG YU LEN (40 tahun) – Palembang

Memiliki seorang anak yang masih sekolah SMP swasta. Untuk uang sekolah sendiri setiap bulan harus membayar 300 ribu. Suami bekerja sebagai tukang bersih ikan di pasar dengan penghasilan tak menentu.

53. LIM PONG PONG (37 tahun) – Palembang

Memiliki 3 orang anak yang masih bersekolah, suaminya sendiri bekerja di sebuah toko obat dengan penghasilan kisaran 30 ribu per harinya. Mengontrak sebuah rumah dengan biaya 600 ribu setiap bulan.

52. YANG KUI HUA (60 tahun) – Palembang

Sehari-hari ai ini bekerja membuat kue untuk dijual berkeliling. Ia mempunyai suami yang bekerja sebagai tukang sapu. Tinggal disebuah kontrakan dengan bayaran 600 ribu setiap bulannya. Memiliki 2 anak, namun ke 2 nya menderita gangguan mental.

51. Ce SURYANI (65 tahun) – Palembang

Diserahkan dana donatur sebesar 2 juta kepada ci Suryani yang telah menderita stroke selama lebih dari 15 tahun. Mungkin ada 4 tahunan yang bener bener di tempat tidur. Sekarang sudah agak mendingan, sudah bisa berjalan pelan meski pakai tongkat. Bisa berbicara meski masih kaku. Tangan sebelah kiri bisa gerak, tangan sebelah kanan gak bisa. Dulunya ia adalah seorang guru mandarin, sering memberi kursus untuk anak-anak di Vihara. Ia juga termasuk aktif membantu di Viharanya dulu. Saat ini ia tak bekeluarga, untuk hidup biasanya mendapatkan bantuan dari adiknya. Tapi saat ini adiknya juga terkena stroke.

50. LE HONG (72 tahun) – Palembang

Ai ini tinggal berdua dengan anak perempuannya yang tak menikah. Anaknya menjadi tulang punggung mencari nafkah untuk membiayai mamanya yang sering sakit-sakitan. Bekerja membungkus tahu dengan pendapatan berkisar 20 – 30 ribu setiap harinya. Untuk rumah sendiri mendapatkan tumpangan dari seorang familinya.

49. GI NIO (75 tahun) – Palembang

Tinggal bersama dua cucunya. Saat ini si encim menderita sakit pada perutnya yang membesar dan keras. Belum diperiksakan ke dokter. Anaknya merantau, namun jarang memberi kabar. Untuk membiayai cucunya si encim membuat kue bongkol yang dijajakannya sendiri setiap hari berkeliling dari kampung ke kampung. Untuk rumah kontraknya sangat memprihatinkan, dalam posisi duduk saja kepala kita hampir menyentuh plafonnya. Sehari si encim maksimal bisa mendapat untung 20 ribu rupiah. Perbulan biaya sewa dan listri yang harus dibayar sudah 300 ribuan.

48. KHENG GAO (74 tahun) – Palembang

Ama Kheng Gao saat ini selain menderita sakit pikun, ia juga tak bisa berdiri dan banyak bergerak. Memiliki seorang anak yang menderita kelainan mental. Untuk makan dan lainnya, banyak dibantu oleh tetangganya.

47. LIAU GIOK LAM (70 tahun) – Palembang

Di usianya yang telah 70 tahun lebih, ia masih berusaha mencari nafkah dengan mengumpulkan plastik bekas air mineral. Asuk sendiri mengontrak sebuah rumah sederhana dengan bayaran sebesar 600 ribu setiap bulannya. Menurut asuk penghasilannya hanya cukup untuk makan sehari-hari, itupun makanan yang sangat sederhana. Biaya kontrak rumah menjadi beban yang cukup memusingkan asuk saat ini.

46. NG SIU OI (95 tahun) – Palembang

Ama ini menderita sakit tua karena usia. Sudah tak dapat melihat dan mendengar lagi. Tinggal bersama anak laki-lakinya yang sekarang juga sakit-sakitan dan tak bekerja. Untuk makan sehari-hari para tetangga suka membantu.

45. THE CAU SEN (73 tahun) – Palembang

Asuk ini menderita stroke sehingga susah buat menggerakkan anggota tubuhnya. Istrinya yang dulu menjadi tulang punggung dengan berjualan mie ayam barus saja meninggal dunia 3 bulan lalu. Mempunyai 5 anak, satu orang baru meninggal dan satu anaknya sekarang menderita sakit hepatitis dan harus berbaring saja. Untung ada satu anak perempuannya yang bekerja dengan penghasilan 800 ribu perbulannya. Untuk anaknya yang sakit hepatitis, setiap minggu harus menebus obat yang tak ditanggung oleh BPJS.

44. ONG HE LAN (60 tahun) – Palembang

Ai ini tinggal berdua bersama suaminya, dan dari pernikahannya tak memiliki anak. Suaminya bekerja membersihkan ayam potong, itupun jika ada yang menggunakan jasanya,. Ai ini setahun yang lalu pernah terjatuh dan mengalami retak pada pinggulnya. Dokter menyarankan untuk dioperasi. Karena tiada dana maka si ai hanya mengkonsumsi obat-obatan tradisional saja.

43. LIM HAN TIONG (70 tahun) – Palembang

Tinggal seorang diri disebuah kontrakkan yang sekaligus dijadikan tempatnya menampung hasil memulung. Ia tak bekeluarga. Setiap harinya ia berkeliling mencari botol plastik, selanjutnya dikumpulkan sampai banyak baru dijual.

42. WO SUI PHING (77 tahun) – Palembang

Wo Sui Ping ( 77 tahun, dalam foto yang badannya paling pendek), dulunya dia adalah seorang guru bahasa Mandarin disebuah sekolah swasta. Namun sudah beberapa tahun ini tak dapat mengajar lagi, karena kondisi fisik dan juga ia dapat dikatakan pikun. Untuk mengingat-ingat sesuatu saja ia butuh waktu yang lama. Ia tinggal bersama 2 orang adiknya, yang pria bernama Wo Teng Mon (65 tahun), semenjak lahir menderita cacat pada kakinya. Hal inilah yang menyebabkan ia susah untuk dapat bekerja berat,pendidikan juga tidak ada. Dulu sempat bekerja pada sebuah toko, namun karena pasaran sepi akhirnya ia berhenti pada tahun 2005. Adik perempuan yang satunya bernama Wo Sui Seng (67 tahun), dari muda tidak pernah keluar rumah karena menderita gangguan jiwa. Cuma beberapa tahun ini membaik,sehingga ia bisa membantu kegiatan dirumah seperti memasak dan mencuci. Mereka bertiga tinggal disebuah rumah yang sangat sederhana,nyaris dikatakan kumuh. Rumah itu juga merupakan pinjaman dari seorang kerabatnya. Untuk saat ini mereka tidak ada pemasukkan apa-apa. Untuk makan setiap bulan ada donatur yang memberi beras. Untuk lauk pauknya mereka mengambil saja tanaman yang tumbuh dihalaman rumah mereka.

41. WANG SEN NGO (65 tahun) – Palembang

Sudah 10 tahun ini ai hanya berdiam dirumah saja dan tak bekerja, karena kondisi badan yang sering sakit-sakitan terutama bagian kaki yang susah untuk berjalan. Mempunyai 1 orang anak perempuan dan 4 orang cucu. Anaknya juga dengan kondisi ekonomi yang pas-pasan. Sehari-hari anaknya berjualan mie rebus didepan sebuah sekolah.

40. SULASTRI (40 tahun) – Palembang

Sulastri tinggal berdua bersama mamanya yang sudah sepuh. Mereka tinggal disebuah rumah tumpangan disamping sebuah cetiya. Sulastri tidak mempunyai pekerjaan, ia membantu membersihkan rumah abu di cetiya tempat dia tinggal. Lastri sendiri menderita kelainan darah, sehingga setiap bulan ia harus kontrol kerumah sakit dan menjalani transfusi darah. Untung saat ini semua biaya pengobatannya ditanggung oleh BPJS.

39. ONG WEN SEN (64 tahun) – Palembang

Asuk ini menderita sakit maag dan paru-paru sudah bertahun-tahun tak kunjung sembuh. Menikah namun tak mempunyai keturunan. Untuk membiayai hidup, istrinya bekerja sebagai tukang cuci baju dengan penghasilan lebih kurangg 800 ribuan.

38. LIM EK NIO (58 tahun) – Palembang

Ii Ek Nio, Tinggal sendirian, suaminya sudah meninggal 8 tahun lalu. Memiliki 3 anak, namun saat ini hanya satu yang masih hidup dan menderita penyakit depresi. Penghasilan sehari-hari dari membuat keripik yang dibungkus dan dititip titipkan di warung-warung dan kadang dia juga membantu tetangganya membersihkan sayur-sayuran untuk dimasak dirumah makan.

37. Palembang- 5 orang Penjaga Kelenteng

Diserahkan dana donatur masing-masing sebesar 1 juta kepada 5 orang yang berprofesi sebagai penjaga kelenteng yang hidup dengan ekonomi terbatas, antara lain: 1.) Teng San, 65 tahun. Tidak punya pekerjaan tetap, hanya membantu membersihkan kelenteng. 2.) Tjia Me, 68 tahun. Bekerja menjaga kelenteng, menderita borok pada bagian kakinya yang sudah menahun. Dana akan digunakan untuk membeli obat-obatan untuk sakit borok dan diabetesnya. 3.) Benny, bekerja membantu menjaga kelenteng. Mempunyai 2 anak yang masih bersekolah. 4.) Johan, 50 tahun. Bekerja bersih-bersih kelenteng, mempunyai 3 anak yang masih bersekolah. 5.) Wawan, bekerja menjaga kelenteng.

36. Ibu Liem Ronih – Tanggerang

Diserahkan dana sebesar 1 juta kepada Ibu Liem Ronih umur 80 tahun. Ia telah ditinggal suami sekitar 6 tahun lalu. Ibu Ronih memiliki 6 orang anak, 3 perempuan dan 3 laki-laki. Untuk membesarkan dan menyekolahkan anak-anaknya, dari usia muda beliau bekerja sebagai penjahit pakaian. Perjuangannya tak sia-sia, ia bisa menghantarkan semua anaknya menyelesaikan pendidikan SLTA dan bahkan perguruan tinggi. Namun menurut penuturan beliau, anak-anaknya tersebut sudah hampir 8 tahun ini tak ada satupun yang mengunjungi dirinya. Sempat juga ia bercerita mengenai beberapa konflik yang terjadi, bahkan sempat berurusan dengan kepolisian mengenai masalah warisan. Saat ini ia tidak memiliki rumah lagi, ia tinggal menumpang dirumah adik perempuannya yang bernama Liem Annio (78 tahun). Kondisi ibu Ronih saat ini sudah sangat tua,untuk berjalanpun ia harus menggunakan alat bantu,hampir setiap hari beliau sering melamun dan suka berpikir ingin cepat meninggal karena merasa hidup nya sudah tidak berarti lagi, Ibu Ronih sekarang sudah tidak memiliki apa-apa, Sewaktu fisiknya masih kuat ibu Ronih rajin ikut kebaktian di sebuah cetiya kecil yg berjarak +/-3km dari rumahnya,namun saat ini karena faktor usia dan tenaga yg semakin lemah beliau sudah tidak pernah ke cetiya maupun vihara lagi.

35. Ai LIE JUN NGIT (61 tahun) – PANGKAL PINANG

Diserahkan dana donatur sebesar 2 juta kepada Ai Lie Jun Ngit (61 tahun), ia saat ini hanya tinggal berdua bersama putrinya yang masih bersekolah di SMA. Ai menderita diabetes sudah lama, karena tak menjalani pengobatan yang baik akhirnya kedua matanya saat ini tidak dapat melihat dengan jelas. Untuk makan sehari-hari ai dan putrinya mengharapkan kebaikan dari para tetangganya. Semoga dana ini bermanfaat untuk Ai dan putrinya.

34. Emah Kwee San Moy – BEKASI

Diserahkan dana donatur sebesar 1 juta kepada ama Kwee San Moy yang biasa dipanggil Ema Endek. Saat ini ia berusia 93 tahun dan tinggal bersama seorang anak perempuannya yang bernama Lim Yan Nio (64 tahun) disebuah rumah sederhana di Bekasi. Ci Yan Nio sendiri memiliki 4 orang anak, 2 orang sudah bekeluarga dan 2 lagi masih tinggal serumah dengannya. Sehari-hari Ci Yan Nio keliling berjualan kue-kue jajanan pasar. Rata-rata penghasilannya perhari adalah di kisaran 40 ribu. Dari sinilah yang digunakan untuk biaya makan sekeluarga.

33. 3 Keluarga – JAMBI

Diserahkan dana donatur masing-masing sebesar 1 juta kepada 3 orang di Jambi, yaitu: 1.) Ci Ak Pen yang tinggal di terminal rawa sari, status rumahnya adalah kontrak. Ia adalah seorang janda yang ditinggal mati suaminya. Memiliki 3 anak yang masih sekolah semua. Saat ini ia bekerja membantu disebuah rumah makan dengan penghasilan 40 ribu per hari. 2.) Joni Lee, umur 48 tahun dan masih belum bekeluarga. Tinggal di sebuah rumah sewa beralamat dikebun andil simpang surya, Jambi. Ia tinggal berdua dengan mamanya yang sudah tua, dan merawat mamanya yang juga sering sakit-sakitan. 3.) Ayau, menumpang tinggal di rumah saudaranya, ia memiliki seorang anak yang masih sekolah SD. Saat ini ia bekerja di sebuah rumah makan mie pangsit.

32. Ng Lai Hua – MEDAN

Diserahkan dana sebesar 1 juta kepada Ng Lai Hua yang berdomisili di jalan Wahidin, Medan. Ia adalah seorang janda, tinggal disebuah rumah tanpa PDAM dan PLN. Rumah ini sebenarnya dihuni 3 Kepala keluarga. Namu bagian Lai Hua menempati bagian paling belakang rumah,kondisinya sangat menyedihkan dibandingkan bagian 2 KK yang lain. Ke 3 KK merupakan saudara kandung.

31. Poni Rini / Ai Ling – MEDAN

Diserahkan dana sebesar 1 juta rupiah kepada Poni Rini / Ai Ling, yang berdomisili di Jalan Pukat VII, Medan. Ia telah bercerai dengan suaminya, semenjak 7 bulan lalu ia menderita sakit karena pengerutan paru-paru bagian kiri. Fisiknya sangat lemah dan kurus, kakinya nampak tulang tanpa daging yang memadai. Secara umum kondisi seperti ini juga disebabkan kurangnya asupan gizi yang cukup. Ia memiliki seorang anak putri yang duduk di kelas 2 SD Buddhis Bodhicitta. Saat ini anaknya tersebut menjadi anak asuh di RC Medan Cemara.

30. FELISIA (9 tahun), Sekura – Kalimantan Barat

Diserahkan dana sebesar 1 juta kepada Felisia yang berumur 9 tahun. Sekarang tinggal di sekura kecamatan teluk keramat, Kalimantan Barat. Sekarang adik Felisia dirawat oleh pamannya. Sejak masih dalam kandungan Felisia sudah ditinggal oleh papanya yang meninggal karena sakit. Dan mamanya semenjak itu merantau ke Jakarta untuk bekerja. Paman Felisia sendiri bekerja di toko sembako, ia sendiri juga memiliki tanggungan istri dan anak-anak. Penghasilan pamanya juga hanya cukup untuk biaya sehari-hari. Felisia saat ini bersekolah di SD negeri didekat tempat tinggalnya.

29. Asuk Chin Hian Khin, Teluk Keramat-Kalimantan Barat

Diserahkan bantuan donatur sebesar 1 juta kepada Asuk Chin Hian Khin yang tinggal di Sekura kecamatan teluk keramat. Kondisi asuk saat ini hanya bisa duduk saja dan tak bisa berdiri, kedua mata juga sudah tak bisa melihat. Beliau saat ini dirawat oleh anaknya, yang otomatis karena harus selalu disamping papanya sehingga ia tidak bekerja. Untuk makan sehari-hari mengharapkan bantuan dari kerabatnya.

28. 10 keluarga di Singaraja- BALI

Diserahkan dana donatur masing-masing sebesar 1 juta rupiah kepada 10 orang di kecamatan Buleleng : 1.) Gede Dana, sakit gagal ginjal harus cuci darah. 2.) Putu Cintawati, mendrita kebutaan dan lumpuh. 3.) Darsino, seorang janda dan hidup seorang diri,penghasilan cuma mengandalkan bantuan Vihara dan tetangga. 4.) Ketut Darmi, menderita sakit komplikasi Diabetes dan TBC. Pekerjaan sebelumnya sebagai buruh tani.Sekarang hanya dirawat dirumah saja karena ketiadaan biaya. 5.) Bp. Tan Sin Lae, tidak bekerja lagi karena sakit sesak nafas, untuk hidup mengharapkan bantuan sekitarnya. 6.) Luh Sudini, pekerjaanya sebagai buruh cuci, hidup seorang diri di sebuah kost-kostan. Semua pendapatannya cuma cukup untuk makan sederhana dan membayar sewa kost. 7.) Nyoma Sudarni, hidup seorang diri dan belum menikah. Untuk biaya hidupnya bekerja serabutan. 8.) Tjeng Giok Lan, saat ini menderita stroke, ekonomi anak-anak juga sangat minim. 9.) Bp. Lie Tien Po, kondisi kesehatan sering sakit. Untuk hidup bekerja sebagai pemulung barang bekas. 10.) Ibu Khon Si Song, menderita stroke. Ekonomi juga sangat minim.

27. Fina Kustari & Vincent – Paloh,Kalimantan Barat

Diserahkan dana donatur sebesar 2 juta rupiah kepada adik Fina Kustari/ Lie Siau Djan dan adiknya Vincent yang tinggal di desa Malek dusun Purun kecamatan Paloh, Kalimantan Barat. Saat ini mereka hanya tinggal berdusa saja, karena kedua orang tua mereka sudah berpisah semenjak 5 tahun lalu. Mamanya sudah menikah lagi dan papanya juga sudah pergi entah kemana dan tiada perduli lagi. Untuk biaya hidup mereka dirawat oleh bibinya yang tinggal berdekatan. Bibinya juga dengan kondisi ekonomi yang pas-pasan dan juga memiliki keluarga yang cukup besar. Saat ini Fina masih bersekolah di SMA kelas 2, dan adiknya masih sekolah di SD. Fina adalah murid yang berprestasi,selalu masuk dalam peringkat 10 teratas dikelasnya. Semoga bantuan ini dapat digunakan bagi Fina dan adiknya untuk akomodasi kesekolahnya,karena selama ini mereka kema-mana selalu berjalan kaki. Sisa dana Imlek akan diberikan secara bertahap setiap bulannya untuk mereka.

26. Keluarga JIMMY – Tulung Agung

Diserahkan dana donatur sebesar 1 juta rupiah kepada Jimmi, ia mencari nafkah dengan menjual bakso ikan tuna bakar (dititip-titipkan ke sekolahan & warung), dengan penghasilan sekitar 600-700an rb/bulan. Punya 2 anak (SD dan SMP), sering kesulitan bayar SPP & kontrakan karena penghasilan habis untuk kebutuhan makan sehari-hari.

25. 12 Keluarga di SAMBAS, Kalimantan Barat

Diserahkan dana sebesar 1 juta untuk keluarga yang berdomisili di Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat yaitu: 1.) Keluarga Bun a Moi, pekerjaan keluarganya hanya bertani dan kerja kebun serabutan anak ada 5 dan masih kecil-kecil. 2.) Keluarga CIa Fen Di yang tidak punya pekerjaan tetap biasa kerja kebun dan mempunyai banyak anak yang masih balita. 3.) Sie Jat Nam, ia tinggal sendiri di rumah menumpang milik kerabat. Sekarang tidak bisa bekerja karena menderita stroke sudah sekitar 1 tahun. Untuk kebutuhan hidup saat ini dari belas kasih kerabat. 4.) Asuk Tjin Djun Djau, sekarang ini asuk sudah tidak bisa lagi bekerja karena penyakit paru-paru. Yang membantu kebutuhan hidup hanya anaknya yang bekerja menjadi tukang. 5.) Ai Tjhang Siy Tjin, ai sekarang tinggal dengan anak yang merawatnya ai sudah menderita stroke sekitar 6 tahun. Untuk biaya hidup dari anak yang bekerja di ladang. 6.) Asuk Lim Phin Tjhoi, asuk Phin Tjhoi tinggal dengan 1 anak dan 4 cucu. Karena faktor umur asuk tidak bisa membantu kebutuhan keluarga, yang membantu hanya anak yang bekerja serabutan di kebun. 7.) Chjn Tet Chong , ia tidak punya pekerjaan tetap biasa kerja kebun atau serabutan. Memiliki anak 6 yang masih ada yg kecil, yang agak besar masih sekolah SMP. 8.) Supendi tinggal di sambas kebutuhan biaya hidup hanya mengandalkan kerja jd tukang bangunan, memiliki istri yang sakit. 9.) Liu Jit Phin tinggal sendirian dengan menumpang dirumah milik kerabat. Ia tidak punya pekerjaan hanya ada lahan sedikit didepan rumah yang ditanami sayuran. 10.) Asuk Leng Sie Lok, sudah tidak bisa membantu biaya kebutuhan keluarga karena sakit asma. Tinggal sekarang anak ada yang jualan ikan keliling dan sudah berkeluarga. 11.) Keluarga Tjiu Mou Siu, keluarga ini hanya pekerja kebun tidak tetap. 12.) Tjhin Ket Phin, membantu kebutuhan keluarga dan harus membantu merawat seorang bapak yang menderita penglihatan tidak bisa melihat. Ket phin membuat roti kukus srikaya yang dititipkan diwarung kopi. Anak Ket Phin masih kecil-kecil dan ada 1 anaknya sejak dari bayi juga mengalami kebutaan penglihatan.

24. 6 keluarga di Teluk Keramat, Kalimantan Barat

Diserahkan dana donatur masing-masing sebesar 1 juta rupiah kepada 6 keluarga di desa Teluk Keramat, Kalimantan Barat, yaitu: 1.) Ai Lie Nyat Chin yang sekarang tinggal dengan anak perempuannya. Anaknya ai ini tidak punya pekerjaan, mereka menumpang tinggal dirumah milik kerabatnya. 2.) Bong hoi shang, sekarang sudah tidak bisa bekerja berat, memiliki 4 orang anak yang semuanya sudah bekeluarga namun semua dengan kondisi ekonomi yang juga memprihatinkan. 3.) Ai Bong Fui Cu tinggal dengan adiknya yang mengalami gangguan mental. Ai tidak menikah, semasa muda ai adalah ini mantan seorang guru. Sekarang untuk biaya kebutuhan hidup tergantung dari belas kasih kerabat. 4.) Asuk Lai A Min yang saat ini menderita stroke sudah 2 tahun. Untuk biaya hidup mengharapkan kiriman dari anaknya yang bekerja di Jakarta sebagai buruh. 5.) Asuk Lie Po Sen sekarang tinggal dengan salah 1 anaknya yang mengalami autis. Asuk tidak bisa bekerja berat lagi karena sering sakit-sakitan dan juga faktor usia. Untuk biaya hidup kadang kadang ada kiriman dari anaknya yang bekerja di jakarta. 6.) Asuk Liang Bui menderita stroke sudah 3 tahun dan tak bisa berjalan. Saat ini untuk biaya hidup dibantu oleh para kerabatnya, dan tetangga kadang membantu mengurus asuk untuk keperluan sehari-harinya.

23. 11 Keluarga Tionghoa – JAMBI

Diserahkan dana donatur kepada 11 orang di daerah kota Jambi dan sekitarnya masing masing sebesar 1 juta rupiah. Hampir semuanya yang diberikan berprofesi sebagai pengumpul botol air mineral atau pemulung sampah. Semuanya tempat tinggal status mengontrak, bahkan ada yang tak memiliki listrik. Ada satu ai yang fotonya di kanan atas, tinggal menumpang disebidang tanah milik orang yang juga dijadikannya tempat menaruh barang rongsok hasil memulungnya.

22. TANGGERANG – 3 Keluarga

Diserahkan dana masing-masing sebesar 1 juta kepada: 1.) Ibu Gouw Cun Lan (40 tahun) setelah suaminya meninggal 2 tahun lalu karena sakit kanker lambung, saat ini ibu cun lan harus menjadi tulang punggung keluarga dengan bekerja di kantin sekolahan dengan penghasilan tidak menentu. Untuk biaya hidup sehari-hari menghidupi 2 anaknya yang berumur 18 tahun dan 15 tahun. Saat ini anaknya bersekolah SMP dan SMK dengan bantuan biaya dari pemerintah. Ibu cun lan tinggal dirumah sederhana peninggalan suaminya. 2.) Bpk Tan Tjuil Yong (72th) mengalami sakit stroke semenjak setahun lalu, hanya menjalani pengobatan seadanya. Istrinya sudah meninggal 7 tahun lalu. Saat ini beliau hanya di urus oleh anak angkatnya yang bernama Surya umur 36 tahun dan bekerja di sebuah toko dengan penghasilan +/- 300.000 /minggu yang digunakan untuk biaya hidup sehari-hari. 3.) Ibu Phang Pang Nih (56 tahun) tidak dapat melihat sekitar 8 tahun lalu,menurut hasil CT scan berobat pakai BPJS,ditemukan benjolan di kepala yang menutup saraf mata nya. Namun sayangnya dokter menyatakan walaupun benjolan itu diangkat (operasi) tetap tidak akan bisa mengembalikan penglihatanny. Ibu Pang telah di tinggal suami 4 tahun lalu karena sakit paru-paru akut. Untuk biaya hidup sehari-hari ibu Phang memiliki 2 anak laki-laki yang bernama Nifan (26 tahun) bekerja di sebuah bengkel motor dengan upah 50 ribu/hari dan adiknya bernama Hasan (24 tahun) bekerja di sebuah toko dengan penghasilan +/-50rb/hr. Saat ini mereka tinggal dirumah peninggalan suaminya.

21. AI Pin Yoh (51 tahun) – Tanggerang

Ibu Pin Yoh (51 tahun) berstatus sebagai ibu rumah tangga, memiliki suami bernama Bp.Lim Encay (54 tahun) yang kondisinya tidak bisa melihat sejak usia 8 tahun karena suatu penyakit (sudah tidak bisa sembuh walaupun di operasi), untuk biaya hidup sehari hari suaminya berprofesi sebagai tukang urut panggilan dengan penghasilan yang tidak menentu. Ibu Pin Yoh memiliki 3 orang anak perempuan,1 sudah menikah dan ikut dengan suaminya dan 2 orang lagi yang pendidikan hanya tamatan SD dan SMP masih tinggal bersama ibu pin yoh. Untuk membantu keuangan keluarga,mereka bekerja di pabrik sendal dekat rumahnya dengan upah harian sekitar 30 ribu.

20. Ibu WAN NIO ( 57 tahun) – Tanggerang

Ibu Wan Nio (57 tahun) menjanda sudah lebih dari 15 tahun, ia tidak memiliki penghasilan dan tinggal dirumah yang kondisinya jauh dari kata layak. Memiliki 3 orang anak yang hanya tamatan SD dan sudah berkeluarga. Saat ini bu Wan Nio tinggal bersama 2 orang anaknya serta 3 orang cucunya yang masih kecil-kecil. Untuk biaya sehari hari hanya mengandalkan penghasilan dari anaknya yang bekerja di toko bangunan dan yang bekerja serabutan dengan penghasilan tidak tetap yang masih jauh dari cukup.

19. LIM KIM TAY (81 tahun) – Tanggerang

Bp. Lim Kim Tay (80 tahun) sudah tidak bisa bekerja, saat ini tinggal dirumah yang jauh dari layak bersama istrinya bernama Ibu.Oey Keng Nyoh (61 tahun) dan 2 orang anaknya yang berumur 18 tahun dan 10 tahun, yang tidak bersekolah semua. Untuk biaya hidup sehari-hari ibu Keng Nyoh bekerja sebagai tukang cuci dengan upah 20 ribu/hari. Setiap hari beliau harus menempuh jarak +/- 3 kilometer ketempat dia bekerja mencuci pakaian. Anaknya bekerja sebagai kuli tani di lahan pertanian milik PT dengan penghasilan yang tidak menentu.

18. Ibu Coa Ten Ni (51 tahun) – Tanggerang

Ibu Coa Tenih (51 tahun) hidup menjanda sekitar 15 tahun, untuk biaya hidupnya saat ini ibu Tenih bekerja sebagai tukang cuci pakaian dengan penghasilan sekitar 30 ribu/hari. Ibu Tenih memiliki 3 orang anak perempuan berumur 28,19 dan 18 tahun. Yang 1 sudah berumah tangga dan ikut suaminya, yang 2 anak lagi tinggal bersamanya. Anak bu Tenih hanya tamatan SMP,itupun ijazahnya belum diambil karena tidak ada uang untuk menebusnya,untuk membantu mamanya,1 anaknya yang berusia 19 tahun bekerja di pabrik sendal. Saat ini beliau tinggal di rumah yang berukuran 5Mx5M,itupun dari dermawan yang membangunnya sekitar 5 tahun lalu dan saat ini kondisi rumahnya pun sudah mulai rapuh.

17. MEDAN – 3 Keluarga

Diserahkan dana donatur masing-masing sebesar 1 juta kepada keluarga berikut ini: 1.) Ai APO (70thn) sudah tidak bisa berjalan karena mengalami terjatuh 2 kali yang mengakibatkan tak bisa berjalan dan hanya berbaring diatas ranjang. Ai ini mempunyai 5 orang anak, yang difoto berbaju biru anak ai namanya kartini umur 40an tahun, namun tidak bisa bekerja karena ada sedikit gangguan kurang bisa komunikasi dengan baik. Yang membiayai hidup mereka adalah anak perempuannya yang bernama Nini yang bekerja bantu-bantu disebuah Vihara. Dulunya Ai ini termasuk orang yang mampu, namun akhirnya usaha suaminya bangkrut dan kehilangan semua asset mereka. 2.) Acek LAU SIONG CHAI (87 tahun), hidup sendirian. Anak perempuan tunggalnya sudah meninggal, yang sebelumnya menderita sakit depresi. Memiliki seorang cucu yang menderita autis, saat ini dititipkan disekolah SLB, pengobatan serta pendidikannya dibantu Tzu Chi. Jika liburan maka cucunya baru pulang kerumah. Menantunya sudah lama tak pernah berhubungan. Acek kadang menerima pekerjaan membuat talang air, jari tangan acek cacat karena 10 tahun silam pernah terlintas crane hingga diamputasi kedua jari tangan sisa sebagian. Rumah sewa dibantu donatur. Mata sebelah udah rabun pernah operasi tapi tidak membaik. 3.) Ko Toni (48 tahun) dan istrinya Lusi (41tahun). Ko Toni menderita sakit diabetes, selama ini pengobatan dibantu oleh tzu chi. Mereka mempunyai 3 anak masih bersekolah usia 13,10 dan 8 tahundan dibantu tzu chi uang sekolahnya. Ko Toni menderita diabetes semenjak tahun 2011. Ia tidak mencari nafkah dan hanya berharap dari mertua yang tinggal serumah dan membuat donat goreng untuk dititip jual.

16. Beh A Huat – Lampung

Akong Beh A Huat (86 tahun) adalah seorang duda. Tinggal bersama anak ke 5 nya perempuan bernama Chrisy (30 tahun), sebelumnya pernah menderita sakit depresi. Mereka tinggal dibelakang tanah milik adik a Huat. Hanya mengharapkan kiriman uang dari anak ke 1 dan ke 2 setiap bulannya masing-masing 200 ribu. Uang ini digunakan untuk membayar listrik dan air serta biaya hidup.Si Akong kakinya sakit, dan jika berjalan harus berpegangan pada benda di sekitar. Ada tongkat namun ia tak mau memakainya.

15. Ai NA CHANG – Lampung

Telah dilakukan perbaikan sederhana untuk tempat tinggal Ai Nacang. Yang semula tak ada pintu telah dibuatkan pintu dari triplek, dindingnya yang sudah rapu diganti dengan kayu dan triplek, untuk bagian atap yang gentingnya sudah bocor dan lepas diganti dengan menggunakan seng. Juga dibuatkan sebuah kloset untuk ai buang air karena selama ini setiap hendak buang air harus menumpang ditempat orang lain. Dibuat juga saluran pipa air dan saluran pembuangan. Ai juga dibelikan kasur busa dan satu set bantal dan guling untuk mengganti kasurnya yang sudah sangat jelek. Dibelikan juga sebuah kipas angin.

14. Sungai Liat, Pangkal Pinang – 4 keluarga

Diserahkan dana donatur masing-masing sebesar 1 juta rupiah kepada: 1.) Phung Sak Nio (54 tahun), Ai Anio tinggal di kampung teluk uber bersama 2 anaknya. Ai sudah lama bepisah dengan suaminya. Ai mempunyai 3 orang anak, putri pertama ai sudah menikah dan ikut suami tinggal di bogor. Sedangkan putra ke 2 dan putri bungsu saat ini tinggal bersama ai dan belum menikah. Putra ai tidak bekerja sedangkan putri bungsu saat ini berumur 18 tahun dan sejak kecil tidak bisa berjalan karena sewaktu bayi terserang panas sehingga syarafnya ada yang rusak dan mengalami kelumpuhan. Ai sendiri harus mengurus putrinya yang sakit tersebut. Untuk keperluan sehari-hari dan biaya pengobatan putri bungsunya Ai hanya mengharapkan bantuan uang dari putrinya yang dibogor, beberapa bulan sekali akan mengirim uang. 2.) Ai Cit Ni, saat ini berumur 68 tahun. Suami ai sendiri sudah meninggal kurang lebih 5 tahun lalu. Ai mempunyai seorang putri yang sudah menikah dan tinggal bersama nya. Ai sendiri saat ini tidak bisa bekerja lagi. Untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari hanya mengharapkan pendapatan dari menantu nya yang juga sangat minim. 3.) Ai Kim Jin tinggal di kampung rambak, Ai hanya tinggal sendirian karena tidak mempunyai anak. Sedangkan suami Ai sudah meninggal 8 tahun yang lalu karena sakit. Ketika masih muda ai masih bisa beternak ayam dan babi, ai juga merendam sabut kelapa setelah diolah untuk dijual ke pengrajin sikat. Karena sekarang ia mengalami pengapuran sendi, sehingga ia tidak bisa bekerja lagi. 4.) Ai Sui Jin tinggal di desa jelitik, saat ini berumur 72 tahun, suaminya juga berumur sama. Mereka mempunyai seorang putra. Ai sendiri saat ini sudah tak bisa bekerja, sedangkan suaminya kadang menerima orang untuk di urut. Untuk keperluan sehari-hari mereka hanya mengharapkan pendapatan dari putranya yang bekerja ditoko sembako.

13. Akong Goh Siak Chun (82 tahun) – MEDAN

Diserahkan dana donatur sebesar 1 juta ke pada akong Goh Siak Chun (82 tahun), ia telah lama ditinggal meninggal oleh istrinya. Memiliki 4 orang anak yang semuanya mengalami gangguan jiwa. Anak sulungnya yang perempuan telah meninggal dunia, anak kedua laki-laki berumur 54 tahun , anak ketiga perempuan berusia 53 tahun, dan anak bungsunya laki-laki berusia 43 tahun. Semua anaknya tinggal bersama dirumah dan tidak ada yang bekerja. Acek hanya mengharap bantuan dari para donatur setiap bulannya untuk membeli obat jiwa anaknya yang berkisar 800 ribu.

12. MEDAN – 4 Keluarga

Diserahkan dana donatur masing-masing sebesar 1 juta rupiah kepada 4 keluarga di Medan, berikut ini: 1.) Peter 15 tahun & Angelina 13 tahun, mamanya berusia 55 tahun bekerja di panti jompo sebagai tenaga bersih-bersih dengan penghasilan sangat minim. Kedua anak ini dibantu beasiswa donatur & mereka berprestasi. Kakak adik ini dibantu kost dekat sekolah sebulan 600 ribu oleh ibu guru mereka dan juga untuk makan sehari harinya. 2.) Janda Lim Siu Ki (78 tahun). Cucunya bernama Juliana siswa kelas 1 SMP umur 13 tahun dibantu beasiswa donatur. Mama Juliana baru meninggal belum 100 hari karena sakit kanker payudara. Sewa rumah dibantu lions dan sayur hari-hari dibantu antar oleh ponakannya. Ama sulit berjalan dan harus pake tongkat. 3.) Rita (39 tahun) menumpang tinggal dirumah familinya. Suaminya sudah 2 tahun di lembaga permasyarakatan. Memiliki 3 orang anakberusia 16, 13 dan 6 tahun. Dua orang anaknya mendapat beasiwa dan dibantu donatur. Sehari hari makanan kadang dikasih tetangga dan kerabat. Ia sendiri saat ini menderita sakit TBC dan batu empedu. 4.) San Nie (43 tahun) berprofesi sebagai buruh cuci baju di 2 tempat. Mendapat upah 750 ribu setiap bulanny. Anak pertamanya bernama Ricky (16 tahun) menderita gangguan mental dan harus mengkonsumsi obat jiwa. Anak keduanya bernama Robin (5 tahun) baru masuk TK dibantu beasiswa di sekolah Bodhicitta. Status rumah milik famili yang dipinjamkan pakai, sudah mulai bocor dimana-mana. Suaminya merantau sudah lebih dari satu tahun dan tak ada kabar beritanya.

11. SURABAYA – 4 Keluarga

Diserahkan dana donatur masing-masing sebesar satu juta rupiah kepada: 1.) Ama U Chuen Ik, usia 80 tahunan. Ama bekerja di Yayasan sosial sebagai tenaga bersih-bersih. Saat ini ama harus menghidupi seorang cucunya. 2.) Ibu Ang Mien Hwa, memiliki seorang anak yang sejak kecil sakit sakitan, sudah operasi dan setiap hari masih harus makan obat. 3.) Ibu Tan Fee Djing, memiliki suami yang tidak bekerja. Ia kadang-kadang bahkan meminta bantuan ke orang-orang untuk dapat membeli makan. Tinggal disebuah rumah sewa yang dihuni berbagi dengan empat keluarga lain. 4.) Bapak Cun Bi, tiinggal di kost-kostan . Bekerja sebagai administrasi, memiliki seorang istri dan 3 orang anak. Sementara istri dan 3 anak tinggal di lampung tempat mertuanya karena kesulitan membiayai sekolah.

10. Asuk LAI SE SIONG -MEDAN

Asuk Lai Se Siong (78 tahun). Mereka tinggal dirumah tua warisan keluarga. Istrinya sakit paru-paru sudah beberapa tahun dan pengobatannya dibantu oleh rotary. Asuk Asiong tinggal dengan anak laki-lakinya (baju putih) yang masih single yang kerjanya menarik becak dayung, anak laki-laki satu lagi bekerja sebagai sopir, baju biru difoto adalah menantunya. Salah satu cucunya berusia 6 tahun meninggal dunia beberapa tahun silam karena sakit ginjal.

9. Ai ANAI (70 tahun) – MEDAN

Sering dipanggil dengan Ai Anai, usia kisaran 70 tahun. Ai ini adalah janda dengan 7 anak, tersisa 4 anak yg masih hidup. Mereka menyewa rumah tinggal berempat dengan 2 anak laki-laki dan 1 anak perempuannya. Ai ini beberapa bulan lalu terjatuh didepan rumah karena hujan banjir. Kepalanya terantuk dan berdarah cukup banyak hingga harus dirawat di RS. Kondisi sekarang lebih banyak tidur dikamar daripada berjalan. Anak laki yang difoto baru bekerja di pasar membantu orang jual ayam, sedangkan anak perempuannya ini mengalami gangguan mental sejak kecil jadi komunikasi tidak nyambung. Anak laki-laki yang satu lagi berjualan kue keliling.

8. Akong Ahua & Istrinya – MEDAN

aKONG
Akong Edy Lianto/ A Hua (75 tahun) & istrinta Lim Siek Ing (73 tahun). Istrinya sakit-saklitan dan susah berjalan. Mereka harus merawat 5 orang cucu yang masih dibawah umur dikarenakan anak laki-lakinya masuk penjara dan menantunya sudah perg meninggalkan anak-anaknya. Akong Ahua tidak ada pekerjaan tetap, terkadang membantu mengurus surat-surat warga sekitar sana. Karena tidak ada penghasilan tetap terkadang mereka harus makan hanya dengan kecap asin. Rumah yang ditenpati sekarang adalah bantuan dari doantur (sewa 1 tahun), Beberapa cucunya ada yang dibantu beasiwa sekolah dan sebagian sekolah Negeri.

7. Asuk A JIN (64 tahun) – MEDAN

Asuk AJIN (64 tahun) kini tinggal berdua dengan anak perempuannya yang berusia 16 tahun dan duduk di kelas SMU 1. Istrinya baru meninggal 3 bulan lalu secara tiba-tiba karena sakit asam lambung. Sempat dirawat beberapa hari di rumah sakit namun keterbatasan biaya akhirnya dibawa pulang dan hanya makan obat biasa lalu akhirnya meninggal dunia. Asuk Ajin sendiri sering sakit-sakitan, dulu tulang punggung keluarga adalah istrinya yang bekerja bantu-bantu di vihara. Anak sulung perenpuan telah menikah dan tinggal di Jakarta ekonominya juga kurang bagus danmemiliki 2 anak yang masih kecil. Adela anak ke 2 nya ini dibantu beasiswa dari tzu chi. Rumah adalah peninggalan warisan keluarga dengan kondisi sudah makin bobrok termasuk bagian kamarnya. Asuk Ajin masih sering menangisi kepergian sang istri yang tiba-tiba sakit lalu meninggal dan berkeluh kesah tidak ada yang mencari nafkah lagi.

6. TANGGERANG – 5 KELUARGA

Diserahkan dana donatur masing-masing sebesar satu juta rupiah kepada: 1.) Ama LIe San San (74 tahun), tinggal dirumah sendirian. Suaminya sudah meninggal 30 tahun lalu. Memiliki anak 2 orang yang sudah bekeluarga. Makan sehari-hari dapat dari tetangganya, bahkan sering kelaparan jika tak ada yang memberi. 2.) Ci Wawah (41 tahun) dan suaminya ko Ong Cun (52 tahun). Pekerjaan serabutan, memiliki 2 anak yang masih bersekolah. 3.) Theng Kam Peng (85 tahun) dan istrinya Phang Pit Nio (62 tahun). Menderita sakit asma lebih dari 30 tahun. Memiliki 3 anak yang sudah bekeluarga semua dan juga dengan ekonomi pas-pasan. 4.) Ai Theng Ceng Eng (62 tahun), menderita stroke 7 semenjak 7 bulan lalu. Baru berobat kerumah sakit satu kali karena ketiadaan biaya akomodasi. Saat ini berobat secara tradisonal,namun juga tidak rutin karena tiada uang. Suami telah meninggal karena kecelakaan tahun 2013 lalu. Saat ini tinggal dengan anaknya yang bekerja dengan penghasilan pas-pasan. 5.) Akong Gouw Ceng Bie (89 tahun) sudah tidak bisa melihat 3 tahun terakhir ini karena katarak, tidak bisa dioperasi karena faktor usia. Istrinya Lim Win Nio (65 tahun) juga kondisi badan sudah kurang sehat. Memiliki 3 anak yang sudah bekeluarga dan tidak serumah. Untuk makan sehari-hari kadang dari pemberian tetangga.

5. PENDUDUK TIONGHOA KAMPUNG NELAYAN 32 KELUARGA – Desa PALOH, SAMBAS

Diserahkan dana donatur untuk 32 keluarga masing-masing sebesar satu juta rupiah bagi penduduk Tionghoa pra sejahtera yang bermukim di desa Tanah Hitam , Sambas. Tanah Hitam merupakan salah satu desa yang terdapat di kecamatan Paloh, Kabupaten Sambas. Ia merupakan desa yang tidak jauh dari pesisir pantai. Kecamatan Paloh ini merupakan kecamatan pantai yang berada di Kabupaten Sambas dan terletak di wilayah perbatasan dengan Negara Malaysia Timur (Serawak). Untuk detail masing-masing penerima dapat dilihat di album foto fanspage facebook segenggam daun dengan link: https://www.facebook.com/pg/segenggamdaun/photos/?tab=album&album_id=1570616606363390

4. GO CHIN LAI, Penderita Stroke – Medan 

Asuk Go Chin Lai (66 tahun) berdomisili di jalan Rupat, Medan. Sudah setahun ini ia terbaring diranjang saja karena menderita stroke. Sebelumnya ia mencari nafkah dengan menjual kacang teng teng dengan menggunakan gerobak sepeda. Saat ini istrinya yang melanjutkan usahanya itu demi dapat mengumpulkan uang untuk biaya berobat dan biaya hidup mereka. Ai biasanya mangkal di jalan Semarang. Sebenarnya mereka memiliki 2 orang anak laki-laki. Anak laki-laki yang sulung merantau ke Aceh sudah 10 tahun, dan sampai saat ini tak pernah memberi kabar berita. Anak keduanya yang juga tinggal di Medan sudah 5 bulan ini tidak pulang kerumah. Kedua orang tuanya sangat mengharapkan agar anak-anaknya dapat pulang atau paling tidak memberi kabar. Semoga sedikit bantuan ini dapat bermanfaat untuk mereka.

3. AMA TAN LIAN ENG & ADIKNYA, SINGARAJA – BALI 

Telah diserahkan dana donatur sebesar 3 juta rupiah kepada Ama Tan Lian Eng dan adiknya Ama Tan Sun Eng. Dibelikan juga satru unit televisi ukuran 24 inchi dan satu buah kipas angin. Didukung oleh para umat Buddha Vihara Samyag Darsana, dilakukan beberapa perbaikan dan pembersihan di rumah Ama Tan. Dilakukan pengecatan dan juga perbaikan instalasi listriknya. Total biaya renovasi dan pembelian TV dan kipas adalah sejumlah 4.9 juta. Total yang disalurkan adalah sebesar 7,9 juta. Juga nanti setiap bulannya akan diberikan santunan sebesar 500 ribu tiap bulannya. Ama Tan Lian Eng bekerja membantu berbelanja ke pasar, dengan penghasilan 400 ribu setiap bulan, adiknya hanya dirumah saja karena sakit tua. Setiap bulan biaya listrik dan air adalah sebesar 200 ribu. Sisanya sebesar 200 ribu digunakan untuk biaya hidup.

2. KHO YOSEPH & Mamanya – Penderita Stroke, Sambas

Diserahkan dana donatur sebesar Rp. 5 juta kepada Kho Yoseph dan Mamanya yang juga menderita stroke. Mulai bulan Juni 2018 setiap bulannya akan disalurkan sebesar Rp. 1 juta. Diharapkan dana tersebut dapat menunjang pengobatan Kho Yoseph dan mamanya untuk menjalani terapi akupuntur. Untuk biaya hidup hanya mengandalkan dari istri Yoseph yang membuat keripik.

1. SIE SIAU LING – Penderita Lumpuh, Dusun Lubuk Dagang Sambas

Telah diserahkan dana donatur sebesar Rp. 5 juta, kepada adik Siau Ling yang menderita lumpuh. Mulai bulan Juli 2018 setiap bulannya akan disalurkan sebesar 1 juta rupiah, guna mendukung kebutuhan dan biaya hidup Siau Ling. Saat  ini Siau Ling hanya bisa terbaring saja, untuk makan harus menggunakan selang. Dan setiap hari harus di terapi uap nebulizer guna mengeluarkan dahaknya. Ayah Siau Ling bekerja membantu di sebuah warung kopi didekat rumahnya dengan penghasilan 30 ribu sampai 50 ribu perharinya. Siau Ling memiliki seorang adik berusia 2 tahun, ibunya tak dapat membantu mencari nafkah karena harus menjaga Siau Ling dan adiknya. Kebutuhan bulanan selain susu, pampers dan penggantian selang makan, serta fisio terapi yang tak dijamin BPJS.

 

[box type=”note” fontsize=”20″]Total Dana  Masuk sampai 19 FEBUARI 2018 pukul 15.30 wib : Rp. 394.642.879,-. Total dana disalurkan adalah sebesar Rp. 362 juta rupiah untuk 314 penerima. Sisa dana sebesar 32 juta akan diberikan secara bertahap kepada beberapa penerima. Laporan penyerahan dana sisa akan dibuatkan link tersendiri.[/box]

Vinkmag ad
Apakah Anda Menyukai Artikel Ini ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid

Komentar Anda

Bagaimana Pendapat Anda

sugata

“Biarlah seseorang mengorbankan hartanya, demi menyelamatkan anggota tubuhnya; Biarlah ia mengorbankan anggota tubuhnya, demi menyelamatkan hidupnya; Tetapi biarlah ia mengorbankan hartanya, anggota tubuhnya dan segalanya, meskipun juga hidupnya, demi kebenaran Dhamma” (Khuddaka Nikaya, Jataka 28/147)

Read Previous

Laporan Penerimaan & Penggunaan Dana – Robby Muhammad

Read Next

Laporan Penerimaan & Penggunaan Dana – Bp. Djap Nam Fon

24 Comments

  • It truly is no secret that Philippines is one of the countries with the particular most number of betting fans in the
    world. Every year, national channels fight over broadcast rights because they know that
    will football matches on TELEVISION are high-ranking subscriptions.
    In addition to this also invited lots, if not thousands, to
    be able to flock to open wagering shelters,
    including trusted betting agents Betberry participated within opening
    their business within Indonesia.

    Of course this is an advantage with regard to fans of soccer gambling
    games in Indonesia, the particular number of gambling agents that appear
    allows these people to access the numerous types of football betting games available.
    But unfortunately, not only the positive effects that arise because on the other hand this
    will also be misunderstandings for possible customers to pick
    which trusted gambling broker sites that they
    can make the best actively playing partner.

    Therefore Betberry is present as a website that connects fans of
    gambling in Indonesia along with all varieties of games obtainable on Sbobet.
    Betberry is a Sbobet bookie agent, a site that provides been known as typically the best soccer gambling plus
    online casino gambling provider inside Asia and even the particular
    world. As a reliable gambling agent, Betberry provides the best service you can find.

    Why Choose Betberry?
    Choosing a bookie to be able to become a play partner is one of the primary
    actions to achieve success in this business.
    If you choose wrong and fail in order to look for a trusted gambling agent, not
    only the fabric damage you suffer but additionally non-material loss such as your precious time.
    For that you have to really know what sort of site you will
    elect to play. Here usually are some main reasons why you should
    choose us or if you actively playing partner:

    Site with an Recognized License
    The first factor you need to make sure in choosing an online gambling
    agent is to discover if the particular site you will choose operates under an official license.
    Betberry already has official permission from PAGCOR (Philippine Amusement
    and Gaming Corporation), which means evidence that the
    site works professionally and presents a new variety of international-level online games so that your playing experience is certainly comfortable and
    pleasurable.
    Site with Complete Video games
    The next thing you should pay attention to is the kind of game that is provided.
    There are numerous types of sports gambling games available upon the internet and that would be very unfortunate if you did not really try
    them all. As a result, the Betberry Site that will you will choose includes a complete collection of grade-A betting
    markets.
    Site together with the Safest Transaction
    The particular next is the the majority of sensitive thing when an individual decide to play will be financial transaction methods such as deposits or withdrawals.
    We might highly recommend a web site that
    has a complete transaction method and through a leading local bank inside Indonesia to facilitate the method and
    of course it will be faster in addition to safer.
    Well here there is the transaction process easily,
    due to the fact Betberry presents a Popular Local Bank that you can use for deposits, such as:
    BCA, BNI, BRI, CIMB. and Danamon.
    Site with the Finest Consumer Solutions
    Consumer providers are those that will assist you whenever facing
    difficulties with available games. Therefore, we assist members
    who are followed by online customer support 24 hours a day time.

    Sites with Abundant Bonus deals and Marketing promotions
    Of training course you want to advantage more than gambling winnings an individual play, so on this specific site you will locate attractive bonuses
    and promotions that will greatly help you to succeed in the internet gambling industry.

    The several standards above are a few of the
    huge benefits that a person can get playing along with us.
    For those associated with you who want to be able to
    play gambling online, register oneself.

  • The best in class, Depoxito provide you high-end experience that take
    up the look and character of authenticated VIP
    standarts, we provide you the best attractive to high-level experience of VIPs expect in any summit stop casino,
    grand flesh and blood casino royale come up
    with the money for you the new studio design element including
    the grand blackjack, offering our VIP Customer the best experience of
    a Salon privee table.
    New style table in addition to feature across the room
    taking into account grand roulette upgraded upon our provider playtechs mini
    prestige roulette which delivering more engaging and richer playing experience.
    The supplementary experience contains a sum
    of seven tables including five blackjack tables, one roulette table
    and one baccarat table. Grand enliven casino royale has been tall hand-engineered to fit the
    needs of our customer to using it, and contains unique elements that is specially expected to maximize the impact value we got from our customers and diversify it to
    the existing network.
    Soon, Depoxito will manufacture an greater than before certainty technology upon conscious casino for our VIP member, these most enlightened technology ever seen in breathing casino including this better reality.
    Which allow players to experience products on an entire additional level which is never seen before
    literally leaping out of the game and taking the blackjack, baccarat, roulette and new game into the combined entire
    level.
    Depoxito VIP Baccarat, we pay for you the unquestionably
    exclusive stimulate VIP Baccarat that is played considering up to 7 players at the thesame
    table and our highly trained pretty sentient baccarat dealer.
    And of course our VIP devotee will setting as if they were in point of fact sitting at one of the top casino baccarat table.
    This immersive gaming experience creates a hugely daring manner
    that our VIP players will locate hard to surpass.

    Here is the list of flesh and blood casino game that depoxito provide, we present the widest range of stir casino games upon the shout out including : blackjack unlimited, blackjack prestige, roulette,
    baccarat, poker, hi-lo, sic bo, and grand live casino royale
    such as Grand Baccarat, Grand Blackjack and Grand Roulette for our VIP member.
    And of course as a devotee of Depoxito you can enjoy all the games
    that we pay for to you, every you habit to accomplish is just visit our site depoxito
    and register it deserted takes up to 3 minutes and later youre pleasing to
    fake any game that you want.
    Be our VIP, monster our VIP aficionada of course granted you the best benefits you can get from us
    all you obsession to be a VIP fanatic is enormously easy.

    all you infatuation is just save playing upon our site, accrual and pretense following a VIP like the amount that our company
    had written, keep playing and our customer utility will get
    into you that you are promoted to become a VIP aficionada
    upon our site.

  • Not single-handedly as the best Asian gambling operator in the 2009 and 2010 versions
    of eGaming review Magazine, but the online gambling
    site Sbobet has after that become the 11th most ranked company in the “50 facility Company” list in 2011
    which is the list of the most influential companies in the eGaming industry.
    This is proof that Sbobet is not an online gambling site.

    For starters, Sbobet is the best online bookie to measure Asian Handicap because here
    you can pick both the type of bet and the odds you want. Compared to competitors such
    as Dafabet and 188Bet, Sbobet has the most unbelievable in-play betting bolster bearing in mind breathing video streaming features
    for several tournaments and well-liked matches along with faithful customers.

  • I’m amazed, I must say. Seldom do I come across a blog that’s equally educative and interesting,
    and without a doubt, you’ve hit the nail on the head.

    The issue is something too few men and women are speaking
    intelligently about. Now i’m very happy that I found this in my
    search for something relating to this.

  • Exploring all online gambling game upon the internet
    has become one of the events most enjoyed by users of gambling facilities nowadays.
    How not, all the games that used to be lonesome enjoyed
    abroad by people from the upper classes, now you can enjoy without having to depart the home and
    use a more affordable cost to produce a result slot gambling in the house.

    This is all thanks to internet technology that
    can be close to online gambling fans following the best gambling encourage providers in the region of the world.
    As in Indonesia itself, the ascribed online gambling agent site
    afterward Depoxito is here to relieve those of you who want to
    spend free times similar to feel online gambling products.

    Since its presence in the domestic online gambling industry,
    Depoxito has presented various types of gambling games of the highest quality.
    Games such as soccer betting, casino, shooting fish, poker, lottery, and of course online slot games are
    welcoming similar to international standards because
    they arrive from leading gambling sites such as
    Sbobet, Spade Gaming, Microgaming, Playtech, and so on.

    For those of you who desire to try out how risk-taking it is to
    do something online gambling on the official gambling agent website Depoxito, snappishly register now and enjoy the best online gambling experience that you
    can’t locate anywhere else.

  • welcome to Mabosbola, one of the best Indonesian Sbobet agents back 2010.
    Mabosbola.com is Indonesia’s largest Sbobet site that will attach you to international gambling game
    services. behind several world sites, Mabosbola is an agent site that gives you full access
    to various gambling game categories.

    In supporting the services and comfort of our members, Mabosbola is always glad to have the funds for
    satisfaction to members who trust us as Sbobet Indonesia agents.
    Various popoler gambling betting markets upon Sbobet and plus Maxbet
    and many others. We preserve our title as master agent because of
    our fine play-act both in terms of benefits and fast payment.
    Not to forget moreover our role as a betting dispute for the world mug and the Euro
    as well.

  • It’s an awesome piece of writing designed for all the
    web users; they will get benefit from it I am sure.

  • At this moment I am ready to do my breakfast, once having my
    breakfast coming over again to read further news.

  • Have you ever considered publishing an ebook or guest authoring on other sites?
    I have a blog centered on the same topics you discuss
    and would really like to have you share some stories/information. I know
    my subscribers would appreciate your work. If you are even remotely interested, feel free
    to send me an e-mail.

  • I was curious if you ever thought of changing the structure of
    your website? Its very well written; I love what youve got to say.
    But maybe you could a little more in the way of content so people could connect with
    it better. Youve got an awful lot of text for only having 1 or 2
    pictures. Maybe you could space it out better?

  • The best in class, Depoxito find the money for you high-end experience that talk to the see and quality of genuine
    VIP standarts, we have enough money you the best
    appealing to high-level experience of VIPs expect in any
    summit stop casino, grand living casino royale give you the additional studio design element
    including the grand blackjack, offering our VIP Customer the best experience of a Salon privee table.

    New style table as well as feature across the room similar
    to grand roulette upgraded upon our provider playtechs mini prestige roulette which delivering more engaging and richer playing experience.

    The additional experience contains a total of seven tables including five blackjack tables, one roulette table and one baccarat table.
    Grand conscious casino royale has been tall hand-engineered to fit the needs of our customer to
    using it, and contains unique elements that is specially designed
    to maximize the impact value we got from our customers and diversify it to the existing network.

    Soon, Depoxito will produce an bigger veracity technology on sentient casino for our VIP member,
    these most futuristic technology ever seen in stimulate casino
    including this augmented reality. Which permit players to experience products upon an entire extra
    level which is never seen back literally leaping out of the game and taking the blackjack,
    baccarat, roulette and supplementary game into the combine entire level.

    Depoxito VIP Baccarat, we have the funds for you the
    extremely exclusive conscious VIP Baccarat that is played behind happening to 7 players at the
    thesame table and our intensely trained pretty bring to life baccarat dealer.
    And of course our VIP devotee will quality as
    if they were in point of fact sitting at one of the top casino baccarat table.
    This immersive gaming experience creates a hugely carefree space that our VIP players will find difficult to surpass.

    Here is the list of stir casino game that depoxito
    provide, we provide the widest range of rouse casino games upon the present including : blackjack unlimited, blackjack prestige, roulette, baccarat, poker,
    hi-lo, sic bo, and grand alive casino royale such as
    Grand Baccarat, Grand Blackjack and Grand Roulette for our VIP member.

    And of course as a advocate of Depoxito you can enjoy every the games that we find
    the money for to you, all you habit to reach
    is just visit our site depoxito and register it single-handedly takes happening to
    3 minutes and subsequently youre satisfactory to put-on any game that
    you want.
    Be our VIP, innate our VIP member of course decided you
    the best help you can get from us all you obsession to be a VIP
    fanatic is very easy. every you need is just keep playing on our site, deposit and proceed later a VIP in the manner of the amount that our company had
    written, save playing and our customer relief will right of entry you that you are promoted to become
    a VIP zealot upon our site.

  • The very best and Most Trusted On-line Sbobet Agent
    Playing upon internet gambling sites has become
    a familiar thing with regard to fans of this online game to use their luck.
    Specially in a rustic that prohibits all types of gambling
    activities such as Indonesia, Bola tangkas agents are increasingly mushrooming and are becoming the popular alternative for gamblers to channel their interests safely.

    In modern times, bettors no longer require far to Las Vegas or Macau
    to appearance for bookies. Only with a home computer or laptop,
    even more easy, smartphone and internet system, whoever and wherever a person are, can immediately perform
    online gambling comfortably and freely.

    Indeed, finding the trusted Sbobet agent to be used like
    a enjoy partner is a difficult problem. With so several sites offering a selection of
    attractive features plus promos, it’s difficult to be able to distinguish which kinds genuinely
    provide professional services plus which types are phony.

    Most people will choose the biggest gambling site
    immediately which is chosen by the particular bettor, nevertheless
    the drawback is often required a sizable deposit to
    be able to register / join typically the game.
    Even some individuals, there are those who find it difficult if
    a person have to use websites that use English.

    Finally, the players, especially in Indonesia, inevitably have to be able to find an Indonesian internet gambling agent who certainly provides international quality games and is
    also able to provide typically the best service but on the
    other hand can provide the reassurance of playing in addition to will not make a damaged wallet.

    Tips for Picking a Trusted Soccer Gambling Agent
    There are several large names online so that you can decide on as
    play partners. Between Depobola. This agent is arguably the biggest gambling promoter in Indonesia who else has
    served its users for years. Listed here are
    the reasons why Depobola is usually very popular as a trustworthy Sbobet Indonesia agent.

    day to day Customer Support
    The 1st feature you must have is having CS or perhaps Customer Support that
    is usually always online at just about all times.
    This is designed in order that the comfort and flexibility of members when playing always awake.

    Any kind of difficulties and confusion experienced by players can end up being immediately
    resolved with the help of Customer Support who can always be contacted for 24 hours straight.
    And avoid agents whose customer services is difficult to contact,
    it could be that the site is fraudulent.
    Safe & Fast Financial Purchases
    Not all trusted football gambling agents have a great financial transaction system.

    A few of them require pretty a long time, also up to days
    plus cannot guarantee the safety of their customers when transacting.

    Unlike the case with Depobola. Financial transactions such as deposits, withdrawals,
    in addition to transfers can be done in just minutes plus of course use a new
    high-level security alarm. In addition, the process can end up being carried out easily since it has
    worked carefully with various major banks inside the country.

    Several types of Video games
    If in the previous gambling only struggled around lottery and soccer
    gambling, now Depobola provides thrilling innovations by presenting the variety of
    interesting and fun games. Not just as an agent of Bola tangkas Online, variations of credit card games like poker or even dominoes, casino games such as
    roulette or baccarat, to the slots supplied.

    All game products are usually going to have grade-A quality since they are provided by top
    gaming providers such since Sbobet, Maxbet as well as others.
    Just at Depobola, internet gambling gives the most complete game
    purchasing a new you can devote time without feeling fed up.

    Attractive Promos and Additional bonuses
    The last tip for choosing the best site will be to make
    sure that the web site offers a big selection associated with
    promos and bonuses that are a shame if you miss them.
    This function will make the game easier plus more fun.
    Depobola has prepared various advertisements and bonuses that could
    be obtained by members in an easy way. For example , like a welcome reward promo, to only
    need to register as a member, then you certainly automatically have got the right to be capable of geting
    the bonus.
    There usually are still many other promos made available from the best Depobola
    brokers. Therefore, don’t wait any kind of
    longer and immediately register yourself now to join with an incredible number of other users to feel
    the exhilaration of playing with Trustworthy Online Sbobet agents within Indonesia.

  • Not only provides soccer gambling and sports activities
    betting games, Betberry will be also one of the
    particular most trusted Joker123 brokers in Indonesia that is usually chosen by millions of betting fans every day.
    Using the Trusted Joker123 Agent, you are able to enjoy hundreds of special games from the casino, slot and
    game classes that are currently really popular with players in the world,
    namely shooting fish.

    You must know that Joker123 or Joker Gaming is one regarding the biggest
    online online bdtting shops in Asia, which includes served millions of players along with international standard
    games in addition to operates under official permits. On the site joker123 also
    provides various sorts of casino gambling and slot
    games, as well as fish shooting or perhaps fish hunter games that are their
    mainstay video games.

    Not only a complete game, Joker123 also will come with attractive features for
    example the following:

    Live Casino Joker123
    With regard to those of you who else want to feel the new
    sensation in actively playing casino gambling, with the official
    Joker123 agent Betberry you may play gambling reside!
    This implies you will be playing in a real-time casino
    gambling system in addition to served by beautiful sellers that you can communicate with.
    Not only the playing casino gambling, yet here you also acquire the atmosphere
    like playing in a gambling house directly in Vegas!

    Joker123 Online Slots
    Many men and women choose joker123 slot betting since the game is
    not hard and doesn’t require a lot of effort like casino games or soccer betting.

    Yet a game won’t become fun if this doesn’t
    contain challenges, right? At typically the Trusted Joker123 Agent you can challenge yourself to be able to reach the biggest
    intensifying jackpot in which the number regarding jackpots will carry on and boost whenever until the player can get it.

    Shoot the Joker123 fish
    This specific one is really a fairly brand new game but has
    currently attracted the attention of millions
    of gambling players throughout the world.
    Feel the fascinating sensation of playing capturing fish with abundant awards.
    In this game you will not play only because this game can end up being played by up to 8 players simultaneously.
    Show your skills and attain maximum victory in the game
    Fish Hunter Joker123.

  • If some one desires expert view regarding blogging then i suggest him/her to go to see this website, Keep up
    the pleasant work.

  • Reliable Online Sbobet Casino Real estate agent
    Sbobet Casino is a form of online casino gambling game that has mushroomed
    in Indonesia. Players no extended need to go from their benches to play on line casino gambling, because
    now with the advancement in technology the gambling industry has now entered
    a new phase known as online gambling. Present Sbobet provider as the best betting promoter in Asia with the online betting method certainly provides more advantages because it is readily
    available to you wherever and when you need it.

    Using live streaming technology broadcast live from the Philippines online
    casino with a betting system directly from the screen of your device, Bola tangkas Casino
    uses a top quality server and casino system that has passed trials
    and meets international requirements with the license
    from PAGCOR First Cigayan.

    Any time talking about gambling, of course sportsbook and on line
    casino games are the bombig donna in this business. Most soccer fans and Sbobet Casino spend more time in these two game categories,
    especially on the soccer markets such as Asian Handicap for the gambling category of poker and poker online games for casino.

    Uniquely in Indonesia, which is one of the countries that prohibits gambling activities, Sgd777 gambling providers cannot
    touch their customers in Dalam negri directly. Therefore, the supplier needs
    an agent that provides for a liaison. Therefore Depobola exists as an real estate agent of Sbobet Casino,
    giving you access to the creation of an recognized Sbobet Casino online accounts that can be used to join all the games provided on the official website.
    The variety of the best games that you can find and you will play here.
    From gambling to baccarat, blackjack, roulette, to the most popular games in the
    world.

    Why Depobola?
    Until now there have been millions of official members who registered through Depobola, along with its easy and convenient registration, through the official
    Sbobet broker you can also get various benefits that
    are unable to be from other places, including:
    – The financial transactions such as build up and withdrawals can be carried out in a short time or even just a matter of
    minutes. Accommodating various types of deposit methods,
    players can even make build up through OVO services!
    – We provide complete game variants, not only video games from the Sbobet site
    but in addition other services such as Nova88, Isin4D, 338A, Tangkas and Poker, as well as much other types of products.

    – Depobola customer service is always online round the clock every few days.

    So, no matter when a player is playing or facing difficulties, our customer care will always be ready to help members
    provide the best solution.
    – All kinds of products offered are all of international standard
    and are ensured to have the best quality software in the school.

    – Money that players get in the game will be paid whatever the amount without the minimum
    or maximum limits.
    – Prepared with informative features such as play guides,
    match predictions to the latest information related
    to the game.
    – Member identity is guaranteed safe and will not be leaked to people.

    – To sign up for the online soccer wagering game and Sbobet On line casino Online,
    as well as other exciting games with us, all you need to do is click the “register” button located above the homepage of this site.

    Register yourself now, sign up for us and revel in the most exciting online gambling
    experience with millions of other members worldwide only with us.
    Have a nice play!

  • In fact no matter if someone doesn’t understand then its up to other viewers that they will
    help, so here it happens.

  • Option Links to Established Online Gambling Sites
    Now in an all-sophisticated era, everyone can access the internet very easily.
    Up to now many online games which can be enjoyed by everyone, one
    example is internet gambling games. With the appointment of
    gambling that used to be only on land, now an online system has made it quite simple
    for many wagering players to channel their hobbies in the world of internet gambling.

  • Sbobet is a trusted gambling site that operates to relief every fans of online
    gambling in the world. Founded in 2010, it didn’t understand long for Sbobet to become the biggest online site in Asia and once
    it comes to the amount of betting grant that rotates every week, Sbobet is then one of the biggest
    sites in the world.

    Sbobet is certainly popular, especially in the middle of
    Asian bettors, the defense is that the site has been awarded as the best gambling operator for two years in a row.
    It offers a variant of football betting following extremely low margins in imitation of compared to new sites in its class.

  • There are so many well-liked online slot games that you can find upon the internet.
    all of them have the funds for concerning the similar to-do and of course the
    abundant further that you can suddenly acquire overnight.
    Getting rich in a immediate time is now no longer just a purpose because it is
    realizable to do.

    One of the online gambling that you should attempt to enjoy is called online slots.
    This game has been around for hundreds of years and is still
    popular today. You could say slot gambling games are a type of gambling that has evolved thus rapidly,
    starting from the shape, appearance, to the game format.
    No gambling game can be as liberal as the newest online slots.

    For those of you who are just starting to explore the online gambling business, here we will part
    basic tips and tricks for ability in online slot gambling games.
    These tips will not help you keep winning in all game but will create your chances of winning enlarged and
    condense the number of losses you will encounter.

  • Not many online gambling sites in Indonesia have credited concern status
    and have licenses issued by relevant authorities.
    In addition, the level of consumer utility for online
    gambling sites can yet be certainly low because of the 100 welcoming online gambling
    sites, and no-one else about 10-15 sites are accomplished to meet the expense
    of professional further and meet standards.

    Therefore, you cannot arbitrarily pick an online gambling site to
    be a playing partner. There are many criteria and factors that must be considered to create an online gambling site a area to shelter and keep game deposits.

    However, it will take become old and effort to find a trusted site in imitation of
    this.

    Hence, in this article we would with to meet the expense of important recommendations more or less trusted and approved online gambling sites in Indonesia.
    By becoming a fanatic of this gambling site, it is determined that you will be forgive from doubt and
    one step closer to success. Online gambling is no longer just a game but a issue that can put up with you to a brighter future.

    Like any other concern in the world, every step you say you will will have alternative risks and benefits.
    No human being can always create a gain in all business, and no one can always avoid losing.
    every that can be ended is to minimize losses and growth profits
    until finally the profits create losses not
    felt.

  • Online gambling is no longer just a game that is finished to occupy spare
    time, now many people have made online gambling a profession that generates a lot of money, and this is truly a reality.
    There is already a lot of evidence that shows that online gambling games
    have indeed been transformed into a very profitable business.

    Since changing its form to online gambling, this game is increasingly read to all circles.
    Where in the past online gambling was abandoned to hand to upper class people, now everyone
    can experience and acquire the similar opportunity.
    in the same way as else can you find a concern that
    is profitable but next fun to do.

    The uniqueness of the online gambling industry in Indonesia is that Indonesians cannot
    register directly to online gambling sites that pay for gambling games because they
    are blocked by Indonesian law which prohibits gambling.
    Therefore, a connecting portal is needed that can be a bridge in the midst of
    online gambling fans and online gambling game providers.

    Therefore, the presence of online gambling agents is certainly important in Indonesia.
    The discharge duty of online gambling agents is to
    give domestic potential players in imitation of permission to games
    provided by online gambling sites by providing suggestion to make an ascribed account that can be used to log
    into the game.

    One of the approved online gambling agent sites that find the money for these facilities is Sbobet.media.
    Sbobet.media has been re before 2017 and has become
    a associate for millions of online gambling players in Indonesia to the best and most trusted online gambling game.
    For those of you who want to register, you only dependence to visit the site and
    register online.

  • Probably the most Trusted Soccer Gambling Broker in Indonesia Serving Provides of Gambling and On line casino Gambling
    Userbola is typically the Most Trusted and Recognized SBOBET
    Agent in Dalam negri. We serve bets of which provide soccer
    gambling games, online gambling games, casino gambling agents, poker
    in addition to online lottery.

    We may wholeheartedly always be all set to help what you may need and
    help you if there are difficulties in generating SBOBET Online Betting Company accounts, MAXBET Agents or earlier referred to as IBCBET, Serba4d or KLIK4D lottery.

    Brand new 20% Member Bonus with the particular Best and a lot Reliable
    Football Gambling Real estate agent
    Userbola is the Best SBOBET Agency plus the Biggest Football Agency in Dalam negri, always providing 24-hour online service with
    the need to stop along the way of registering,
    depositing, withdrawing and responding to your every complaint.

    With regard to more information, please go directly to livechat in addition to chat directly with our own friendly CS

    Register for Sbobet right now!

    Total Choice for Trustworthy Sports Wagering and Online casino Agents
    Regarding you fans of gambling soccer matches both foreign and domestic, reliable soccer gambling provides
    various matches from around the globe. Not simply that, basketball, rugby plus eSports tournaments are also right here.

    Especially for connoisseurs associated with Casino Brokers, we
    possess probably the most complete range of games ranging from Baccarat, Holdem poker, Keno,
    Slot Machine and many more.

    Userbola is one of the trusted sports betting sites that acts as a real estate agent of the tour’s major soccer online bdtting shops like SBOBET, Ibcbet plus Mahabet Sport.

    You may definitely get a pleasant experience while betting due to the interesting features
    made available from this web site. Userbola has an expert service when you
    make downpayment transaction until withdrawing cash.

    Before you can enter the soccer gambling game on Userbola you must
    register very first and become a consumer. The strategy is very easy, all you have to be able to
    do is click on the list and enter the registration form page and you will move directly to our
    major website.

  • For those of you who like to perform gambling and if you are usually looking for partners inside gambling activities, Mabosbet will be the right choice.
    Mabosbetransfer You can contact our customer service and
    make purchases with us. Mabosbet livechat is available 24
    several hours nonstop and is all set to serve you
    that help you online with wagering.

    Mabosbet. com as a responsible gambling agent, we always provide
    an option link to mabosbet in order that members feel comfortable.
    You no longer require to have trouble obtaining an alternate Jababbet link with regard to access, it is previously available for you.

    All of us also always give top priority to the safety associated with our members, very rigid protecting
    all the privacy regarding members of Jababbet.

    Trustworthy Mabosbet From 2010

    With good praise, the support from the Headquarters is usually no doubt.
    Friendly, quick response, under 3 minutes.

    Mabosbet is highly appreciated by gambling bettors through
    Indonesia because whatever victory you get is going to be
    accepted by mabosvip. We usually want to provide the
    great for members with highest service. The site mabosmail.
    com is additionally very straightforward to access, as you only want internet access and option links mabosvip,
    no require to use proxies, notifications, or troublesome
    applications.

    That is why many men and women join mabosbola and
    create deposits, then, win the particular match.

    The best plus quality alternative mabosbola alternate site.

    Come join mabosbet. com the trusted online gambling agent
    in Philippines. Contact livechat mabosbet now in the lower right corner to get a new user ID.
    Welcome to the club.

    MABOSBET is usually a Trusted Online Gambling Site that has already been established for more compared to 9 years with the particular greatest quantity of online betting players.
    This gambling site also provides the most complete online gambling
    game with the most popular gambling providers in Indonesia.
    On the internet Gambling Games that can be played at MABOSBET are Sportsbook Soccer Wagering,
    Live Casino, Online Poker Credit card Gambling, Online
    Slot Betting and Online Togel. Mabosbet itself has provided
    a number of excellent facilities for online
    gambling players in Indonesia which range from 24-hour Live Chat Help, Bonuses with
    the simplest conditions, additional wins with regard to True Gambling Players.

    This particular MABOSBET Gambling Site also proves to become very reliable, while this Gambling Internet site can also
    pay regarding any winning player with no deductions.
    So you will play gambling comfortably and safely without
    anxiety about paying. In addition to the definite win at MABOSBET, you
    will also provide additional bonuses to provide a different experience enjoying online gambling.

    JOBI BASKETBALL OFFICIAL SBOBET ONLINE IN INDONESIA
    Online Soccer Gambling has become a extremely popular
    online gambling game inside Indonesia where every online
    game has a market regarding betting. MABOSBET is
    becoming an official partner of SBOBET Indonesia, where more as compared to
    a decade has provided sports gambling games for wagering players in Indonesia.
    This specific SBOBET Soccer Gambling Market allows a fair where players will actually be provided a new live market through the recognized match directly.
    Therefore you will be very lucky to be able to play SBOBET in this particular MABOSBET.

    RELIABLE ONLINE SLOT MACHINE SITE SITE WITH MANY EARNINGS
    Online slot gambling is currently popular in Indonesia, where online slots are incredibly lucrative with huge jackpots and freespins that are simple to win. Because associated with that this MABOSBET first provided Online
    Slot Games from 2012 for betting players in Indonesia.
    Wherever Jackpot is provided a lot more than USD $ just one, 000, 000 for slot players who register at MABOSBET.
    The Slot Game machine at MABOSBET won’t just use
    your Equilibrium, the Slot Game provides been designed with the FREESPIN Bonus that
    comes out more often, so a person is going to be
    Fortunately.

  • For anyone who like to perform gambling of course, if
    you are usually looking for partners within gambling activities,
    Mabosbet is the right choice. Mabosbetransfer You can contact the
    customer service and make transactions with us.
    Mabosbet livechat is available 24 hrs nonstop and is prepared to serve
    you that help you online with betting.

    Mabosbet. com as a responsible gambling agent, we always provide an alternate link to mabosbet to ensure that members feel comfortable.
    You no longer require to have trouble obtaining an alternative Jababbet link regarding access, it is previously available for you.

    We also always give concern to the safety of our members, very strict protecting all
    the privacy regarding members of Jababbet.

    Reliable Mabosbet From 2010

    Together with good praise, the service from the Headquarters is
    no doubt. Friendly, fast response, under 3 mins.

    Mabosbet is highly highly valued by gambling bettors through Indonesia
    because whatever success you get is going to be accepted by mabosvip.
    We constantly want to provide typically the best for members with highest service.
    The site mabosmail. com can also be very an easy task
    to access, since you only require internet access
    and option links mabosvip, no want to use proxies, news letters, or troublesome applications.

    Of which is why many men and women join mabosbola and make
    deposits, then, win the match. The best in addition to quality alternative mabosbola alternative site.

    Come join mabosbet. com the trusted on-line gambling agent in Indonesia.
    Contact livechat mabosbet today in the lower right corner to get a user ID.
    Welcome in order to the club.

    MABOSBET is a Trusted Online Wagering Site that has been established for
    more as compared to 9 years with typically the greatest number of online wagering players.
    This gambling site also provides the most satisfactory online gambling game together with the most popular gambling providers in Indonesia.
    On the internet Gambling Games that could be played at MABOSBET are Sportsbook Soccer Wagering, Live Casino, Internet poker Card Gambling, Online
    Slot Wagering and Online Togel. Mabosbet itself has provided
    a variety of excellent facilities for online gambling players in Indonesia ranging
    from 24-hour Live Chat Support, Bonuses with the easiest conditions, additional wins
    for True Gambling Players.

    This specific MABOSBET Gambling Site furthermore proves to be very trustworthy,
    while this Gambling Internet site can also pay for any winning player without the deductions.

    So you may play gambling comfortably plus safely without fear
    of spending. In addition to a definite win at MABOSBET, you will also provide additional bonuses to offer a different
    experience actively playing online gambling.

    JOBI BALL OFFICIAL SBOBET ONLINE WITHIN INDONESIA
    Online Soccer Gambling has become a extremely popular online
    gambling game inside Indonesia where every sport has a market regarding betting.
    MABOSBET is now a good official partner of SBOBET Indonesia, where more
    as compared to six years has provided football gambling
    games for betting players in Indonesia. This specific SBOBET Soccer Gambling Industry allows
    a good where gamers will actually be given a
    new live market from your recognized match directly.
    Which means you will certainly be very lucky in order to play SBOBET in this MABOSBET.

    RELIABLE ONLINE SLOT MACHINE SITE SITE WITH MANY EARNINGS
    Online slot gambling will be currently popular in Indonesia, where online slots are extremely rewarding with huge jackpots and freespins that usually are straightforward to win. Because associated with
    that this MABOSBET first provided Online Slot Video games from 2012
    for betting players in Indonesia. Wherever Jackpot is provided even more than USD $ 1, 000, 000 for slot machine game
    players who register from MABOSBET. The Slot Game machine at MABOSBET doesn’t just use your Equilibrium, the Slot Game offers been designed with the
    FREESPIN Bonus that comes out there more often, so an individual will be Fortunately.

Leave a Reply

Your email address will not be published.